Batu Malin Kundang, mengintip pesona patung Malin Kundang dari dekat di Padang - WisataHits
wisatahits

Batu Malin Kundang, mengintip pesona patung Malin Kundang dari dekat di Padang

Batu Malin Kundang, mengintip pesona patung Malin Kundang dari dekat di Padang

Batu Malin Kundang salah satu destinasi wisata menarik penuh legenda yang tidak boleh dilewatkan terletak di Pantai Air Manis Kota Padang.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Malin Kundang, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Legenda Batu Malin Kundang merupakan salah satu cerita yang populer di kalangan masyarakat. Meski keaslian cerita ini masih diperdebatkan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa cerita ini dikenal luas di seluruh nusantara. Kisah yang menceritakan tentang seorang anak yang durhaka kepada ibunya sehingga dikutuk dan menjadi batu.

Meski hanya legenda, keberadaan batu ini sangat nyata. Berada di kawasan Pantai Air Manis yang merupakan salah satu tempat wisata laut paling terkenal di kota Padang. Keberadaan batu tersebut membuat masyarakat semakin percaya akan kebenaran cerita tersebut.

Hal inilah yang membuat orang penasaran untuk mengunjungi tempat wisata unik ini. Padahal batu tersebut merupakan pahatan yang dibuat oleh seorang seniman bernama Dasril Bayras. Makna patung ini juga sama dengan legenda yang beredar, mengingatkan untuk tidak durhaka kepada seorang ibu.

Objek Wisata Batu Malin Kundang

Objek Wisata Batu Malin KundangKredit gambar: Google Maps Zul Yusof

Tempat wisata menarik ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada hari libur nasional. Banyak yang penasaran dengan keberadaan patung unik ini. Selain itu tentunya masih banyak lagi objek wisata lainnya yang menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang berkunjung ke Batu Malin Kundang.

✦ Tampak dekat patung Malin Kundang

Keunikan Patung Malin Kundang menjadi daya tarik tersendiri yang membuat masyarakat berduyun-duyun berkunjung baik di dalam maupun luar kota, untuk memastikan keberadaan patung tersebut. Seniman yang membuat patung tersebut memang terinspirasi dari legenda Malin Kundang.

Oleh karena itu patung ini dibuat menyerupai cerita yang ada. Patung yang menggambarkan kisah legenda ini tidak hanya terdiri dari tubuh manusia yang sujud, namun di sekelilingnya juga dilengkapi dengan berbagai properti kapal, sehingga membuat keunikan patung tersebut semakin terpancar.

Di tempat wisata Batu Malin Kundang ini bahkan terdapat pahatan batu yang bentuknya mirip tong kayu yang banyak dijumpai di kapal. Sehingga menambah keindahan dan keunikannya. Meski saat ini keadaan patung sebagian terendam air. Namun setiap detail dari patung tersebut masih dapat terlihat dengan jelas.

✦ Nikmati suasana Pantai Air Manis

Lokasi Batu Malin Kundang berada di bibir Pantai Air Manis, sehingga selain melihat keunikan patung, wisatawan juga bisa menikmati keindahan pantai. Banyak wisatawan menghabiskan liburannya bersama anggota keluarga, karena tempat ini memang cocok sebagai tempat wisata untuk semua kalangan.

Baik anak-anak maupun orang dewasa bisa bersenang-senang di tempat wisata unik ini. Air laut yang menghadirkan gradasi warna antara biru muda, biru tua dan hijau menjadi tontonan yang memanjakan mata. Di sekitar pantai juga tumbuh pohon kelapa dan pohon lainnya yang menyegarkan suasana.

Tempat wisata populer di Padang ini juga dekat dengan pegunungan sehingga menambah keindahan alam yang mengelilinginya. Kemudian pada sore hari, wisatawan akan disuguhi pemandangan sunset yang sangat indah. Nikmati suasana menyenangkan ini bersama orang tersayang.

Bagi para pemburu wisata indah dan estetis, tempat ini juga sangat mendukung. Wisatawan bisa mengabadikan momen kebersamaan berlibur dengan latar pemandangan alam yang menawan.

