South Coast Path minim lampu jalan, begini kondisinya di malam hari - WisataHits
Yogyakarta

South Coast Path minim lampu jalan, begini kondisinya di malam hari

South Coast Path minim lampu jalan, begini kondisinya di malam hari

Tasikmalaya

Jalur pantai selatan Jawa (Pansela) telah disiapkan sebagai jalur alternatif mudik Lebaran 2023, namun jalur ini masih minim penerangan pada malam hari.

pemantauan detikcom di Jalan Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (20/1/2023), Penerangan Jalan Umum (PJU) jarang ditemui di jalur Pantai Selatan ini.

Penerangan hanya sesekali disediakan oleh lampu rumah warga. Selebihnya, penerangan jalan hanya bisa mengandalkan penerangan kendaraan.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Memasuki kawasan hutan, jalan semakin gelap. Jalan di ruas ini juga berkelok-kelok dan naik turun.

Rambu peringatan dipasang di pinggir jalan. Kondisi jalan sendiri terpantau dengan baik.

Tidak ada lubang atau kerusakan yang terlihat di jalan. Lebar jalan sekitar 7 meter dan dapat dilintasi dua mobil sekaligus.

FYI: Seluruh Jalur Pansela bisa dilintasi dari Banten-Sukabumi-Yogyakarta-Gunung Kidul-Pacitan-Ponorogo-Tulungagung-Banyuwangi. Pansela sendiri siap mengurai kemacetan di tol Trans Jawa dan Pantura.

Kementerian Perhubungan mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan pariwisata di jalur Pansela

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri sudah mengecek kondisi jalur tersebut. Kementerian Perhubungan juga telah mendorong pemerintah daerah (Pemda) di Jalur Pantai Selatan (Pansela) untuk mengembangkan pariwisata. Hal ini karena masyarakat tertarik untuk memilih jalur ini untuk pulang.

“Nanti kita akan coba dorong pemerintah daerah. Pemerintah daerah harus berperan aktif dalam menata dan mempromosikan pariwisata di Jalur Pantai Selatan,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno, saat meninjau jalur Pansela di Kabupaten Cianjur.

Hendro mengatakan ada 13 pantai di sepanjang Jalur Pansela yang direncanakan sebagai tempat wisata. Ia berharap pengembangan pariwisata dapat menjadikan jalur pantai selatan menarik bagi para pemudik sehingga dapat mengurangi kemacetan di tol Trans Jawa dan Pantura.

“Ini juga salah satu upaya untuk meningkatkan destinasi wisata. Nanti kita ada di 13 pantai, kita juga akan dorong pemerintah daerah. Kalau jalur ini bisa dilalui dengan baik, saya yakin pariwisata akan tumbuh juga,” kata Hendro.

(haf/haf)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button