Selasar Sunaryo Art Space Bandung, Tiket Masuk Tour - WisataHits
Jawa Barat

Selasar Sunaryo Art Space Bandung, Tiket Masuk Tour

Butonrayanews.co.id – Bandung sepertinya tidak pernah habis bicara. Kabupaten di Jawa Barat berjuluk Kota Kembang ini memiliki banyak jenis objek wisata dari berbagai kategori. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Selasar Sunaryo Art Space dari kategori Art.

Setiap orang memiliki selera masing-masing dalam memilih objek wisata. Meskipun beberapa orang mungkin berpikir bahwa mengunjungi galeri seni kurang menarik, tampaknya tidak demikian. Buktinya tempat wisata yang kita bahas kali ini tidak pernah sepi pengunjung.

Bahkan, untuk bersenang-senang, Anda tidak akan mendapatkannya di sini. Juga dikenal sebagai SSAS, objek wisata ini menawarkan keindahan lebih dari karya seni yang dihasilkan. Bentuk seni bervariasi dan berkisar dari patung, lukisan hingga instalasi.

Hampir semua karya seni yang dipamerkan mengikuti gaya kontemporer, seperti aliran penggagas Selasar Sunaryo Art Space yang dikenal dengan Sunaryo. Ia adalah mantan dosen seni rupa di ITB yang berhasil membuka galeri ini pada tahun 1998.

Meskipun namanya tampak seperti hak milik, koleksi seni tersebut tidak hanya dimiliki oleh Sunaryo. Selain karya seniman ternama lainnya seperti Joko Avianto dan Arin Dwihartanto, karya seni lainnya juga bisa dilihat di sini.

Namun tidak dapat disangkal bahwa sebagian besar karya Sunaryo adalah salah satu seniman terbaik Indonesia. Tergantung pada jenis karya yang akan dibuat, ia membiarkan inspirasinya mengalir melalui objek yang dipilih.

Atraksi ruang seni Selasar Sunaryo

Meski bukan tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam, apalagi wahana permainan, Selasar Sunaryo Art Space memiliki daya tarik tersendiri. Daya tarik yang dimaksud mengacu pada galeri atau objek yang sedang dibangun.

Koleksi Sunaryo Selasa

Daya tarik pertama tentu saja koleksi karya seni yang ditampilkan di galeri. Seperti yang telah disebutkan, koleksi yang dimaksud terdiri dari lukisan, patung, dan instalasi yang terbuat dari berbagai bahan yang tidak biasa.

Karya seni yang cukup terkenal dan masih melekat pada aliran kontemporer adalah Adzan Batu Kapur dan Emas di Ladang Kelam II Sayangnya karya ini tidak dipajang di galeri karena merupakan koleksi pribadi. Tapi Anda bisa melihatnya terlebih dahulu dengan izin.

Di antara karya seniman lain ada Pakuon, karya Haryadi Suadi dari 1986. Setiap koleksi Selasar Sunaryo Art Space terletak di ruangan yang berbeda. Ruangan yang dimaksud adalah Galeri A, Galeri B, Galeri Sayap dan Aula Atas.

amfiteater mini

Galeri seni di Bandung ini tidak sembarangan didesain, semuanya terlihat artistik dan cukup unik. Salah satunya adalah mini amphitheater yang juga menjadi daya tarik. Bangunan ini mirip dengan Colosseum di Italia, tetapi jauh lebih kecil.

Amfiteater ini tidak hanya membawa nilai seni tetapi juga simetris sempurna. Selain itu, itu tepat di tengah-tengah SSAS, yang membuatnya semakin menarik. Bangunan seperti tangga ini terbuat dari beton.

Joknya juga menggunakan bahan yang sama dengan rumput hijau di bawahnya. Dari segi fungsi, biasanya digunakan untuk pertunjukan seni di luar ruangan seperti: B. musik, pemutaran film atau pembacaan puisi.

Pameran seni

Meski tidak setiap hari dan waktunya tidak menentu, pameran seni rupa ini juga menjadi salah satu daya tarik Selasar Sunaryo Art Space. Saat itu terjadi, jumlah pengunjung meningkat drastis. Contohnya Lawangkala yang berlangsung pada tahun 2018.

