10 menara pantai yang paling banyak dikunjungi di Kupang - WisataHits
wisatahits

10 menara pantai yang paling banyak dikunjungi di Kupang

10 menara pantai yang paling banyak dikunjungi di Kupang

Ingin liburan di Kupang? Simak daftar pantai terbaik di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Obyek wisata bahari populer dan paling banyak dikunjungi wisatawan pada saat liburan dan Akhir pekan.

Geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan tentunya menjadi salah satu alasan mengapa negara ini kaya akan pantai-pantai yang indah. Tak terkecuali wilayah timur Indonesia, Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kupang. Kota yang berbatasan dengan pulau Alor ini ternyata merupakan permata wisata alam yang luar biasa.

Ada wisata pantai di Kupang yang memiliki nuansa alam dan unik yang layak untuk dijelajahi saat Anda membutuhkan liburan yang berkesan. Berikut ulasannya.

1. Pantai Lasiana

Pantai LasiaKredit gambar: Google Maps Bayu Mee

Kota Kupang yang dekat dengan air rupanya menjadi salah satu alasan pengunjung datang mengunjungi berbagai pantainya. Dalam urutan rekomendasi, Pantai Lasiana menduduki peringkat pertama karena kepopulerannya dan juga lokasinya yang sangat mudah dijangkau, hanya 15 menit dari kota Kupang.

Selain itu, pantai ini juga mudah diakses karena dapat diakses dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Berlokasi di Lasiana, Kelapa Lima, tak heran jika banyak pengunjung yang datang ke pantai ini. Daya tarik utamanya adalah keindahan pantai pasir putih, air laut yang jernih dan juga deretan pohon kelapa di tepi pantai.

Bersantai di pantai ini tentu tidak akan membuat Anda bosan, karena banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari menikmati fasilitas pantai, wisata kuliner, bermalam, berfoto di keindahan alam yang instagenic, menikmati kesejukan air laut atau menunggu keindahan sunset yang spektakuler.

Harga tiket: Rp2.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Lasiana, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

2. Pantai berpasir yang panjang

Pantai berpasir yang panjangKredit gambar: Google Maps Agus aQm

Ingin menghabiskan momen romantis ditemani matahari terbenam yang eksotis? Cobalah mengunjungi pantai berpasir panjang Jl Timor Raya Kupang. Seperti namanya, wisata alam ini memiliki pantai yang panjangnya mencapai 1 km dan diselimuti pasir putih halus.

Keindahan pasirnya seakan melebur ke dalam air laut yang berwarna biru cerah. Sebagai destinasi pantai favorit pengunjung dan warga sekitar, jangan heran dengan banyaknya wisatawan yang datang dan pergi ke tempat ini. Jika Anda mengunjungi tempat ini, Anda tidak akan kekurangan aktivitas karena pantai ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Anda juga tidak perlu khawatir untuk menikmati sejuknya laut biru di Pantai Pasir Panjang. Anda bisa berenang dengan tenang karena ombak laut lebih tenang asalkan memperhatikan bebatuan di sepanjang pantai. Waktu yang tepat untuk ke pantai ini adalah saat matahari mulai condong ke arah ufuk barat, yang menjadi sunset yang indah.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pasir Panjang, Kec. Kota Tua, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

3. Pantai Oesapa

Pantai EsapaKredit gambar: Google Maps Mey Anin

Terletak di kecamatan Oesapa, pantai ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat kota Kupang. Anda hanya perlu menempuh jarak 10 kilometer dari kota Kupang untuk menikmati keindahan Pantai Oesapa ditemani nikmatnya jagung bakar lokal. Seperti halnya pantai-pantai lain di Kupang, Anda akan disuguhi hamparan pasir putih yang indah.

Apalagi pemandangan pantai dengan bibir pantai yang sangat luas akan membuat anda terlena dan betah berada disini. Sambil berenang dan berjemur, Anda bisa mengunjungi beberapa paviliun atau tenda-tenda kecil di sekitar pantai. Di sinilah Anda akan menemukan banyak penjual kuliner sederhana yang cocok untuk menemani liburan pantai.

