Selasar Sunaryo Art Space Bandung: Lokasi, Rute dan Tips - WisataHits
Jawa Barat

Selasar Sunaryo Art Space Bandung: Lokasi, Rute dan Tips

Tuesdayr Sunaryo Art Space (SSAS) adalah sebuah galeri seni di Bandung, Jawa Barat. Galeri seni ini resmi berdiri pada tahun 1998 dengan tujuan untuk mendukung perkembangan seni rupa di Indonesia.

Dibangun oleh Sunaryo, galeri seni ini merupakan ruang terbuka untuk memperkenalkan seni kepada publik. Ia adalah seniman kontemporer dan mantan dosen seni rupa di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Lokasi tersebut tidak hanya menampilkan karya-karya Sunaryo, tetapi juga mempromosikan karya-karya lain, terutama seniman kontemporer. Buat kamu pecinta seni dan ingin datang kesini, berikut informasi wisata Selasar Sunaryo Art Space Bandung!

1. Lokasi, jam buka dan harga tiket

Selasar Sunaryo Art Space Bandung: Informasi Lokasi, Rute dan TipsSelasar Sunaryo Art Space (instagram.com/lulukato)

Lokasi: Jalan Bukit Pakar Timur Nomor 100, Ciburial, Cimenyan, Bandung

Waktu aktif: setiap hari 10.00 – 17.00 WIB

Harga: Rp25.000

2. Koleksi di Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space Bandung: Informasi Lokasi, Rute dan TipsSelasar Sunaryo Art Space (instagram.com/lulukato)

Galeri seni ini merupakan tempat berkumpulnya karya-karya yang mencerminkan masa kerja dan karir Sunaryo di berbagai media. Koleksinya sendiri terdiri dari patung, lukisan dan instalasi.

Karya seni yang termasuk dalam koleksi ini merupakan sumbangan Sunaryo kepada Selasar Sunaryo Foundation. Karya-karya tersebut antara lain lukisan Antara Langit dan Bumi (Yin dan Yang), Karamba & Aqua, dan Baliku II, yang merupakan koleksi pribadi Sunaryo yang tidak dipajang di galeri.

Sementara itu, beberapa lukisan seperti Adzan Kapur, Emas di Ladang Kelam II dan Bunga Merah antara koleksi di galeri ini, disumbangkan oleh berbagai seniman.

Sunaryo memulai koleksi ini pada tahun 1974. Contohnya adalah karya “Pakuon”. Ini adalah lukisan kaca patri berukuran 79 x 59 cm berjudul Nuansa Travel karya seniman Haryadi Suadi dari tahun 1986.

3. Kegiatan yang menarik

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Selasar Sunaryo Art Space Bandung: Informasi Lokasi, Rute dan TipsSelasar Sunaryo Art Space (instagram.com/kikiputt)

Wisatawan dapat melihat berbagai koleksi seni yang merupakan hasil karya Sunaryo dan seniman lainnya. Anda juga dapat mengagumi amfiteater mini di tengah SSAS. Ini memiliki desain simetris sempurna dengan pertimbangan akustik. Ini mengikuti teknologi lama, seperti Colosseum di Italia.

Ada juga pameran seni yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini rutin menggelar pameran seni rupa, seperti Lawangkala, yang bertepatan dengan hari jadi SSAS ke-20. Pameran ini menghadirkan instalasi berbasis fiber dan karya multidisiplin sebagai bentuk implementasi dari ide-ide temporer.

Pameran lain yang telah berlangsung di sini adalah Proyek Bale. Ini merupakan kolaborasi 20 seniman yang berlangsung di tahun 2018. Beberapa artis yang terlibat dalam acara ini adalah Joko Avianto, Arin Dwihartanto Sunaryo dan M. Reggie Aquara.

Baca Juga: 10 Museum Dan Galeri Seni Bule Favorit Di Bali, Setiap Sudutnya Estetis

4. Fasilitas Pendukung Selasar Sunaryo Art Space Bandung

Selasar Sunaryo Art Space Bandung: Informasi Lokasi, Rute dan TipsSelasar Sunaryo Art Space (instagram.com/kikiputt)

Galeri seni ini meliputi area seluas 2.000 meter persegi yang dilengkapi dengan wot batu. Ini adalah instalasi taman batu yang menjadi karya Sunaryo, yang berarti “jembatan batu”.

Selain itu, ada juga tempat parkir dan toilet. Ruang sholat yang tersedia cukup untuk lima orang. Lokasi tersebut memiliki desain seni yang mampu memberikan suasana teduh.

5. Tips Jalan-jalan ke Selasar Sunaryo Art Space Bandung

Selasar Sunaryo Art Space Bandung: Informasi Lokasi, Rute dan TipsSelasar Sunaryo Art Space (instagram.com/kikiputt)

Pengunjung yang bepergian ke tempat ini harus mematuhi semua aturan yang ditetapkan oleh pengelola. Selain itu, pengunjung harus menjaga jarak aman dari karya seni dan tidak boleh menyentuhnya.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena sifat karya seni itu sensitif dan rapuh. Perlu diketahui juga bahwa tempat ini merupakan area bebas rokok.

Penggunaan foto untuk kepentingan pribadi juga tidak diperbolehkan. Persetujuan sebelumnya dari SSAS harus diperoleh untuk semua perekaman foto dan video.

Jika Anda ingin berwisata sambil mempelajari berbagai karya seni, Selasar Sunaryo Art Space bisa Anda jadikan tempat wisata selama berada di Bandung. Kamu bisa mendapatkan ilmu sekaligus, lho!

Baca Juga: 7 Museum Unik di Indonesia, Dari Museum Fisik hingga Museum Virtual

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button