Tren Pariwisata Spontan Meningkat, Sandiaga Optimis Target 1,4 Miliar Wisman Tercapai: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Tren Pariwisata Spontan Meningkat, Sandiaga Optimis Target 1,4 Miliar Wisman Tercapai: Okezone Travel

Tren Pariwisata Spontan Meningkat, Sandiaga Optimis Target 1,4 Miliar Wisman Tercapai: Okezone Travel

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, wisata spontanitas merupakan tren wisata yang mengalami peningkatan sebesar 14 persen pada tahun 2022.

“Lebih dari 2,4 juta pemesanan dilakukan sehari sebelum trip yang baru dia pesan, atau bahkan di hari trip yang baru dia pesan,” kata Sandi dalam konferensi pers online, seperti dikutip Diantara.

Menurutnya, destinasi wisata mendadak Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 masih dikuasai Bali terlebih dahulu, kemudian destinasi lain Bandung, Jogja, Jakarta, Semarang juga menjadi destinasi unggulan.

Infografis Wisata Kebun Raya di Indonesia

Tren swawisata diperkirakan akan semakin cepat mencapai 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara dengan nilai kontribusi PDB pariwisata melebihi 4 persen pada tahun 2023.

Selain itu, Sandiaga mengungkapkan, wisata spontanitas meningkat karena adanya relaksasi aturan PPKM sehingga memungkinkan wisatawan leluasa bergerak, terutama saat berwisata.

Sementara untuk mendorong kemajuan pariwisata dan industri kreatif, pihaknya mendorong promosi mulai dari wisata edukasi, travel fair hingga wisata keluarga terpadu dengan menjadi desa wisata sebagai tujuan wisata spontan.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

Ia juga berharap wisatawan bisa menjadikan desa wisata yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia menjadi destinasi wisata dadakan.

Kecenderungan melakukan perjalanan wisata spontanitas secara kuantitatif berkontribusi besar dalam mendorong pergerakan wisatawan nusantara.

Infografis tujuan perjalanan prioritas utama

Karena itu. Sandiaga mengimbau untuk meningkatkan ketersediaan kursi transportasi seperti pesawat dan kereta api.

Untuk itu, Kemenparekraf akan terus berkoordinasi dengan Kemenhub dan berbagai pihak untuk memastikan ketersediaan kursi domestik dan internasional serta kapasitas angkutan darat (kereta api, bus) dan laut.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button