Mulai dari pisang pipih, jagung bakar dan berbagai jenis minuman bisa Anda santap di dekat pantai. Tidak hanya itu, pantai ini juga menjadi tempat warga sekitar untuk berwisata dan beraktivitas. Anda dapat melihat hiburan musik di sekitar pantai, bermain sepak bola di pantai atau hanya duduk santai dan menikmati keindahan matahari terbenam.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Pantai Oesapa, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

4. Pantai Namosain

Pantai NamosainKredit gambar: Google Maps Wahyu Fajar

Rasanya deretan pantai di Kupang akan selalu menjadi tempat yang pas untuk menikmati keindahan sunset. Hal itu bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke Pantai Namosain yang terletak di Jalan Pahlawan Desa Namosain. Namun, ada satu hal yang membuatnya berbeda, yaitu hamparan sabana di kawasan perbukitan Namosain.

Sabana ini terletak di daerah berbatu di sekitar pantai. Tak hanya itu, pemandangan yang diberikan juga memiliki nuansa berbeda karena lokasi di sekitarnya masih alami. Hamparan laut yang luas menjadi pemandangan indah dari pemandangan Teluk Kupang yang indah. Di dekat pantai juga terdapat hamparan pantai berpasir yang tak kalah menawan.

Dibandingkan dengan pantai lainnya, kombinasi sabana, laut biru, pasir putih, dan karang hitam bisa menjadi backdrop foto yang ikonik. Jangan pergi dulu, pastikan luangkan waktu untuk menyaksikan panorama matahari terbenam. Asyiknya lagi, Anda juga bisa membeli aneka ikan segar dari nelayan setempat.

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Pahlawan, Namosain, Kec. Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

5. Pantai Tablolong

Pantai TablolongKredit gambar: Google Maps hafiz alif

Sementara beberapa pantai yang disebutkan telah menjadi tujuan wisata favorit, Pantai Tablolong merupakan wisata pantai yang masih alami. Kesan ini terlihat jelas dengan kondisi alam pantai yang selalu terjaga kebersihannya dan juga lingkungannya. Hamparan luas pantai pasir putih selalu indah dengan deburan ombak laut biru yang tenang.

Berkat ombak yang tenang ini, Anda dapat dengan bebas berenang, menyelam, snorkeling, atau menyelam. Jika ingin menikmati angin segar dan sejuk, Anda bisa bersantai di pinggir pantai atau singgah di tenda-tenda tradisional yang ada di sekitar pantai. Terletak di Kabupaten Kupang Barat, pastikan untuk menjaga kebersihan tempat ini dengan membuang sampah pada tempatnya.

Harga tiket: Rp2.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Tablolong, Kec. Kupang Barat, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

6. Pantai Kolbano

Pantai ColbanoKredit gambar: Google Maps Isnan Wijarno

Pantai ini memiliki pasir yang halus karena didominasi oleh pecahan karang. Alhasil, pantai ini memiliki gradasi warna yang sangat indah. Yakni pasir putih, warna karang kelabu dan laut biru yang sangat jernih. Bebatuan ini juga memiliki nilai tersendiri, karena pengunjung dapat bermain dan membawanya sebagai oleh-oleh.

Selain bermain di pantai, Kolbano Ocean Beach juga menjadi tempat yang tepat bagi mereka yang suka berenang dan snorkeling. Bagi Anda yang hobi berfoto, tentunya tidak akan kehabisan tempat yang indah untuk diabadikan. Mulai dari pantai, tebing tinggi, hamparan bebatuan di pantai, hingga bongkahan batu raksasa yang menyerupai kepala manusia.

