Berikut 5 bukit terindah di Pacitan yang cocok untuk didaki para pecinta alam - WisataHits
Jawa Timur

Berikut 5 bukit terindah di Pacitan yang cocok untuk didaki para pecinta alam

TIMESINDONESIA, PACITAN – Bosan dengan suasana pantai? Atau mau cari sensasi lain? Di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ada beberapa bukit terindah yang bisa dijadikan alternatif berwisata, khususnya bagi pecinta alam. Berikut lima di antaranya:

1. Bukit Sepang

Terletak di Kecamatan Tulakan, Bukit Sepang merupakan salah satu tempat yang paling populer untuk berkemah. Untuk sampai ke puncak, pendaki membutuhkan waktu 1-2 jam perjalanan. Jaraknya kurang lebih 45 kilometer dari pusat kota Pacitan.

Anda harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer melalui jalan cor diskon SDN 1 Tulakan, tanjakannya cukup terjal dan harus melewati hutan.

Saat sampai di puncak, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang begitu luas. Birunya laut selatan juga tampak bercampur dengan kabut.

Anda dapat mengabadikan momen seru bersama teman dan orang terkasih. Terutama saat matahari terbit dan terbenam. Tak jarang, wisatawan rela bermalam di atas Bukit Sepang.

2. Gundukan pantat semar

Lihat-estetika-panorama-alam.jpgPemandangan estetis panorama alam Semar Pacitan Bukit Buttock. (FOTO: Dokumenter TIMES Indonesia)

Bukit Semar Bokong terletak di Dusun Gamping, Desa Ponggok, Kabupaten Pacitan, sekitar 10 kilometer dari Alun-alun Kabupaten Pacitan. Anda dapat menikmati keindahan alam lembah sekitarnya dari ketinggian.

Masyarakat setempat kerap memanfaatkan Bukit Semar Bokong sebagai spot selfie. Melihat ke selatan pemandangan adalah pemandangan kota dan hamparan pantai di Teleng Ria terlihat dramatis di malam hari.

Baru-baru ini, Pemerintah Desa Ponggok akan menjadikan Bukit Bokong Semar sebagai destinasi wisata baru.

3. Bukit Bintang

Bukit-Bintang-Desa-Wonogondo.jpgBukit Bintang, Desa Wonogondo, Pacitan. (FOTO: Dokumenter TIMES Indonesia)

Tak kalah menarik dari sebelumnya. Keindahan Kota Pacitan juga bisa dilihat dari puncak Bukit Bintang yang berada di jalur alternatif Pacitan-Lorok yang mengarah ke Desa Wonogondo di Kecamatan Kebonagung, sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Pacitan.

Di sini kamu juga bisa melihat pemandangan Pantai Teleng Ria dan Pintu Pancer yang cukup Instagramable dan cocok untuk diabadikan dengan kamera.

Momen yang paling ditunggu adalah saat sunset muncul di sore hari. Di kejauhan, lampu kota berkelap-kelip seperti bintang di langit. Tak heran jika destinasi wisata cantik ini sering disebut Bukit Bintang.

Selain itu, Anda juga bisa melihat panorama Sungai Grindulu yang berkelok-kelok seperti huruf S dari ketinggian. Lokasi ini juga sering dijadikan referensi para bikers untuk sekedar mampir dan menikmati panorama alam Pacitan.

4. Bukit Sentono Gentong

Bukit-Sentono-Gentong-2.jpgKeindahan Pantai Teluk Pacitan dari Bukit Sentono Gentong. (FOTO: Pacitan Prokomim)

Merupakan destinasi wisata yang pengembangannya dimulai pada tahun 2018. Lokasi Sentono Genthong berada di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku. Sekitar 13 kilometer dari pusat kota.

Destinasi yang satu ini sudah fenomenal sejak tahun 2018. Situs ini terletak di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku. Hanya sekitar 13,9 kilometer dari pusat kota dengan kendaraan roda dua atau empat.

Di sini Anda bisa melihat keindahan Kota Pacitan dan Pantai Teluk yang terhampar luas yang terlihat melengkung dari atas, lengkap dengan terumbu karang yang memukau.

Tiket masuknya seharga Rp 10.000 per orang. Fasilitas seperti tempat ibadah, kamar mandi dan toilet juga disediakan. Jika Anda merasa lapar dan haus, ada berbagai kuliner khas di lokasi yang akan memanjakan tenggorokan dan lidah Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika Anda berencana untuk menghabiskan hari di sana.

5. Pesona Keris Pendok

Pendok-Keris.jpgPesona Keris Pendok yang berbatasan dengan Jawa Tengah. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

Mungkin tujuan yang satu ini masih asing di telinga. Namun, Bukit Pendok Keris di Desa Ploso Kecamatan Punung juga bisa menjadi alternatif tempat liburan akhir pekan Anda.

Meski sedikit diketahui banyak orang, pesona Pendok Keris menawarkan panorama alam berupa pegunungan dan lembah hijau yang menyejukkan mata. Jaraknya kurang lebih 15 km dari Pendopo Kabupaten Pacitan.

Menariknya, di sini Anda bisa langsung melihat pegunungan utara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Sore hari, jika Anda menunggu matahari terbenam, Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam. Demikian juga matahari terbit di ufuk timur terlihat jelas di pagi hari. Anda dapat mengabadikan momen terbaik dengan kamera ponsel Anda.

Ini dia rekomendasi lima bukit terindah di Pacitan yang bisa dijadikan alternatif liburan akhir pekan, terutama bagi pecinta alam.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button