Pantai Panrang Luhu, pantai yang indah untuk menikmati matahari terbit di Bulukumba - WisataHits
wisatahits

Pantai Panrang Luhu, pantai yang indah untuk menikmati matahari terbit di Bulukumba

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kecamatan Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Kabupaten Bulukumba merupakan kawasan wisata yang berhasil membangkitkan minat yang besar di kalangan wisatawan. Sebuah wilayah di Provinsi Sulawesi Selatan yang ikon utamanya adalah kapal Phinisi yang legendaris. Perahu dengan berbagai ukuran akan menyambut Anda begitu Anda memasuki area yang indah ini.

Tak hanya itu, terdapat pula pantai yang didominasi hamparan pasir putih luas yang memungkinkan wisatawan melakukan banyak hal. Bersepeda di pantai, jogging, bermain bersama teman dekat, mendirikan tenda, ada banyak alternatif untuk menghibur Anda selama seharian di sini.

Misalnya Pantai Panrang Luhu yang dilambangkan sebagai tempat peristirahatan terakhir masyarakat Luwu. Namun demikian, bukan berarti objek bahari ini digunakan sebagai pemakaman umum, melainkan hanya makna simbolis yang diturunkan dari kata ke kata. Berhenti di sini secara tidak langsung akan membantu Anda memiliki berbagai pengalaman yang masuk akal dalam budaya lokal.

Objek Wisata Pantai Panrang Luhu

Objek Wisata Pantai Panrang LuhuKredit gambar: Google Maps Galih Wardhana

1. Laut dengan ombak yang minim

Jangan khawatir menjelajahi area lautan di pantai yang indah ini karena ombaknya sangat bersahabat. Anda bahkan dapat pergi sedikit ke tengah jika Anda cukup mampu berenang di tempat yang dalam.

Terdapat perbedaan warna air antara tempat yang biasa digunakan wisatawan untuk berenang dengan yang tidak. Untuk spot berenang, airnya agak kehijauan dan terlihat jernih meski dilihat dengan mata telanjang. Perairan di kawasan biru tua ini biasanya dijelajahi dengan perahu atau banana boat.

Bayangkan Anda mengajak sahabat Anda menjelajahi kawasan laut bersama di Pantai Panrang Luhu. Dijamin kegiatan seperti ini bisa menambah kedekatan dan menjadi ajang seru-seruan bersama.

Dua pilihan kendaraan yang bisa dipinjam wisatawan, antara banana boat dan kano. Apa pun itu, pastikan untuk memanfaatkannya dan alangkah baiknya jika Anda tahu cara berenang untuk berjaga-jaga.

Untuk pengalaman yang lebih mengasyikkan bagi penduduk kota, lebih baik menyewa kano. Namun, banana boat biasanya mudah ditemukan di tempat wisata pemandian, tidak seperti perahu kecil ini.

2. Matahari terbit di Pantai Panrang Luhu sungguh menakjubkan

Pantai umumnya diidentikkan dengan keindahan matahari terbenam dan orang lebih menantikan fenomena ini daripada matahari terbit. Namun, datang ke Pantai Panrang Luhu akan memberikan sensasi yang berbeda.

Memang sunset yang ditawarkannya memang megah, namun sunrise-nya juga tak kalah menawan. Hal ini disempurnakan dengan pohon kelapa yang berjejer di bibir pantai sehingga sedikit menghalangi sinar matahari.

Alhasil, pancaran cahaya pagi keemasan diselimuti udara dingin akan memuaskan wisatawan. Belum lagi pasir putihnya yang seolah berkilauan dan menciptakan perpaduan alam yang menawan. Anda bisa percaya bahwa matahari terbit di tempat estetis ini akan menjadi salah satu ikon alam yang Anda saksikan dalam hidup Anda.

Namun, untuk memanfaatkannya, Anda bisa datang lebih awal saat suasana benar-benar tenang. Atau mungkin, berpiknik semalaman agar bisa langsung menyaksikan matahari terbit saat hari berganti pagi.

Jika sudah siap untuk piknik di Pantai Panrang Luhu, Anda tidak perlu keluar rumah atau hostel terlalu pagi. Keluar saja dari tenda, hirup udara segar dan tunggu matahari yang kuat muncul di balik awan yang biasanya masih berwarna abu-abu.

3. Wilayah pesisir yang luas

Bagi Anda yang menginginkan liburan pantai dengan kawasan pantai yang luas, Pantai Panrang Luhu adalah pilihan yang sangat tepat. Meski suasananya ramai, kawasan ini cukup untuk tetap melegakan hati.

Menghadap laut, tidak ada yang menghalangi pandangan sejauh mata memandang. Hanya perahu nelayan yang berlabuh rapi penuh warna dan itu saja yang membuatnya semakin meriah. Anda bisa sesumbar datang ke pantai ini sesampainya di rumah dan kemudian bertemu keluarga.

Area pantai yang luas juga memungkinkan untuk dipilih sebagai akomodasi liburan dengan rombongan besar. Anda bisa berkunjung dengan mengandalkan kendaraan roda empat lalu nongkrong hingga tidak ada lagi yang bisa dijelajahi.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Panrang LuhuKredit gambar: Google Maps Galih Wardhana

Pergi ke desa Bira untuk melihat indahnya panorama pantai Panrang Luhu. Anda harus menempuh jarak lebih dari 30 km dari pusat Kabupaten Bulukumba, namun hasilnya dijamin membahagiakan.

