Wisata di Jawa Barat, Ada 5 Tempat Pesona Yang Menyimpan Kisah Legendaris Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga - WisataHits
Jawa Barat

Wisata di Jawa Barat, Ada 5 Tempat Pesona Yang Menyimpan Kisah Legendaris Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

METRO SULTEN-Jawa Barat terkenal dengan cerita legenda. Cerita yang berbeda dapat ditemukan dari berbagai daerah, dan sampai hari ini cukup banyak yang percaya pada kebenaran legenda ini.

Selain itu, beberapa kisah legendaris tersebut bahkan lekat dengan sejumlah tempat yang menjadi destinasi wisata masyarakat hingga saat ini.

Adanya kisah-kisah legendaris tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Berikut 5 wisata legendaris yang bisa ditemukan di Jawa Barat, seperti dilansir Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Jawa Barat

1. Gunung Tangkuban Parahu


Sejarah Sangkuriang terkait erat dengan Gunung Tangkuban Parahu. Menurut legenda, gunung ini tercipta karena kemarahan Sangkuriang yang tidak bisa menikahi Dayang Sumbi.

Sangkuriang tidak mengetahui bahwa Dayang Sumbi adalah ibu kandungnya. Untuk menggagalkan pernikahan tersebut, Dayang Sumbi menjadikan Sangkuriang sebagai syarat membangun perahu dan danau, yang harus diselesaikan dalam semalam dengan membendung Sungai Citarum.

Sangkuriang hampir berhasil sebelum akhirnya digagalkan oleh kecerdikan Dayang Sumbi dalam membuat waktu seolah-olah besok. Kecewa, Sangkuriang menendang perahu yang telah dibangunnya dan secara ajaib perahu itu berputar ke tempat yang sekarang dikenal sebagai Gunung Tangkuban Parahu.

Selain itu, gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat ini masih tercatat sebagai gunung berapi aktif. Ada 3 kawah yang bisa ditemukan yaitu Kawah Upas, Kawah Ratu dan Kawah Domas. Kawah tersebut terbentuk akibat letusan gunung berapi besar beberapa tahun lalu. Dari 3 kawah tersebut, Kawah Ratu adalah yang paling mudah diakses dan menjadi daya tarik utama destinasi wisata Tangkuban Parahu.

Source: www.metrosulteng.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button