Tebing unik di Jogja, bekas tambang berubah menjadi tempat wisata yang mempesona - WisataHits
Yogyakarta

Tebing unik di Jogja, bekas tambang berubah menjadi tempat wisata yang mempesona

Tebing unik di Jogja, bekas tambang berubah menjadi tempat wisata yang mempesona

SLEMAN, iNews.id-Salah satu tebing unik di Jogja terletak di daerah Sleman. Tebing Breksi namanya. Destinasi wisata ini kini menjadi salah satu destinasi paling populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Tebing Breksi terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Lokasinya berada di selatan Candi Prambanan. Dari Candi Prambanan, ambil Jalan Prambanan-Piyungan ke selatan sekitar 3 kilometer, lalu belok kiri atau ke timur.

Tebing unik di Jogja ini berada di ketinggian sekitar 200 m dpl. Dari lokasi ini wisatawan dapat melihat dengan jelas kota Yogyakarta.

Sejarah Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah endapan abu vulkanik dari gunung api purba Gunung Semilir. Tempat ini dulunya adalah bekas tambang. Tambang ini kemudian ditutup dan masyarakat setempat mengubah bekas lokasi penambangan menjadi objek wisata yang mempesona.

Formasi batuan di tebing Breksi merupakan singkapan fenomena alam jutaan tahun yang lalu, tepatnya 20 hingga 36 juta tahun yang lalu.

Sejumlah wisatawan menikmati keindahan Tebing Breksi di Prambanan, Sleman.  (Foto: Istimewa)Sejumlah wisatawan menikmati keindahan Tebing Breksi di Prambanan, Sleman. (Foto: Istimewa)

Lokasi tebing Breksi sangat strategis karena berdekatan dengan sejumlah objek wisata lainnya. Sekitar 700 meter ke arah timur terdapat Candi Ijo, Batu Papal, Watu Payung dan sebagainya.

Di sebelah selatan tebing Breksi juga terdapat Rumah Kubah yang berjarak sekitar 6 km dan di sisi barat terdapat Candi Boko, Candi Barong dan Candi Banyunibo hingga Candi Prambanan yang berjarak sekitar 7 km dari tebing Breksi.

Pada tahun 2014, lokasi objek wisata ini ditetapkan sebagai salah satu dari sembilan Properti Geokultural Jogja. Setahun kemudian atau awal tahun 2015, pekerjaan konstruksi untuk pengembangan di Tebing Breksi dimulai.

Penerbit : Ainun Najib

Ikuti iNewsYogya News di Google News

Bagikan artikel:

Tombol berbagi baris

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button