Reviola Beach Batam - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Reviola Beach Batam – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Reviola salah satu resor populer di wilayah ini Barelang, Batam dengan hamparan pasir putih yang indah. Pantai dengan pemandangan alam yang memukau didukung dengan fasilitas wisata yang lengkap.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Kasus: Cek lokasi

Pantai Reviola awalnya hanya sebuah maquis. Tidak heran ada banyak pohon yang tersisa di sini. Kondisi lingkungan selalu terjaga agar udara cukup sejuk. Pelan tapi pasti sejumlah perbaikan terus dilakukan secara berkesinambungan.

Letaknya berdampingan dengan pantai yang ada. Meski begitu, pamornya tak kalah terkenal dengan objek wisata ini. Selain itu, memiliki keunggulan hamparan pasir yang relatif lebih luas. Sebagai ikon baru di kabupaten Barelang Batam, kehadirannya cukup mencolok.

Lanskap Pantai Reviola terlihat proporsional dari berbagai sudut. Butiran pasir putih halus saat diinjak, angin sepoi-sepoi meniup bau garam, serta bebatuan yang berserakan di beberapa bagian. Resmi baru beroperasi sejak 2020, beragam aktivitas seru patut dicoba saat berkunjung ke sini.

Atraksi pantai Reviola

Aktivitas di Pantai ReviolaKredit gambar: Google Maps GT Gea

1. Pondok kecil beratap jerami

Setelah diubah menjadi objek wisata, pengelola membangun sejumlah pondok kecil di sini. Atapnya terbuat dari ilalang, ditopang oleh empat tiang kayu dan dikelilingi pagar bambu setinggi betis orang dewasa. Bentuk umumnya sangat sederhana. Namun, cukup nyaman dipakai untuk beristirahat.

Tersebar di hampir seluruh area Pantai Raviola, ukurannya bervariasi dengan biaya referensi sekitar Rp 75.000 – Rp 200.000. Penyewaannya juga menyesuaikan durasi pemakaian. Tempat sampah sengaja diletakkan di dekat pintu masuk setiap kabin. Anda tidak perlu repot mencari tempat sampah.

2. Pohon serbaguna

Berbagai pohon dibiarkan tumbuh memenuhi ladang. Mulai dari pinus, bakau, hingga kelapa. Tinggi rata-rata mencapai 1,5 meter. Meskipun cuaca pantai umumnya dikenal terik, Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat berteduh.

Selain itu, pohon juga bisa memberikan kesenangan lain. Misalnya, dengan mengatur tempat tidur gantung sebelum datang ke sini. Kemudian temukan pohon terdekat yang cukup besar untuk menggantung barang itu. Setelah persiapan selesai, Anda bisa berbaring sambil menikmati semilir angin dan suara deburan ombak.

3. Plot yang luas dan teratur

Saat pertama kali memasuki Pantai Reviola, Anda akan disuguhkan dengan lahan yang luas, landai dan terawat. Pohon ditanam secara teratur agar tidak menghalangi pandangan. Menariknya, tempat parkirnya dibangun terpisah dan agak jauh dari tempat tujuan. Anda harus berjalan beberapa meter sekali keluar dari kendaraan.

Berbagai referensi aktivitas seru bisa kamu lakukan di muka bumi ini. Sebut saja piknik, foto-foto, jalan-jalan anak kecil, dll. Bahkan, jika Anda datang dengan rombongan besar, suasananya cukup kondusif untuk didirikan keluar. Manfaatkan waktu luang Anda untuk bersenang-senang.

4. Lingkungan terawat dan bersih dengan air bersih

Objek wisata yang dimiliki Pantai ReviolaKredit gambar: Google Maps Radinal Mahfur

Tempat sampah disediakan dengan arah yang berbeda, pihak pengelola juga secara berkala melakukan perawatan. Tidak ada sampah berserakan di sekitar yang bisa membuatnya terlihat kotor dan kumuh. Jika Anda menemukannya, kemungkinan besar itu adalah daun mati atau cabang pohon yang patah.

Seolah itu belum cukup, Anda akan selalu dimanjakan dengan air bersih. Tidak hanya laut, tetapi juga air di kamar mandi. Tidak perlu khawatir iritasi kulit setelah dibilas. Warna lautnya terlihat kebiru-biruan, asik banget dipandang mata. Intensitas ombaknya cukup tenang, sehingga aman untuk dimainkan oleh anak-anak.

