Pulau Maitara, pulau cantik dengan pesona keindahan alam di Maluku - WisataHits
wisatahits

Pulau Maitara, pulau cantik dengan pesona keindahan alam di Maluku

Pulau Maitara, pulau cantik dengan pesona keindahan alam di Maluku
Biaya kunjungan: Mulai Rp 150.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kabupaten Tidore Utara, Kota Tidore Nusantara, Maluku Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Maitara adalah tujuan yang harus dilihat karena menawarkan berbagai pemandangan. Wisatawan akan takjub saat melihat airnya yang begitu jernih. Selain itu, ada pepohonan hijau yang berjejer rapi. Kawasan Maitara memang begitu alami karena dirawat dengan baik oleh pengelola.

Ketika wisatawan menghabiskan banyak waktu di pulau itu. Tak hanya pengunjung lokal yang datang, turis mancanegara pun kerap memilih untuk berkunjung ke Maitara. Apalagi menawarkan berbagai permainan seru yang bisa dicoba.

Traveler yang berkunjung bisa membawa peralatan dari rumah atau menyewanya di tempat. Suasana yang menenangkan juga kondusif untuk relaksasi. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengunjungi Maitara saat berada di Tidore. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak beberapa hal yang berkaitan dengan wisata ini.

Daya Tarik Pulau Maitara

Obyek wisata Pulau MaitaraKredit Gambar: Peta Google Ucik Ucik

1. Pemandangan alam

Kawasan Pulau Maitara memiliki pemandangan yang begitu indah dan megah. Ada pohon kelapa dan bakau yang membuat udara segar. Pohon ini juga bermanfaat untuk mencegah abrasi akibat erosi air laut, selain itu juga terdapat perbukitan dan pegunungan yang berhadapan langsung dengan pulau yang melengkapi keindahan Maitara.

Pada siang dan malam hari, warna langitnya cantik dan sering dijadikan spot foto. Panorama yang ada masih alami karena tidak tercemar sampah atau polusi. Traveler bisa bersantai menikmati angin sepoi-sepoi dan suara deburan ombak. Tak heran jika banyak tamu yang memilih datang ke pulau tersebut untuk berlibur.

2. Air dan pasir

Pantai di kawasan Pulau Maitara ini memiliki air laut yang sangat jernih. Warna airnya terlihat biru kehijauan dan senada dengan warna langit pada siang hari. Pantulan sinar matahari membuat air laut menjadi indah. Tak heran jika banyak wisatawan yang berduyun-duyun ke kawasan Maitara untuk menikmati laut di sana.

Dari sudut lain Anda akan dibuat takjub dengan hamparan pasir putihnya. Apalagi untuk disentuh, pasirnya begitu lembut karena tidak ada bebatuan kecil. Travelers di zona pasir bisa mencoba berbagai permainan seru. Jadi jangan lupa untuk membawa perlengkapan sandplay dari rumah.

3. Biota laut

Maitara dikenal memiliki biota laut yang berenang bebas di dalam air. Bahkan pada siang hari ikan-ikan kecil terlihat jelas di sekitar pantai saat air laut surut. Anda juga bisa melihat spesies laut lainnya sambil mencoba snorkeling. Selain itu, ombaknya yang tidak terlalu besar akan membuat wisatawan senang saat bermain air.

Wisatawan yang berkunjung tidak boleh merusak biota laut dengan alat berbahaya. Hal ini bertujuan untuk menjaga keanekaragaman biota. Nikmati liburan Anda melihat biota laut mulai dari kerang, ikan hingga lumba-lumba yang akan muncul pada waktu-waktu tertentu. Jangan lupa untuk mengabadikan momen saat Anda melakukannya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Pulau MaitaraKredit gambar: Facebook Nurhayati Muhiddin

Wisata Pulau Maitara terletak di antara Pulau Tidore dan Pulau Ternate Selatan, Maluku. Letak pulau ini cukup jauh dari pusat kota, sehingga wisatawan harus membawa perlengkapan lengkap. Saat liburan, banyak pelancong dari berbagai daerah berduyun-duyun ke pulau ini. Apalagi destinasi alam ini selalu terlihat alami karena dikelilingi oleh panorama yang sangat indah.

Bagi pengunjung yang datang dari luar daerah, bisa memilih jalur udara menuju Bandara Sultan Babullah. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menyewa speedboat atau perahu. Perjalanan menuju pulau memakan waktu sekitar 30 menit. Jika sudah sampai, Anda akan melihat tanda selamat datang di depan tujuan.

Traveler bisa mengajak kerabat atau keluarga untuk berlibur. Selain itu, pelabuhan Tidore menawarkan pilihan penyewaan kapal umum dan swasta. Agen juga siap mengawal dan menemani tamu berkeliling Maitara. Nikmati perjalanan seru melihat pemandangan berupa air laut dan perbukitan yang begitu mempesona.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Wisata Pulau MaitaraKredit gambar: Facebook Rio Timara Alting

Berlibur di Pulau Maitara menjadi hal yang disukai sebagian orang karena destinasi ini masih alami. Biaya perjalanan ke Maitara agak mahal tapi sangat sebanding dengan keindahan di sana. Anda bisa menyewa speedboat atau perahu untuk menyeberangi lautan. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 300.000.