Destinasi cantik ini merupakan salah satu pemandian kebanggaan di provinsi Sulawesi Selatan, jadi pastikan untuk mencobanya. Membentang indah di kawasan Bonto Bahari, tak perlu khawatir dengan kontur jalan karena kondisinya cukup bersahabat.

Biaya sebesar Rp 5.000 sudah cukup untuk mendapatkan tiket masuk ke pantai cantik ini. Namun, jika Anda datang dengan membawa kendaraan, Anda harus membayar biaya tambahan sebesar Rp5.000 untuk roda dua dan Rp10.000 untuk roda empat.

Sedangkan untuk fasilitas lainnya seperti persewaan tenda bisa didapatkan dengan tarif Rp 30.000 per buah. Anda dapat mengobrol dengan sekelompok teman jika datang ke sini untuk tujuan berkemah.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Panrang Luhu

Aktivitas seru di Pantai Panrang LuhuKredit gambar: Google Maps Imam Budiman

1. Kamp

Mengambil setidaknya satu hari di Pantai Panrang Luhu untuk berkemah akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Hamparan zona pantai memungkinkan Anda membangun tenda tanpa kesulitan.

Selain itu, tekstur pasirnya relatif halus sehingga tetap nyaman meski duduk tanpa alas. Tentunya untuk kegiatan berkemah Anda tetap membutuhkan alas sebagai tempat tidur karena udara malam bisa sangat dingin.

Selanjutnya, pastikan Anda mengikuti survei dengan serius sebelum menghabiskan waktu di sini. Periksa dengan cermat seberapa tinggi permukaan laut akan naik saat air pasang, biasanya tiga meter dari pantai saat air surut.

Tentunya Anda tidak ingin tersapu ombak saat tidur atau bercengkerama di dalam tenda. Oleh karena itu, tanyakan kepada penduduk setempat di mana batas maksimum pasang surut. Maka yang harus Anda lakukan adalah membangun tenda di luar zona pasang surut agar Anda tetap merasa nyaman hingga tiba di rumah.

2. Joging

Sesuai dengan sajian sunrise yang luar biasa, Pantai Panrang Luhu juga bisa Anda andalkan untuk menggelar kegiatan olahraga seperti jogging. Pilihan ini bisa dipadukan dengan berkemah sehari sebelumnya.

Di pagi hari, Anda bisa keluar dari tenda, memakai sepatu olahraga, dan berlari di atas pasir sambil berjemur di bawah sinar matahari. Jika ingin merasakan suasana alam secara maksimal, ada baiknya simpan smartphone sejenak agar tidak terganggu.

Namun, jika Anda ingin mengabadikan keindahannya, mintalah bantuan teman atau ambil foto sebelum Anda mulai berlari. Manfaatkan segala potensi yang bisa didapatkan di sini. Pasalnya, udara pagi di pantai yang berbau asin akan membuat Anda merasa segar dan bersemangat.

3. Berhenti untuk melihat Pinisi

Sayang sekali jika Anda datang ke Kabupaten Bulukumba namun melewatkan kesempatan untuk melihat Pinisi. Pasalnya, kawasan ini merupakan lokasi Kapal Legendaris sekaligus lokasi Pembuat Kapal Kayu.

Mungkin butuh sedikit usaha untuk menemukan tempat pembuat perahu kayu itu. Namun, tidak akan terasa sia-sia jika Anda ingin membuang waktu, karena berpotensi untuk menambah informasi.

Dalam perjalanan kembali dari pantai Panrang Luhu, Anda bisa mampir ke produser untuk melihat-lihat atau melakukan sesi wawancara singkat. Bisa juga dijadikan kegiatan tambahan yang bisa membuat Anda menjelajahi keindahan Kabupaten Bulukumba.

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantaiKredit gambar: Google Maps Nafriwati Dahlan

Ada barbekyu yang disewa oleh pengelola dan Anda dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. Untuk memberikan sentuhan kemewahan liburan di pantai Panrang Luhu, alangkah baiknya jika anda ingin memanfaatkan kesempatan ini. Ajak teman dan keluarga Anda untuk mencicipi seafood bakar sambil menikmati panorama megah yang mengelilinginya.

Soal fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pokok, tidak perlu diragukan lagi karena sudah disediakan, misalnya toilet. Jika ingin menginap, ada dua pilihan tempat bermalam, yaitu di tenda atau penginapan. Keduanya bisa disewa secara bebas dengan harga yang tidak kalah menguntungkan masyarakat luas.

Butuh istirahat? Berhentilah di titik-titik lookout yang tersebar di sekitar area pantai dan biarkan tubuh Anda rileks. Bawa serta buku atau hiburan lain yang bisa mengimbangi rasa canggung hanya duduk di atas papan kayu tanpa tujuan yang jelas.

Pantai Panrang Luhu merupakan akomodasi liburan laut dengan kondisi yang menggiurkan. Harga di sini relatif murah, meski layanannya cukup mengesankan. Tidakkah Anda ingin mencoba apa yang ditawarkannya?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button