Situ Batu Karut, mengintip pesona danau dengan pemandangan menakjubkan di Sukabumi - WisataHits
wisatahits

Situ Batu Karut, mengintip pesona danau dengan pemandangan menakjubkan di Sukabumi

Situ Batu Karut, mengintip pesona danau dengan pemandangan menakjubkan di Sukabumi

Situ Batu Karut merupakan danau eksotis yang memiliki keindahan tersendiri dengan sumber air alami dari pegunungan dan hutan yang heterogen.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 06.00–22.00 WIB, Alamat: Jl.Batu Karut, Selaawi, Kec. Sukaraja, Kab. Sukabumi, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Jika Anda berlibur ke Sukabumi, Jawa Barat, pastikan untuk mengunjungi danau cantik ini. Situ Batu Karut merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Itu karena tempatnya sangat indah.

Dilihat dari namanya, Batu Karut berarti sebuah batu karang yang diikat oleh akar-akar yang dulunya pernah berdiri banyak pohon beringin. Tempat ini memang sangat bersejarah dan terkenal dengan mitosnya. Mereka yang berkunjung ke kawasan ini pasti akan sangat penasaran.

Tak heran jika banyak pengunjung yang datang karena selain sejarahnya yang menarik, ternyata tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Untuk penjelasan lengkapnya, lihat informasi di bawah ini.

Daya Tarik Situ Batu Karut

Daya Tarik Situ Batu SukabumiKredit gambar: Google Maps Ichal Khalim

Kehadiran wisatawan tidak terlepas dari daya tarik kawasan wisata ini. Dan tentunya ada hal menarik yang ada di danau Batu Karut ini, seperti :

1. Air danau yang jernih

Danau yang indah ini memiliki air yang sangat jernih dan bersih. Memang, air danau tersebut berasal dari sumber utama yang dihasilkan dari persimpangan antara gunung dan hutan. Karena gunung tersebut adalah Gunung Pangrango dengan hutan yang heterogen.

Keindahan alam ini membuat airnya yang jernih juga menghadirkan suasana yang tenang dan sejuk. Cocok untuk wisatawan yang ingin memiliki ketenangan untuk menghilangkan penat.

Ternyata air danau tersebut dijadikan sebagai kawasan untuk melindungi mata air asli pegunungan Gede Pangrango. Dan digunakan untuk mengairi sawah, PDAM, perusahaan air minum, dan lain-lain.

2. Pemandangan yang indah dan luar biasa

Padahal, objek wisata alam yang luar biasa ini memiliki beberapa pemandangan yang sangat indah. Pemandangannya sangat indah dan menenangkan. Bahkan, banyak terdapat pepohonan rindang sehingga pengunjung bisa merasakan kesejukan langsung dari pepohonan tersebut.

Warna hijau pepohonan yang mengelilingi danau dan luasnya air danau merupakan pemandangan yang sangat eksotis untuk dinikmati.

3. 7 kali mandi

Hal lain yang menarik dari Situ Batu Karut adalah terdapat 7 pancuran dengan air yang sangat jernih di pemandiannya. Bagi wisatawan yang datang bisa menyegarkan badan dengan berendam di pancuran.

Tidak perlu khawatir karena air yang mengalir dari pancuran tersebut berasal dari mata air pegunungan dan hutan alami. Jadi bebas klorin atau bahan lainnya.

4. Jembatan Situ Batu Karut

Ada spot foto yang tidak boleh ditinggalkan di danau ini karena merupakan salah satu daya tariknya. Banyak pengunjung mengambil foto di tepi danau dengan pemandangan yang luar biasa. Juga, ada sebuah jembatan di tengah danau.

Tentunya jembatan ini menambah kesan menarik di kawasan yang masih asri ini. Foto yang diambil akan memberikan kesan yang sangat estetis dengan tambahan pemandangan danau, pepohonan dan nuansa pedesaan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamatnya Situ Batu Karut, SukabumiKredit gambar: Google Maps Media Saputra

Berada di Jawa Barat, alamat Situ Batu Karut tepatnya di Kampung Batu Karut RT 003 RW 008, Desa Selaawi, Kecamatan Sukaraja, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Sebenarnya lokasinya sendiri ada di 2 desa dan membentuk perbatasan.