✦ Tempat membeli oleh-oleh dan makanan

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, bagi yang ingin membeli berbagai macam barang, baik itu pakaian atau oleh-oleh lainnya, Anda juga bisa mendapatkannya di tempat. Barang-barang yang tersedia bisa menjadi pilihan untuk membeli oleh-oleh yang diberikan kepada orang-orang di rumah.

Tak hanya merchandise dan souvenir, beragam pilihan jenis makanan juga melengkapi lapak yang ada. Dengan demikian, wisatawan yang datang tidak hanya menikmati keindahan alam yang disuguhkan, namun juga dapat menikmati berbagai jenis jajanan yang dijual.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Batu Malin KundangKredit gambar: Google Maps AM Pratama

Batu Malin Kundang berada di kawasan Pantai Air Manis yang terletak di Jalan Malin Kundang, Kabupaten Padang Selatan, Sumatera Barat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keberadaan Patung Malin Kundang berada di dekat kawasan pegunungan, yakni di belakang Gunung Padang dan Bukit Gado-Gado.

Karena juga dekat dengan Pantai Air Manis, tidak jarang wisatawan datang ke sini dan menikmati liburan pantai. Rute yang harus ditempuh untuk objek wisata indah ini dimulai dari kota Padang, jarak yang harus ditempuh sekitar 10 KM. Jalur yang bisa ditempuh adalah melewati jembatan Siti Nurbaya.

Kemudian lurus terus ke Jalan Seberang Padang dan Gerbang Gunung Padang. Kemudian melanjutkan perjalanan ke jalan lingkar Nipah dan berakhir di pantai Air Manis.

Untuk menikmati keindahan Batu Malin Kundang, wisatawan perlu membayar tiket masuk kawasan wisata Pantai Air Manis. Harga tiket untuk weekday per orang Rp 5.000 sedangkan untuk weekend per orang Rp 10.000. Namun, harga tersebut belum termasuk biaya permainan dan biaya parkir.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan Menarik Batu Malin KuntangKredit gambar: Google Maps Dara Marliza

Selain menikmati keindahan alam sekitar dan keunikan patung Malin Kundang, masih banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi tempat wisata populer ini. Beberapa kegiatan tersebut antara lain:

1. Nikmati permainan

Berkeliling menikmati keindahan Pantai Air Manis bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Namun akan lebih seru jika mengendarai ATV, agar tidak lelah berjalan terlalu jauh. Wisatawan dapat memanfaatkan kendaraan ini untuk berkeliling pantai selama setengah jam di Batu Malin Kundang.

2. Mengunjungi Pulau Pisang Ketek

Jika beruntung, wisatawan bisa berkunjung ke Pulau Pisang Ketek. Kegiatan ini bisa dilakukan saat air laut surut, sehingga wisatawan hanya bisa mengaksesnya dengan berjalan kaki. Jarang sekali jarak antara Pantai Air Manis dan Pulau Pisang memang cukup dekat, kurang dari 1 km.

3. Berselancar di pantai

Kegiatan yang bisa dilakukan selain menikmati Batu Malin Kundang adalah berselancar. Namun dengan catatan ombak di pantai ini tergolong besar. Meski ombak di pantai ini tidak sebesar pantai-pantai di Bali, setidaknya wisatawan bisa berlatih selancar dengan nyaman.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan batu Malin KundangKredit Gambar: Tim Impian Google Maps

Fasilitas wisata bahari yang tersedia cukup lengkap, sehingga siapapun yang berkunjung ke sini bisa betah. Misalnya ada kamar mandi dan toilet umum, selain itu juga banyak penjual makanan yang menyajikan makanan khas Padang. Bagi yang hobi memancing, juga tersedia area khusus untuk pemancing.

Tak jauh dari kawasan ini juga direncanakan beberapa saung yang bisa berfungsi sebagai tempat peristirahatan. Tempat parkir mobil yang tersedia juga sangat luas, bahkan mampu menampung kendaraan besar seperti minibus hingga bus wisata.

Traveling bisa menjadi kegiatan untuk bersantai dan refreshing dari hiruk pikuk kesibukan. Bagi warga kota Padang atau yang berencana mengunjungi kota ini, Batu Malin Kundang bisa menjadi pilihan tempat wisata untuk dikunjungi, terutama bagi yang berlibur bersama keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button