Seru! Usulan Lisan Jalur Sepeda Tol Solo-Jogja Disetujui Pemerintah - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Seru! Usulan Lisan Jalur Sepeda Tol Solo-Jogja Disetujui Pemerintah – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Warga sekitar singgah di dekat lahan tempat pembangunan tol Solo-Jogja di Kabupaten Karanganom baru-baru ini dimulai. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, Klaten — Rencana penambahan jalur khusus sepeda di jalan tol Solo-Jogja sedang berjalan. PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) telah menyiapkan rancangan rencana jalur siklus.

Direktur Jenderal Pertanahan dan Utilitas PT JMM M. Tilawatil Amin mengatakan, ada tahapan yang harus dilalui agar rencana tersebut bisa disetujui pemerintah. Namun, usulan tersebut mendapat sinyal bahwa disetujui oleh pemerintah pusat.

Promo Dukung BUMN Binaan UMKM Go Online, Tokopedia Registrasi 2.000 NIB

“Usulan itu disetujui secara lisan. Tapi untuk persetujuan tertulis ada tahapannya,” kata Amin, Rabu (9/7/2022).

Salah satu fasenya, yaitu desain. Desain jalur sepeda yang direncanakan saat ini sedang dikerjakan. Setelah mendapat izin tertulis, bisa dibangun jalur khusus sepeda di samping jalan tol.

Menurut rencana, jalur sepeda yang direncanakan berada di satu sisi jalan tol. Jalur siklus dapat digunakan di kedua arah. Soal panjang jalur khusus sepeda, Amin berharap bisa mengikuti panjang ruas tol Solo-Jogja atau Kartasura-Purwomartani Seksi 1.

Baca Juga: Wah UGR Tol Polanharjo-Karangnongko Klaten Capai Rp 1,89 Triliun

Soal perkembangan proyek fisik pembangunan jalan tol Solo-Jogja, Amin menjelaskan persentase proyek fisik saat ini 21,5 persen untuk Seksi 1 atau Kartasura-Purwomartani.

Mengenai kendalanya, Amin menjelaskan kendala saat ini dari sisi TPA belum optimal. Amin optimistis pembangunan jalan tol tersebut bisa selesai tepat waktu.

“Untuk tahap 1, targetnya sudah siap pada awal 2024,” jelasnya.

Pelaksana Tugas (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten Jajang Prihono mengatakan jalur sepeda yang diusulkan bukan jalur sepeda umum. Namun jalur sepeda yang dimaksud, yakni dari olahraga hingga pariwisata.

Baca Juga: H-1 Menuju Umrah, Bakul Cempe di Klaten Terima Tol UGR Rp 1,4 Miliar

Jajang menjelaskan usulan Pemkab untuk jalur khusus sepeda itu dimaksudkan agar keberadaan tol lintas Klaten membawa manfaat lebih, khususnya bagi warga Kabupaten Bersinar.

“Dengan adanya tol ini kami berharap Klaten tidak sepi. Di sisi lain, kami berharap lebih banyak aktivitas di Klaten. Pariwisata dapat didukung di sepanjang rute dan nilai tambah dapat diciptakan untuk ekonomi lokal. Saya kira menambah jalur sepeda akan lebih menarik,” katanya.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button