Tempat wisata di Purwokerto - WisataHits
Jawa Tengah

Tempat wisata di Purwokerto

Tempat wisata di Purwokerto

Purwokerto, ibu kota Kabupaten Banyumas, merupakan salah satu kota dengan bentang alam dan panorama alam yang indah dan mempesona. Purwokerto merupakan destinasi wisata yang bisa dikunjungi berdampingan dengan Kota Semarang atau kota lain di Jawa Tengah.

Baturraden merupakan salah satu tempat wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan lho. Menyimpan banyak keunikan, terutama pada pesona alamnya yang sejuk namun asri. Beberapa tempat lain seperti taman bermain dan air terjun juga berada di kawasan Baturraden.

Tak hanya Baturraden, Purwokerto juga memiliki banyak tempat menarik yang ditawarkan. Berikut sebelas daftar tempat wisata di Purwokerto yang wajib masuk dalam bucket list perjalanan Anda. Siap dibuat takjub dengan keindahannya, deh!

1. Tempat wisata Baturraden

11 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Indah!Lokawisata Baturraden, Banyumas (instagram.com/ruliantyruleza.h)

Berbicara tentang wisata Purwokerto, Baturraden merupakan salah satu tempat wisata yang tidak pernah lupa untuk dibicarakan karena memiliki alam yang indah dan mempesona dengan udara dan alam yang sangat indah.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan seperti sepeda air, kolam renang, terapi ikan dan masih banyak lagi. Tempat yang cukup menarik Instagramable sudah disiapkan, lho.

Untuk masuk saja cukup membayar Rp 14.000, anda sudah bisa menikmati keindahan alam sekitar dan wahana yang ada disana. Lokasinya sendiri berada di Karangmangu, Baturraden, Banyumas.

2. Wisata Pagubugan

11 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Indah!Wisata Pagubugan, Banyumas (instagram.com/febrianaa62)

Tempat wisata lain yang cukup unik di Purwokerto adalah Wisata Pagubugan. Tempat wisata ini mengusung konsep edutourism yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, terutama bersama anak-anak.

Selain traveling, kamu juga akan diajak belajar banyak hal lho. Salah satu kegiatan yang paling indah adalah bercocok tanam. Selain itu, terdapat taman kelinci yang unik. Ada banyak kelinci yang bisa kamu ajak bermain. Selain itu, Pagubugan Wisata juga memiliki seksi berkemah Tanah untuk berkemah.

Yang suka berenang bisa mandi di kolam yang ada di tengah sawah. Ada juga sungai kecil dengan air yang cukup jernih yang bisa Anda mainkan di dalam air. Aliran air ini biasa disebut Grujugan. Jadi, tempat wisata Pagubugan sendiri terletak di desa Melung, Kedungbanteng, Banyumas. Harga tiket masuknya Rp 7.000.

3. Bukit Agaran

11 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Indah!Bukit Agaran, Banyumas (instagram.com/hestilusii04)

Juga dekat Purwokerto, Bukit Agaran adalah salah satu tempat paling populer. Wisata ini cukup hits di kalangan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satu daya tarik Bukit Agaran adalah pemandangan awannya yang sangat menawan. Anda dapat menggunakannya sebagai latar belakang atau Latar Belakang untuk berfoto bersama teman atau keluarga. Tidak hanya itu, ia juga memiliki banyak ruang yang cukup Instagramable.

Pemandangan lain yang tak kalah indahnya adalah hutan hijau di bawah Bukit Agaran. Hutan akan menyerupai lukisan yang menakjubkan. rindu kehilangan.

Lokasinya berada di Desa Windujaya, Kedungbanteng, Banyumas. Biaya masuknya adalah Rp 5.000 per pengunjung.

4. Air Terjun Gomblang

11 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Indah!Air Terjun Gomblang, Banyumas (instagram.com/arstocrat_)

Bisa dibilang Purwokerto adalah curug atau surga air terjun lho. Salah satu andalannya adalah Curug Gomblang. Air terjun ini bisa Anda capai dalam waktu 45 menit dari Purwokerto atau ibu kota Kabupaten Banyumas.

Yang paling menarik dari tempat yang satu ini adalah alamnya yang sejuk namun sangat asri. Curug Gomblang juga memiliki banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan selama berada di sana.

Tiketnya sendiri cukup murah. Hanya dengan Rp 5.000 Anda sudah bisa menjelajahi daerah tersebut dan menikmati keindahan alam di sana.

Terletak di Kalisalak, Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah, Curug Gomblang harus ada dalam daftar tempat yang harus Anda kunjungi.

5. Bukit Watu Meja

11 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Indah!Bukit Watu Meja, Banyumas (instagram.com/ainulghurri99)

Kebasen merupakan salah satu kawasan di Banyumas dengan alam yang sangat menawan. Salah satu tempat terbaik adalah Bukit Watu Meja dengan pendakian yang cukup menantang.

Tidak hanya di atas bukit yang menyuguhkan pemandangan luar biasa, namun juga di sepanjang jalur pendakian Bukit Watu Meja juga tidak kalah keren keindahan alamnya. Hutan pinus, aliran air Serayu, dan masih banyak lagi keunikan lainnya bisa Anda temui saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Dengan tiket masuk Rp 7.000 kamu sudah bisa menjelajahi Bukit Watu Meja sepuasnya, lho. Kalau mau datang, alamatnya ada di Tumiyang, Kebasen, Banyumas, Jawa Tengah.