Harga tiket: Rp2.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Kolbano, Kab. Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

7. Pantai Nunsui atau Batu Nona

Pantai Nunsui atau Batu NonaKredit gambar: Google Maps Hasrul

Pantai Nunsui juga disebut Batu Miss tanpa alasan. Nama ini berasal dari sebuah batu karang yang memiliki bentuk menyerupai wanita. Hal unik inilah yang menjadi magnet bagi pengunjung Kota Kupang. Lokasinya yang berada di kecamatan Lasiana ini sebenarnya dekat dengan bandara sehingga banyak sekali pengunjung yang singgah di pantai ini.

Tak hanya memiliki terumbu karang yang unik, ternyata pemandangan yang tersaji di sana juga tak kalah menawan. Hamparan pasir putih yang terbentang begitu luas menjadi panorama menarik di pantai ini. Tidak diragukan lagi, pantai eksotis ini adalah surga bagi para pecinta fotografi yang ingin menjelajahi pantai dan menunggu matahari terbenam yang menawan.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pantai Nunsui, Oesapa, Lasiana, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

8. Pantai Oetune

Pantai OetuneKredit gambar: Google Maps Johan N.

Jika di pantai Namosain Anda akan mendapat kesan berada di sabana, di pantai Oetune Anda akan dibawa ke belahan dunia lain. Begitu menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan menemukan hamparan pasir putih halus yang seakan tak berujung. Berdiri di atas pasir putihnya akan terasa seperti mengunjungi gurun pasir Sahara.

Pantai yang berada di pesisir barat daya Kalbano ini juga memiliki keindahan pantai yang memukau. Setelah menyusuri hamparan pasir putihnya, ombak yang tenang akan menyapa Anda. Fasilitas yang memadai juga tersedia di pantai ini. Anda bisa menikmati udara segar sambil bersantai di lopo atau rumah khas NTT di pinggir pantai.

Harga tiket: Rp3.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Tuafano, Kec. Kualin, Kab. Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

9. Pantai Neam

Pantai NeemKredit gambar: Facebook Backpacker Internasional

Banyak traveler yang rela berjuang atau menjelajahi daerah tertentu untuk mengunjungi tempat wisata alam yang masih alami. Di Kupang, nama Pantai Neam memang belum banyak terdengar dan dikunjungi orang. Karenanya, pantai yang tersembunyi di balik hutan ini tetap memiliki keindahan yang indah.

Meski harus menempuh perjalanan jauh selama 3 jam dari kota Kupang, pantai Neam akan menyambut Anda dengan pasir putihnya yang indah. Beberapa bebatuan berserakan di tepian pantai, namun yang membuatnya semakin menarik adalah adanya gua misterius yang dikelilingi pepohonan. Keindahan alam inilah yang patut untuk dikunjungi.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pasir Panjang, Kec. Kota Tua, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

10. Model Pantai

Kisaran manekinKredit gambar: Google Maps Prasetyo Nugrohadi

Pantai terakhir di Kupang yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Manikin. Daya tarik utamanya adalah hamparan pantai dengan bebatuan karang yang sangat luas. Bongkahan batu kecil itu bahkan dicampur dengan batu akik yang tak kalah indahnya. Namun untuk melihat fenomena alam ini, Anda harus bersiap-siap menunggu datangnya sore hari.

Pasalnya, pada sore hari air laut yang surut akan melebarkan garis pantai. Selain itu, pantai ini juga memiliki daya tarik yang tidak terpikirkan sebelumnya. Yakni, segarnya air sungai yang bercampur dengan asinnya air laut, fenomena ini tidak boleh Anda lewatkan.

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Tarus, Kec. Kupang Center, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Dengan semakin ramainya pariwisata di Indonesia, tak heran jika kawasan timur Indonesia juga mulai menjadi destinasi wisata favorit. Selain masih memiliki eksotisme alam yang indah, tidak sedikit pantai di Kupang yang belum terjamah manusia. Untuk itu, keindahan pantai NTT ini tidak boleh dilewatkan dalam catatan harian liburan panjang Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button