Sayang jika tidak mencoba kuliner khas dari Pemalang, Nasi Grombyang hingga Lontong Dekem - WisataHits
Yogyakarta

Sayang jika tidak mencoba kuliner khas dari Pemalang, Nasi Grombyang hingga Lontong Dekem

Sayang jika tidak mencoba kuliner khas dari Pemalang, Nasi Grombyang hingga Lontong Dekem

TEMPO.CO, jakarta – Kabupaten Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di jalur utama pantai utara (Pantura) Pulau Jawa. Mirip dengan banyak daerah lain, Pemalang memiliki beberapa kuliner khas yang menggoyang lidah. Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Pemalang yang bisa Anda cicipi saat lewat atau berkunjung ke Pemalang.

1. Nasi Grombyang

Nasi grombyang merupakan makanan khas Pemalang yang menyerupai nasi campur. Nasi grombyang berisi potongan daging sapi dengan kuah dan ditambah sate kerbau. Makanan ini dinamakan grombyang karena isi dan kuah dalam penyajiannya yang lebih banyak kuahnya sehingga terlihat goyah.

Lontong Dekem. Kunjungi jawateng.jatengprov.go.id

2. Lontong Dekem

Lontong dekem merupakan makanan khas Pemalang berupa lontong yang disiram kuah kuning. Satu porsi Lontong Dekem berisi irisan Lontong, santan kuning, parutan kelapa, remah kerupuk dan alas goreng. Sepintas kuah lontong ini terlihat seperti opor sop, namun ternyata konsistensi kuah lontong dedem lebih encer. Lontong Deem memiliki perpaduan rasa pedas dan gurih.

3. Negara Bagian Loso

Sate Loso merupakan masakan khas Pemalang yang menggunakan daging kerbau sebagai bahan dasarnya. Sekarang ada juga Sate Loso dengan daging sapi. Saat menyiapkan Sate Loso, dagingnya terlebih dahulu direndam lalu dipanggang. Bumbu sate loso ada dua jenis yaitu bumbu sate dan bumbu kacang. Namun nama sate ini berasal dari pembuat pertama sate ini yaitu Mbah Loso.

4. Apem Komal

Apel comal adalah salah satu jajanan khas Pemalang. Jajanan ini terbuat dari campuran tepung terigu dan gula aren. Apem ini memiliki rasa manis yang berpadu dengan rasa gurih. Saat Anda berkunjung ke Pemalang, Anda akan dengan mudah menjumpai penjual apem comal.

5. Ogel Ogel

Ogel-ogel merupakan salah satu oleh-oleh khas Pemalang. Ogel-ogel menyerupai kerupuk dengan bentuknya yang kecil dan lonjong. Ogel-ogel berwarna putih dan memiliki rasa yang gurih. Bagi banyak wisatawan, ogel sering dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke Pemalang.

EIBEN HEIZIER

Baca Juga: 10 Makanan Khas Jalur Pantura dan Pantai Selatan untuk Rehat dan Recharge Tenaga

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button