Sumpah Pemuda 28 Oktober Inilah Peran Pemuda dalam Membangun Kemajuan Indonesia - WisataHits
Yogyakarta

Sumpah Pemuda 28 Oktober Inilah Peran Pemuda dalam Membangun Kemajuan Indonesia

JAKARTA, klikaktual.com – Sumpah Pemuda diperingati pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Peringatan Sumpah Pemuda tidak lepas dari peran pemuda dalam kemajuan bangsa.

Di Indonesia, peran pemuda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah tidak diragukan lagi. Pencanangan Sumpah Pemuda merupakan bukti pemuda Indonesia berperan penting dalam perjuangan bangsa.

Lahirnya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 menjadi tonggak penting dalam sejarah pergerakan pemuda seluruh Indonesia dalam semangat kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: 10 Pantai Indah di Gunung Kidul Yogyakarta yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan Lokal dan Mancanegara

Tidak hanya semangat persatuan yang diwujudkan dalam Sumpah Pemuda, peran pemuda juga tertuang dalam cerita proklamasi kemerdekaan Indonesia tahun 1945.

Semangat muda bangsa Indonesia tidak luntur ketika Indonesia merdeka. Gerakan pemuda masih hidup melawan kediktatoran pimpinan negara yang berhasil menggulingkan kekuasaan Orde Baru pada tahun 1998. Pemuda juga mengantarkan masa Reformasi di Indonesia.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Terbaik di Purwakarta, Pesona Alam Yang Indah dan Layak Jadi Destinasi Wisata yang Menyegarkan

Dalam sejarah peradaban bangsa, pemuda merupakan komoditas bangsa yang sangat disayangi dan tak ternilai harganya. Pemuda merupakan pilar kemajuan dan pembangunan bangsa.

Sebagai generasi penerus bangsa, ada beberapa peran yang harus diemban pemuda, antara lain sebagai berikut:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button