Yuk intip keindahan wisata air terjun Rotjorot Banyuwangi - WisataHits
Jawa Timur

Yuk intip keindahan wisata air terjun Rotjorot Banyuwangi

TIME INDONESIA, BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur terkenal dengan wisatanya yang luar biasa. Salah satu yang masih segar adalah Wisata Air Terjun Rotjorot (RJR) yang terletak di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Wisata Air Terjun RJR menampilkan keindahan air yang mengalir turun dari ketinggian kurang lebih 25 meter. Kejernihan air serta suasana yang masih asri dan asri memberikan nilai tambah untuk dijadikan referensi destinasi liburan. Akses jalan yang mudah membelah hamparan kebun anyelir menambah keindahan wisata air RJR.

“Nama Rotjorot sendiri jika diartikan dalam bahasa Jawa adalah Plorotan. Jadi ketinggian airnya longsor,” kata Kepala Desa Bayu, Sugito, Minggu (28/8/2022).

Air Terjun-Rotjorot-a.jpgKeindahan Air Terjun Rotjorot (RJR) di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. (Foto: Ahmad Sahroni/TIMES Indonesia)

Wisata air terjun RJR, kata Sugito, menjadi salah satu destinasi wisata baru. Meski baru, pihaknya telah menyiapkan beberapa rencana agar wisata RJR menjadi wisata favorit masyarakat. Dengan mengembangkan pariwisata dengan konsep natural dan modern.

“Kami melihat potensinya bagus, kemudian kami akan koordinasikan dengan semua pihak yang bertanggung jawab,” kata Sugito saat membuka wisata air terjun Rotjorot.

Potensi RJR, tambah Sugito, akan terus digali hingga bisa menjadi ikon desa. Diharapkan semakin banyak pengunjung yang hadir, dan perekonomian masyarakat dapat terdongkrak dengan berjualan di Kawasan Wisata Air Terjun RJR.

“Kami terus berupaya melakukan inovasi dalam pengelolaan wisata air RJR,” ujarnya.

Air Terjun-Rotjorot-b.jpgKeindahan Air Terjun Rotjorot (RJR) di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. (Foto: Ahmad Sahroni/TIMES Indonesia)

Camat Songgon melalui Sekretaris Daerah (Sekcam) Tanto Sulistryono mengatakan wisata air terjun RJR melengkapi kamus wisata yang wajib dikunjungi.

Tidak ada alasan untuk itu, karena harus diakui bahwa wisata air terjun merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan perekonomian warga melalui beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka wisata air terjun Rotjorot. “Dengan potensi yang ada, bukan tidak mungkin Songgon menjadi kecamatan yang padat pariwisata,” ujarnya.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button