10 tradisi unik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, nomor 6 ekstrim! : Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

10 tradisi unik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, nomor 6 ekstrim! : Okezone Travel

PALING SEDIKIT Ada 10 tradisi unik dan menarik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Sebagai negara yang majemuk, Indonesia memiliki beragam suku, suku, agama, budaya, dan tradisi.

Setiap daerah dan suku nusantara memiliki tradisi budayanya masing-masing dan berbeda dengan yang lainnya. Tentunya ini adalah salah satu kekayaan Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain di dunia.

Lantas apa saja tradisi unik dan menarik yang menjadi keunikan Indonesia? Simak ulasannya:

1. Ma’nene, Sulawesi Selatan

Orang Toraja di Sulawesi Selatan menjunjung tinggi tradisi budaya mereka. Mereka rutin menggelar ritual adat seperti Ma’nene yang kini menjadi objek wisata. Ma’nene berlangsung setiap 3 tahun sekali.

Tradisi ini dilakukan dengan membawa jenazah ke kuburan kemudian dibersihkan dan berganti pakaian. Tubuh laki-laki didandani dengan jas, sedangkan tubuh perempuan didandani dengan gaun. Tradisi ini berfungsi sebagai pengingat akan pentingnya mendoakan keluarga almarhum terlebih dahulu.

ilustrasi

Ritual Ma’nene di Toraja (Okezone.com/Jufri Tonapa)

2. Ritual Tiwah, Kalimantan Tengah

Sama halnya dengan suku Toraja, suku Dayak Kalimantan Tengah juga memiliki tradisi yang didedikasikan untuk orang yang sudah meninggal. Upacara Tiwah dilakukan dengan cara membawa tulang belulang orang yang sudah meninggal ke Rumah Sandung.

Tradisi ini bertujuan untuk menumpahkan perjalanan jiwa dari orang tersebut ke Lewu Tata atau yang berarti surga. Tak hanya itu, tradisi ini juga diyakini menghilangkan kesialan bagi anggota keluarga yang ditinggalkan.

3. Bau Nyale, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Masyarakat Lombok mungkin sudah tidak asing lagi dengan tradisi yang satu ini. Ya, tradisi mencium nyale atau mencari cacing warna-warni di pantai selatan Lombok.

Tradisi tahunan ini biasanya terjadi pada tanggal 20 bulan 10 dan dilakukan berdasarkan penanggalan masyarakat Sasak. Masyarakat Lombok percaya bahwa Nyale adalah jelmaan seorang putri berwajah cantik yang terkait dengan legenda Lombok Tengah.

4. Batombe, Sumatera Barat

Tradisi unik ini hanya ada di Sumatera Barat. Tradisi ini dibawakan dengan pantun.

Batombe biasanya dipentaskan saat membangun rumah gadang dan bertujuan untuk menghibur para pekerja agar lebih semangat. Orang tidak hanya berima, mereka juga harus menari.

5. Grebeg Syawal, Yogyakarta

Salah satu tradisi yang sering dinantikan wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta adalah Grebeg Syawal. Tradisi ini menjadi icon Jogja yang masih bertahan hingga saat ini.

Tradisi ini dilakukan setelah bulan Ramadhan sebagai perayaan Idul Fitri. Hal ini dilakukan melalui parade Gunungan Kakung dan Gunungan Putri yang berisi hasil bumi sebagai simbol sedekah Sultan kepada rakyatnya. Uniknya, kandungan gunung-gunung ini sering dijadikan buah apel dan dipercaya membawa berkah.

Baca juga: Buka cabang di Mall Serang, Kasoem Vision Care menawarkan ujian penglihatan yang “berbeda” dari yang lain

6. Potong jarimu, Papua

Suku Dani Papua memiliki tradisi yang sangat ekstrim terkait dengan kematian, yaitu ritual potong jari ketika ada anggota keluarga yang meninggal.

Tradisi potong jari dilakukan sebagai bentuk kesedihan karena salah satu anggota keluarga telah meninggal dan melambangkan bentuk persatuan, keharmonisan dan kekuatan dalam diri sendiri dan keluarga.

7. Dugderan, Semarang

Jika ada tradisi Grebeg Syawal di akhir bulan puasa, berbeda dengan Semarang dimana awal bulan puasa selalu ditandai dengan hebohnya acara Dugderan. Dugderan adalah tradisi yang dilakukan dengan anggur Warak Ngendok.

Warak ngendok adalah hewan yang memiliki tubuh seperti kambing tetapi memiliki kepala naga dan kulit bersisik emas.

8. Gigi tajam, Mentawai

Setiap daerah memiliki cita-cita keindahan tersendiri, seperti halnya suku Mentawai di Sumatera Barat. Suku Mentawai yang mendiami pulau-pulau di tengah Samudera Hindia ini memiliki 3 kriteria kecantikan, yaitu telinga panjang, badan atau titi di badan, dan gigi runcing.

ilustrasi

Padahal, tradisi membuat gigi runcing dipercaya bisa membuat wanita semakin cantik.

9. Tradisi Tarung Betis, Sulawesi Selatan

Tradisi ini hanya ada di Sulawesi Selatan. Ya, tradisi adu anak sapi ini sebagai bentuk rasa syukur para petani atas musim panen.

Tradisi ini umumnya dilakukan di Dusun Paroto, Desa Sanaeko, Barebbo, Bone, Sulawesi Selatan. Pion akan membuat permainan malanca.

10. Kebo-keboan, Banyuwangi

Tradisi yang sering dilakukan setahun sekali di Desa Alasmalang, Singorujug, Banyuwangi ini cukup unik. Bagaimana tidak, laki-laki harus berdandan seperti kerbau dan bertingkah seperti kerbau saat membajak sawah.

Setelah itu, kerbau digiring melewati desa dengan diiringi kesenian karnaval rakyat. Tradisi ini bertujuan untuk meminta hujan di musim kemarau.

Itulah 10 tradisi unik dan menarik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia yang wajib diketahui para traveler. (sal)


Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button