Sejarah bekas penjara Presiden Soekarno yang dikenal seram berubah menjadi rumah kos - WisataHits
Jawa Timur

Sejarah bekas penjara Presiden Soekarno yang dikenal seram berubah menjadi rumah kos

Sejarah bekas penjara Presiden Soekarno yang dikenal seram berubah menjadi rumah kos

Kalisosok, bekas penjara Presiden Soekarno di Sur dan terkenal angker, dulunya adalah sebuah rumah kos

Salah satu sudut bekas Lapas Kalisosok di Surabaya yang dialihfungsikan secara ilegal menjadi rumah kos. Foto oleh Ivan Darski

Bangunan itu tetap menimbulkan kesan yang menakutkan bagi semua orang, meski kini sudah terbengkalai. Lokasinya berada di kawasan Krembangan, sebelah barat daya Jembatan Merah, Kota Surabaya. Meski tak banyak yang mengetahuinya saat ini, inilah gedung yang dulu ditakuti warga Surabaya: Penjara Kalisosok.

Kalisosok merupakan warisan budaya penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Para bapak bangsa seperti Ir. Soekarno, HOS Tjokroaminoto, WR Soepratman hingga penjahat legendaris Kusni Kasdut pernah merasakan dinginnya lantai penjara yang dibangun pada tahun 1750 itu. Pemerintah kolonial Belanda sering mengirimkan pendukung pro-kemerdekaan atau mereka yang mengkritik mereka ke penjara Surabaya.

Setelah tidak lagi dijadikan penjara setelah Indonesia merdeka, Kalisosok menjadi depresi. Selain itu, berbagai mitos bermunculan sepanjang sejarah berdirinya penjara ini. Misalnya, salah satu mitos Kalisosok adalah suara angsa yang memanggil di tengah malam. Dikatakan bahwa itu adalah suara hantu penjara. Disbudporapar Kota Surabaya menyatakan dalam diskusi pada 15 Januari 2023 bahwa eks Lapas Kalisosok akan menjadi target utama rekonstruksi dalam waktu dekat untuk dihidupkan kembali sebagai peninggalan sejarah.

Nah, masalahnya dibandingkan dengan rumor hantu atau janji pemugaran, yang lebih mengagetkan justru muncul di Lapas Kalisosok, yaitu adanya orang-orang yang memanfaatkan bangunan terbengkalai itu sebagai tempat kost. Tarif bulanan sebelum pandemi ditetapkan Rp 130.000.

Kok ada orang yang tinggal di ruang sempit bekas penjara yang sudah terkenal angker? Karena murah? Siapa yang mencetuskan ide eksentrik yang juga bertentangan dengan pemanfaatan warisan budaya ini?

Semua pertanyaan ini dibahas di podcast VICE Wow Ternyata Faktual, yang dibawakan oleh Sailormoney alias Gemat.

Ingat Sailormoney selalu membahas cerita lucu di serial podcast ini. Anda dijamin akan berpikir “WTF” sepanjang waktu saat Gemat membedah berbagai hal absurd yang terjadi di Indonesia.

Episode baru selalu tayang Senin sampai Jumat. Jadijika ingin mendapatkan sensasi WTF secara rutin saat mendengarkan podcast, jangan lupa untuk mengikuti ‘WTF’. dan hentikan saja secara gratis Spotify. Anda akan merasakan betapa absurd dan menakjubkannya cerita-cerita yang muncul di podcast VICE ini, sambil tetap mengingatkan Anda bahwa semua ini…SEBENARNYA!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button