Soal pengembangan Walini, Hengky Kurniawan mengatakan sudah ada tiga triliun investasi – dara.co.id - WisataHits
Jawa Barat

Soal pengembangan Walini, Hengky Kurniawan mengatakan sudah ada tiga triliun investasi – dara.co.id

Dalam waktu dekat, Bandung Barat akan mendapat investasi baru senilai tiga triliun. Berikut ceritanya.

PERAWAN – Pj Bupati (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengatakan, investasi tersebut sebenarnya sudah lama dikenalkan dan muncul kembali belakangan ini.

Investasi tersebut untuk pengembangan kawasan Walini Raya di Cikalongwetan yang sempat ramai dibicarakan sebelum proyek Indonesia-China Express Train (KCIC).

“Ini salah satu investor besar yang akan masuk ke KBB. Pariwisata di Kota Walini sekarang sudah menyempit,” kata Hengky, Kamis (8 September 2022) di Batujajar.

Hengky berharap investor dapat segera mengimplementasikan konsep pengembangan Kota Wisata Walini di kawasan Kecamatan Cikalongwetan. Bahkan, pihaknya meminta investor untuk melakukan terobosan tahun ini.

Dari sisi Detail Engineering Design (DED), perkembangan kota wisata Walini ini cukup baik, kata Hengky. Lahan yang digunakan untuk pengembangan wisata Walini seluas 900 hektar.

“Melihat DEDnya bagus, ada hotel dan ada patung Soekarno besar. Sulit untuk dijelaskan tetapi jika Anda melihat gambarnya, itu sangat bagus,” katanya.

Hengky meyakini konsep Walini Tourism bisa diterapkan oleh investor yang dikenalnya cukup kredibel.

“Dia (investor) juga menginformasikan kepada Pak Jokowi bahwa dia mendapat izin, OSS (Online Single Submission atau Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik) dikeluarkan oleh pusat, tinggal persiapan dari kami saja,” katanya.

Menurutnya, salah satu manfaat investasi ini bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Khususnya dari sektor perpajakan untuk perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) yang nilainya cukup besar. “Masukan yang cukup besar bagi kami, bisa mencapai Rp1 triliun,” katanya.

Penerbit: Denkur

Source: www.dara.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button