Sensasi minum kopi di perkebunan kopi tertua di Blitar - WisataHits
Jawa Timur

Sensasi minum kopi di perkebunan kopi tertua di Blitar

Sensasi minum kopi di perkebunan kopi tertua di Blitar

Liputan6.com, Blitar – De Karanganjar Koffiplantage adalah salah satu tujuan wisata di Blitar, Jawa Timur. De Karanganjar Koffiplantage merupakan perkebunan kopi tertua di Blitar.

Dikutip dari laman akun resmi Instagram @de_karanganjarDe Karanganjar Koffiplantage didirikan pada tahun 1874. Perkebunan kopi ini dulunya dibudidayakan oleh Belanda saat menjajah Indonesia.

Pada tahun 1957, atau tepatnya 12 tahun setelah Indonesia merdeka, Presiden Soekarno mengubah aset yang dikelola asing menjadi aset negara. Pada tahun 1960, pengelolaan perkebunan kopi ini diserahkan kepada PT Harta Mulia yang didirikan oleh Denny Roeshadi, seorang veteran perang.

De Karanganjar Koffiplantage saat ini dikelola pada generasi ketiga oleh Denny Roeshadi. Kopi yang diproduksi dan dikemas oleh perkebunan kopi Karanganjar disebut De Karanganjar Koffie.

Pada tahun 2017, pengelola membuka taman ini sebagai tempat wisata yang memiliki potensi sejarah. Selain itu pengelola menambahkan café yang menyajikan kopi asli dari Karanganyar Gardens dengan nuansa Belanda yang masih kental.

Wisatawan yang berkunjung ke De Karanganjar Koffiplantage tidak akan bosan atau jenuh. Pasalnya, wisatawan bisa melakukan banyak hal di tempat ini.

Wisatawan bisa menerbangkan rubah, bermain dan jalan-jalan di taman bermain anak-anak, atau menyewa ATV untuk menjelajahi perkebunan kopi seluas 200 hektar ini. Selain itu, manajemen De Karanganjar Koffiplantage juga menyediakan kamar mandi, mushola, bumi perkemahan dan pusat penelitian kopi untuk mengenal kopi lebih jauh, mulai dari jenisnya hingga perawatannya.

Ada banyak tempat menarik di kawasan wisata perkebunan kopi ini. Dimulai dengan menikmati taman yang memiliki nuansa alam yang sejuk dan asri.

Perkenalkan Sekolah Kopi SMPN 4 Pagentan Banjarnegara

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button