Baca Juga: 22 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Negeri Jawa

6. Gua Sarabadak

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

11 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Indah!Gua Sarabadak, Banyumas (instagram.com/msofyanaffandy)

Tempat wisata terdekat di Purwokerto adalah Goa Sarabadak di Baturraden. Lokasinya berada di Desa Kemutuk Lor, Baturraden, Banyumas. Jaraknya sekitar 14 km dari pusat Kota Purwokerto.

Keindahan Gua Sarabadak terletak pada dinding batu yang berwarna kekuningan. Dihiasi dengan indah di sepanjang jalan setapak, warnanya berasal dari endapan belerang yang ada di sana.

Pemandangan alam seperti lukisan juga nyata. Cukup membuat penasaran dan membuat Anda enggan untuk meninggalkan tempat tersebut.

Hal menarik lainnya adalah pemandian air panas bernama Sumber Pitu. Air panas mengalir dari sumber air ini, yang kemudian bertemu dengan air dingin di dalam gua. Fenomena ini juga ditunggu-tunggu oleh sebagian besar wisatawan yang datang ke sana.

7. Bendungan Gerak Serayu

11 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Indah!Bendungan Gerak Serayu, Banyumas (instagram.com/ajodhuwee)

Bendungan Gerak Serayu merupakan danau buatan yang berfungsi sebagai sistem irigasi persawahan di Purwokerto, Banyumas dan merupakan tempat bertemunya Delta Sungai Logawa dan Sungai Serayu.

Meski hanya dikenal sebagai tempat irigasi, kawasan ini sangat digemari wisatawan lho. Tempat ini penuh dengan pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan alamnya. Sebagian besar wisatawan mengambil Bendungan Serayu sebagai latar foto.

Cocok untuk berburu Foto, Bendungan Gerak Serayu terletak di Dsn. Gambarsari, Kebasen, Banyumas. Kawasan perbukitan yang masih asri menghiasi kawasan tersebut dengan indah. Itu keren sekali!

8. Kebun Raya Baturraden

11 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Indah!Kebun Raya Baturraden Banyumas (instagram.com/gitsu_phiyo | instagram.com/indra.gunawn)

Kebun Raya Baturraden merupakan tempat selanjutnya yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di Purwokerto, Banyumas. Tumbuhan yang cantik dan menawan menghiasi setiap sudut kawasan.

Ada banyak koleksi bunga cantik seperti anggrek, lili dan masih banyak lagi lainnya. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi, apalagi jika Anda seorang pecinta bunga.

Kebun Raya Baturraden terletak di Kemutung Lor. Tepatnya di Jalan Pancuran Tujuh Wanawisata, Baturraden, Kemutung Lor. 14 km dari pusat kota Purwokerto, Banyumas.

9. Air Terjun Jenggala

11 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Indah!Air Terjun Jenggala, Banyumas (instagram.com/kevinkevin139)

Salah satu air terjun yang menarik di kawasan Baturraden adalah Curug Jenggala. Tempat wisata tersebut terletak di Desa Petahunan.

Pemandangan alam di kawasan Air Terjun Jenggala juga sangat indah. Perbukitan hijau menghiasi kawasan tersebut dapat menyegarkan mata. Anda hanya perlu membayar Rp 8.000 untuk masuk ke kawasan wisata.

Nah, ada tempat menarik di sana, yaitu sebuah jembatan yang menghubungkan sisi kiri dengan sisi kanan, yang bisa kamu gunakan untuk berfoto dengan background air terjun yang mempesona lho. Volume airnya tidak banyak, tapi sangat kuat. Jadi Anda harus berhati-hati jika ingin bermain di air.

10. Desa Purwokerto

11 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Indah!Desa Purwokerto Banyumas (instagram.com/thevillage_purwokerto)

Sama seperti Kebun Raya Baturraden, Desa Purwokerto memiliki taman yang penuh dengan bunga-bunga cantik lho. Ada bangunan yang menyerupai bangunan di Eropa.

Desa Purwokerto merupakan tempat wisata yang mengusung konsep edutourism dan sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta. Anda bisa berlibur bersama anak-anak sambil belajar, memberi makan beberapa hewan lokal, menunggang kuda dan banyak aktivitas lain yang bisa Anda lakukan.

Anda juga bisa menyewa kostum Belanda di sini. Harga tiket masuknya sendiri sekitar Rp20.000. Lokasinya di Rempoah, Baturraden, Banyumas.

11. Taman Dunia Miniatur (Dunia Kecil)

11 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Indah!Dunia Kecil Purwokerto, Banyumas (instagram.com/sesilcunong)

Apakah Anda bermimpi berkeliling dunia tetapi belum berhasil? Nyamankan diri anda, di Purwokerto, Banyumas, ada tempat yang sangat menarik yang harus anda kunjungi. Miniatur Taman Dunia adalah jawabannya.

Kawasan ini memiliki miniatur ikon dari beberapa negara di Eropa seperti Menara Eiffel, kincir angin dan miniatur ikon dari banyak negara lain yang dibangun dengan indah.

Ada juga taman yang dimanjakan dengan bunga-bunga cantik untuk dekorasi. Tempat yang cukup menarik Instagramable dibangun untuk mendukung kegiatan yang pasti dilakukan oleh sebagian besar wisatawan yang datang.

Anda akan dikenakan biaya antara Rp15.000 dan Rp20.000 untuk masuk. Cukup murah, bukan? Daerahnya ada di Baturraden Barat, ya!

Purwokerto merupakan magnet yang dapat menarik wisatawan ke Banyumas, khususnya Purwokerto. Memiliki alam yang asri dan asri dengan pemandangan alam yang cukup mempesona membuat Purwokerto patut dibanggakan. Serius keren, kan?

Baca Juga: 5 Makanan Khas Tradisional di Purwokerto yang Wajib Kamu Coba!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button