Di area gerbang masuk terdapat loket untuk membeli tiket masuk. Harga tiketnya Rp 200.000 pada hari kerja dan hari libur nasional. Anda juga dapat mencari informasi harga tiket dan membeli secara online. Biaya masuk pulau sudah termasuk semua pantai Maitara, sehingga para tamu dapat berkeliling di waktu senggang mereka.

Biasanya ada beberapa tempat yang menawarkan permainan air untuk disewa seperti jet ski dan kano. Pengunjung dapat menyewa untuk menghabiskan waktu selama liburan mereka di Maitara. Harga sewanya sendiri bervariasi tergantung dari permainan yang disewa. Anda tidak perlu khawatir karena permainan air dijamin aman dengan pelampung.

Aktivitas Seru Di Pulau Maitara

Aktivitas wisata di pulau MaitaraKredit gambar: Twitter Kabar baik dari Indonesia

1. Sewa fitur air

Permainan air memang seru jika dimainkan di Pulau Maitara. Wisatawan bisa mencoba banana boat, jet ski dan masih banyak permainan lainnya. Anda tidak perlu khawatir karena ia akan dilengkapi dengan jaket pelampung untuk menjaganya tetap aman. Selain itu, pelanggan juga bisa mengundang kerabat dekat dengan membawa baju ganti untuk menghabiskan liburan.

2. Abadikan momen

Kamera merupakan barang yang harus dibawa saat mengunjungi tempat rekreasi. Apalagi di sekitar Maitara menawarkan tempat-tempat indah berupa air laut, perbukitan dan pegunungan. Pada siang hari, pantulan sinar matahari akan membuat hasil foto Anda semakin bagus. Jadi jangan lupa untuk mengabadikan momen selama berada di sana untuk menyimpan kenangan.

3. Berjemur

Saat berkeliling pulau, banyak wisatawan yang menjemur matahari dari pagi hingga siang hari. Selain itu, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Wisatawan bisa berjemur di sekitar hamparan pasir putih atau membawa tikar. Selain itu, Anda juga bisa membawa kacamata hitam dan mengenakan pakaian yang menyerap keringat saat berjemur.

4. Berenang

Ombak di Pulau Maitara dikenal tidak terlalu besar sehingga cocok untuk berenang. Ada juga yang menyewa pelampung agar pemudik bisa mandi dengan aman. Anda bisa membawa baju ganti jika ingin berenang. Namun pengunjung harus berhati-hati memperhatikan arah datangnya ombak.

5. Permainan pasir

Hamparan pasir putih yang terbentang luas di kawasan pulau ini sering dijadikan arena bermain, Anda bisa membangun istana pasir dan membawa bola voli pantai. Anda bahkan tidak perlu memakai sepatu karena pasirnya sangat lembut. Selain itu, kawasan pasirnya juga terlihat begitu bersih dan wisatawan tidak boleh membuang sampah sembarangan.

6. Jelajahi pulau

Bagi traveler yang ingin melihat keindahan Pulau Maitara dari dekat, bisa menyewa kano. Petugas akan menemani Anda dalam kunjungan Anda menjelaskan asal usul Maitara. Traveler bisa mengajak orang tersayang untuk menikmati keindahan air laut yang ada di sekitarnya. Namun, kegiatan ini baru bisa dilakukan saat cuaca mendukung karena ombak masih stabil.

7. Snorkling

Keindahan bawah lautnya bisa dilihat saat mencoba menyelam di kawasan pulau. Mulai dari terumbu karang, ikan, lobster, kepiting dan masih banyak biota lainnya yang melengkapi lautan. Traveler bisa membawa kamera anti air untuk merekam video saat snorkeling. Nikmati liburan seru menjelajahi air laut dan menemukan berbagai keindahan bawah laut.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Wisata Pulau MaitaraKredit gambar: Google Maps Deby Firmansyah

Keindahan Pulau Maitara seakan begitu lengkap dengan fasilitas penunjang yang disediakan pengelola. Ada kamar mandi untuk mandi setelah bermain air. Wisatawan tidak boleh membuang sampah sembarangan dan harus menggunakan air dengan hemat. Setiap area dilengkapi tempat sampah agar area sekitar Maitara tetap bersih dan pelanggan merasa nyaman.

Di tengah laut Anda bisa melihat sebuah jembatan yang terbentang lebar dengan gubuk-gubuk di depannya. Wisatawan sering menjadikan jembatan ini sebagai tempat berfoto dan melihat air laut dari dekat. Ada juga tempat penyewaan permainan air yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Anda dapat menyewa jet ski, banana boat, inflatables, dan perahu.

Bagi klien yang ingin menginap di Pulau Maitara dapat mengunjungi cottage yang telah disediakan. Namun Anda harus memesan jauh-jauh hari karena hostel ini selalu ramai pengunjung. Anda juga bisa membawa makanan dan minuman dari rumah. Pemudik tidak boleh merusak fasilitas agar dapat digunakan oleh semua orang.

Itulah beberapa penjelasan terkait Pulau Maitara yang wajib dikunjungi. Wisatawan bisa menikmati kejernihan air laut yang jarang ditemui di daerah lain. Ajak keluarga atau orang tersayang untuk membuat liburan menjadi menyenangkan. Jangan lupa siapkan juga budget dan perlengkapan lengkap yang akan digunakan selama berkunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button