Desa yang terbelah oleh danau ini adalah Kampung Batu Karut di sisi timur dan Kampung Pulopanggang di sisi barat. Jika wisatawan berada di Jalan Nasional yang berbatasan dengan Cianjur dengan Sukabumi, cukup menempuh jarak 2,5 km saja.

Harga tiket masuk objek wisata

Untuk memasuki kawasan wisata ini, wisatawan harus membayar tiket masuk. Namun, harganya sangat terjangkau dan bisa dibilang cukup murah. Pastinya tidak akan membuat kantong kempes dimana harga tiket masuknya Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per orang.

Dengan tiket masuk yang terjangkau tersebut, wisatawan bisa bebas beraktivitas seharian di Situ Batu Karut.

Biaya parkir akan dikenakan untuk setiap kendaraan yaitu sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Namun, perlu diingat bahwa harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan di Situ Batu Karut

Kegiatan Situ Batu Karut SukabumiKredit gambar: Google Maps Raynardthan Pontoh

Apa yang dapat Anda lakukan di Situ Batu Karut? Tentunya sangat menyenangkan dengan kegiatan yang seru, seperti :

1. Memancing

Di sore hari, banyak orang memancing di danau ini. Bahkan ada tempat terpisah dimana ikan berkumpul. Nah, disitulah tempat mancing yang bagus. Danau ini juga memiliki kawasan lain yang sangat menarik untuk menyalurkan hobi memancing.

Bukan hanya untuk masyarakat sekitar yang bisa menyalurkan hobi memancingnya. Karena pengunjung juga bebas melakukan aktivitas memancing di kawasan ini.

2. Sepeda air

Bagi yang ingin merasakan sensasi bersepeda air juga bisa melakukannya di Situ Batu Karut. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan jarang ada di kawasan wisata danau. Wisatawan akan dimanjakan dengan wahana yang satu ini dan akan mendapatkan liburan yang menyenangkan.

3. Melihat keindahan sunset

Sore hari di danau adalah waktu yang tepat, apalagi di wisata danau yang indah ini wisatawan bisa menikmati keindahan sunset. Posisinya sendiri sangat cocok untuk menyaksikan sunset bersama orang tersayang.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini dengan mengambil foto lalu mengunggahnya ke media sosial. Anda pasti akan mendapatkan hasil foto yang estetis dan sangat indah.

4. Santai

Duduk di tepi danau dengan semilir angin yang sejuk akan sangat mengasyikkan. Apalagi jika cuaca saat itu cerah dan tidak hujan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengunjungi kawasan wisata ini saat cuaca cerah.

Dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi akan membuat perasaan lebih tenang dan nyaman. Hal-hal yang mengganggu pikiran akan terhindar dan lebih segar.

5. Ambil foto untuk mengabadikan momen

Selama liburan, jangan lupa untuk berfoto karena momen ini mungkin tidak akan terulang lagi. Menariknya, foto yang diambil bisa dari lokasi manapun yang Anda pilih. Untuk spot foto bisa dipilih sesuai dengan keinginan wisatawan.

Anda bisa mengambil spot jembatan di tengah danau, spot di depan danau dengan pepohonan rindang, atau spot lain di kawasan ini. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan foto dengan latar belakang alam yang indah dan menakjubkan.

6. Makanan ringan untuk wisata kuliner

Di sepanjang pinggir danau terdapat warung-warung yang menjajakan makanan ringan. Jika wisatawan lapar dan ingin mengisi perutnya, bisa langsung ke toko terdekat. Disediakan makanan ringan disana agar pengunjung bisa membelinya agar tidak merasa perut kosong.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan Situ Batu Karut SukabumiKredit gambar: Google Maps Teguh.a Permana

Banyak fasilitas yang disediakan oleh operator tur untuk kenyamanan wisatawan. Contoh fasilitas yang disediakan adalah toilet, mushola, area parkir, warung makan dan minum, spot foto dan tempat istirahat yang nyaman.

Karena pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas seru di Situ Batu Karut, pastinya akan membuat liburan mereka semakin berkesan. Apa yang kamu tunggu? Kalau ke Sukabumi jangan lupa mampir ke danau yang cantik dan asri ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button