Festival Seni Antarbudaya dan Bazaar UMKM di Kota Binjai Jadi Sarana Penggerak Ekonomi - Sumut24 - WisataHits
Jawa Tengah

Festival Seni Antarbudaya dan Bazaar UMKM di Kota Binjai Jadi Sarana Penggerak Ekonomi – Sumut24

Binjai i Sumut24.co
Perayaan Seni Budaya dan Festival Bazaar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang digelar di Lapangan Merdeka Kota Binjai. Kedepannya akan mendorong perekonomian dan menjadi media periklanan yang paling efektif untuk memperluas pemasaran produk-produk UMKM khas Kota Binjai. Hal ini didampingi oleh Ady Boby Santo selaku ketua GKBSBJ (Gerakan Keluarga Seni Budaya Jawa).
Julianto selaku ketua panitia yang juga sebagai pengurus (Sanggar Bala Dewa) di sela-sela festival seni budaya, Sabtu (11/12).

Sedikit demi sedikit terus berlanjut
berupaya menciptakan destinasi wisata baru dengan menambah jumlah pelaku UMKM dan melestarikan seni budaya Jawa dan etnik lainnya di 33 kabupaten/kota Sumut agar gelar seni dan budaya diwariskan dan tidak tergerus oleh waktu.

Kami optimis kegiatan yang akan kami selenggarakan dari tanggal 11 hingga 13 November ini memiliki konsep pelestarian seni dan budaya yang bernilai sejarah. Sehingga terus menjadi inspirasi bagi generasi muda di era digitalisasi modern.

Sementara itu, Julianto, ketua panitia, menambahkan, bazar bagi pelaku UMKM merupakan ciri khas Kota Binjai. Untuk menjadi salah satu katalis bagi pemulihan ekonomi masyarakat dan ini membutuhkan pemberdayaan kolektif.

“Kalau bukan kita, siapa lagi? Oleh karena itu, bagi elemen masyarakat dan komunitas atau bagi setiap orang, kita harus terus bersinergi melestarikan budaya dan kearifan lokal kota tercinta ini.

Pada amanat pembukaan Walikota Binjai Drs.H. Amir Hamsa. M.AP yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Binjai beserta para kepala dinas mengapresiasi kegiatan festival dan bazaar tersebut. “Kami ingin melihat kegiatan ini terus berkembang untuk menciptakan generasi yang kreatif, mandiri dan memutar roda perekonomian di tengah masyarakat kota Binjai yang multi etnis.”

Acara ini juga dimeriahkan oleh sanggar dan asosiasi seni budaya seniman Jawa Budaya Jaranan, Reog Kota Binjai. Para Debus Masters (Master Doni dan Yoga Master) juga membawakan Debus dan dihadiri oleh bintang tamu dari Kabupaten Langkat, Seni Budaya Jawa dari Yayasan Sendang Sejagad yang membawakan Debus dan tidak kalah meriahnya karena pengunjung juga dihibur oleh artis KDI Kayla dihibur.

“Kegiatan ini juga didukung dengan berdirinya Silat dan Seni Budaya Indonesia (KSSBI) di kabupaten Larangan dengan menghadirkan Festival Seni Budaya Ondel-ondel dan Bazar UMKM. rel

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button