Pemerintah Daerah DIY Resmikan Trans Jogja Rute Terminal Palbapang-Taman Parkir Ngabean - WisataHits
Yogyakarta

Pemerintah Daerah DIY Resmikan Trans Jogja Rute Terminal Palbapang-Taman Parkir Ngabean

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Pemerintah Daerah Yogyakarta resmi membuka trayek bus Trans Jogja menuju Taman Parkir Ngabean – Terminal Palbapang di Kabupaten Bantul pada Kamis (11/03/2022).

Jalur baru ini beroperasi setiap hari mulai pukul 05:30 WIB hingga 18:00 WIB sejak 1 November 2022.

Dalam sambutan Gubernur DIY yang dibacakan Wakil Gubernur KGPAA DIY Paku Alam X, disebutkan Pemprov DIY telah menyelenggarakan pelayanan angkutan umum selama 14 tahun.

Baca Juga: DPUPRKP Gunungkidul Bangun Tallud di Jalur Rawan Longsor

“Momentum pelantikan hari ini merupakan bukti nyata komitmen pemerintah daerah Yogyakarta untuk mendukung mobilitas masyarakat, khususnya kawasan perkotaan Yogyakarta yang kini sedang dikembangkan ke arah selatan pada titik yang cukup sentral di Kabupaten Bantul,” kata Sri Paduka. saat acara peluncuran di Terminal Palbapang, Bantul, Kamis (11/3/2022).

Peresmian jalur Trans Jogja di wilayah selatan ini juga sejalan dengan visi dan misi Gubernur DIY tahun 2022-2027 dalam hal penguatan wilayah selatan, yang dicapai melalui optimalisasi dukungan infrastruktur, peningkatan kapasitas manusia dan perlindungan atau pengelolaan sumber daya lokal dirumuskan.

Keterkaitan Palbapang di selatan Yogyakarta dan Ngabean di pusat kota juga merupakan kilas balik sejarah sebelum tahun 1895.

Keduanya merupakan stasiun kereta api yang menghubungkan Yogyakarta-Bantul dan merupakan bagian dari jalur kereta api Yogyakarta-Srandakan-Sewugalur.

“Dan hari ini, sejarah konektivitas Jogja-Bantul akan terulang 127 tahun yang lalu dengan hadirnya layanan Bus Trans Jogja, Koridor Palbapang-Malioboro. Sambungan ini dimaksudkan untuk mendukung mobilitas masyarakat di Kabupaten Bantul ke pusat kota Jogja dan sebaliknya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih berharap dengan adanya jalur baru tersebut dapat merangsang minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum.

Baca Juga: Waroeng Sambal Spesial Cabut Kebijakan Penarikan Gaji Penerima BSU

Mengingat saat ini penggunaan kendaraan pribadi masih dominan namun tidak dibarengi dengan pembangunan jalan yang memadai.

Halim juga berharap keberadaan bus Trans Jogja dapat mendongkrak sektor pariwisata dan industri kreatif di Bantul. Selain itu, rute baru ini akan mendekatkan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Bantul.

“Sebut saja seperti pusat gerabah di Kasongan. Kami berharap lebih mudah untuk sampai ke sana,” katanya. (tro)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button