Lawangkala terdiri dari dua kata dari bahasa Jawa, yaitu lawang dan kala. Lawang berarti pintu atau gerbang sedangkan kala berarti waktu. Nama ini sengaja digunakan untuk merayakan ulang tahun ke-20 objek wisata ini.

Sedikit tambahan informasi, SSAS resmi didirikan pada tahun 1998 sebagai galeri seni di Bandung. Kali ini lebih dari cukup untuk menyimpan koleksi berbagai artis ternama. Tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri.

Kopi Selasa

Kopi Selasa bukan tanpa alasan menjadi daya tarik Selasar Sunaryo Art Space. Tempat ini juga didesain secara artistik dengan desain yang unik. Sesuai dengan namanya, lobby ini mengusung konsep kafe sederhana yang menawarkan menu utama dengan minuman kopi.

Bukan asal kopinya tentunya, melainkan kopi dengan campuran jahe dan susu. Suasananya sejuk karena berada di bawah pohon yang rindang. Puluhan chandelier unik juga menghiasi dan menambah daya tarik artistik.

Satu hal yang istimewa dari chaining di Kopi Selasar adalah adanya bangku yang menghadap langsung ke mini amphitheater. Jadi jika ada pertunjukan, Anda bisa bersantai sambil menontonnya.

Sebelum mengunjungi Selasar Sunaryo Art Space, pastikan Anda mengetahui lokasinya. Tempat wisata galeri seni ini terletak di 100 Jalan Bukit Pakar Timur, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Lokasinya strategis, jadi mencarinya tidak sulit.

Jarak dari Alun-Alun Bandung hanya sekitar 10 kilometer ke arah timur laut. Rute selanjutnya adalah melalui Jl. orang Irlandia H. Juanda, lalu ke Jalan Bukit Pakar Timur. Tempat wisata yang dituju tidak jauh dari Wot Batu, tempat karya Sunaryo juga bisa ditemukan.

Biaya masuk untuk tur

Bandung memiliki beberapa tempat wisata seni yang bisa Anda kunjungi. Setiap lokasi memiliki tiket masuk bagi pengunjungnya, termasuk Selasar Sunaryo Art Space. Namun jangan khawatir, harga tiketnya masih tergolong murah dibandingkan dengan nilai seninya.

Cukup sediakan 25.000 rupiah untuk satu orang dan Anda bisa menikmati semua karya seni yang dipamerkan. Dana tambahan hanya untuk biaya parkir, siapkan 2.000 untuk motor dan 5.000 jika membawa mobil.

Berbagai kegiatan menarik

Tentu jika ditanya tentang kegiatan menarik yang dilakukan di SSAS, semuanya berkaitan dengan seni. Meski hanya aktivitas yang terkesan pasif, sebenarnya banyak manfaatnya.

Melihat berbagai karya seni

Kegiatan pertama pasti menikmati indahnya karya seni yang dipajang di setiap sudut tempat. Tentunya setiap wisatawan yang datang menjadikannya tujuan utama mereka. Silakan sesuaikan kategori seni yang Anda inginkan karena masing-masing ditempatkan di galeri yang berbeda.

Bersantai di Kopi Selasar

Bersantai di Kopi Selasar juga merupakan kegiatan menarik di Selasar Sunaryo Art Space. Bahkan, rasanya kurang afdol jika belum mampir ke sini. Selain kopi, ada juga menu yang harganya antara 10.000 hingga 50.000 rupiah.

Belanja oleh-oleh

Sebelum Anda keluar, pastikan untuk mampir ke Souvenir Selasar untuk oleh-oleh untuk dibawa pulang. Ada banyak barang unik dan artistik yang dijual di sini, kebanyakan dari artis baru. Misalnya tas, topi, pakaian, gantungan kunci dan masih banyak lagi.

Menyimpulkan

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang salah satu tempat wisata di Bandung dari kategori Art Gallery. Semoga apa yang kami sampaikan di atas tentang Selasar Sunaryo Art Space dapat memberikan gambaran sebelum Anda mengunjungi tempat tersebut.

Source: butonrayanews.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button