5. Ayunan panjang dan bangku

Ada sejumlah ayunan di Pantai Reviola. Bahan dasarnya adalah kayu yang digantung menggunakan tali. Ada yang menempel pada batang pohon, ada pula yang menggunakan tiang tiruan. Tempat Ayunan tersebut tersebar di beberapa lokasi, baik yang dekat air maupun yang jauh.

Bagi yang enggan terciprat air, sebaiknya pilih tempat di antara pepohonan. Anda masih bisa menyaksikan ombak menggulung di lautan. Jika Anda berencana untuk berenang atau sekedar berbasah-basah, tak ada salahnya mencoba berayun di hamparan pasir.

Selain itu, ada juga bangku panjang yang langsung menghadap ke laut, bisa digunakan untuk istirahat tanpa mengeluarkan modal. Hanya saja seringkali pengunjung lain mengantre untuk berfoto. Jadi Anda harus siap untuk berbagi meskipun Anda datang lebih dulu.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Pantai Reviola

Alamat Pantai ReviolaKredit gambar: Google Maps Jihan

Melayang sejauh 76 kilometer, dibutuhkan setidaknya 1 jam 30 untuk mencapai Pantai Reviola. Bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi. Berdasarkan kantor Walikota Batam, Anda akan mengambil jalan berkelok-kelok menuju kawasan Galang Baru.

Dari Jalan Engku Putri Utara, tepat di bundaran, ambil jalan keluar pertama menuju Jalan Ahmad Yani. Lanjutkan ke Jalan Trans Sulphur, kurang lebih 63 kilometer, bersiaplah untuk berbelok tajam ke kiri menuju tempat tujuan Anda.

Tanda paling mencolok di dekat pantai adalah menara telekomunikasi. Sebelum itu, Anda akan melewati pemandangan yang mempesona di sepanjang jalan. Tidak sulit untuk menemukannya karena masih dalam wilayah administrasi Kota Batam, Kepulauan Riau.

Kategori tiket masuk yang ditetapkan pengelola cukup bervariasi. Sesuaikan dengan kelengkapan destinasi Anda di sini. Jika hanya ingin masuk ke dalam permainan tanpa menginap, pengunjung dikenakan biaya Rp 10.000. Datang dengan maksud menginap dan membawa perlengkapan sendiri, maka biayanya Rp 20.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Reviola

Kegiatan menarik Pantai ReviolaKredit gambar: Google Maps daniafroe 666

1. Sewa banana boat

Tarif banana boat adalah Rp 150.000 untuk total penumpang hingga 6 orang. Dengan menyewa fasilitas olahraga ini, Anda bisa menjelajahi lautan. Lebih seru lagi kalau kamu datang bersama teman bermainmu, sangat menantang dan seru.

2. Masak

Dapur bisa menjadi referensi aktivitas yang unik. Siapkan peralatan dasar dari rumah. Tak perlu menu yang mewah, pokoknya asyik jalan-jalan bersama keluarga. Menu alternatif berupa singkong atau kentang goreng. Ini juga berguna untuk menghemat uang selama tur.

3. Berenang

Aktivitas menarik di Pantai ReviolaKredit gambar: Google Maps Mac Tio

Aktivitas masyarakat umum, tapi selalu menarik untuk dicoba. Lebih menyenangkan lagi jika Anda membantu mengajar anak kecil. Perairan Pantai Reviola dikelilingi oleh ombak yang tenang. Jika Anda terlalu khawatir, Anda bisa berenang di dekat pantai.

4. Berjalan-jalan di sepanjang pantai

Garis pantai diperkirakan 800 meter. Ukurannya tidak terlalu panjang untuk digambar. Anda bisa mencoba aktivitas ini bersama pasangan. Waktu terbaik adalah sore hari. Berjalan-jalan sambil menunggu matahari terbenam.

Yang terbaik adalah memakai topi lebar untuk menghalangi sinar matahari langsung. Dari waktu ke waktu, Anda juga bisa mencari kerang unik di tumpukan pasir. Tidak apa-apa jika Anda ingin melepas sepatu karena tekstur pasirnya cukup lembut.

5. Bermain sepak bola atau bola voli

Siapkan bahannya dari rumah. Buat kencan dengan teman-teman. Pastikan semua orang dalam kelompok siap untuk berpartisipasi. Tetapkan aturan dan hukuman untuk membuatnya lebih menarik.

Penginapan murah terdekat dengan Pantai Reviolas

Akomodasi Pantai ReviolaKredit Gambar: Google Maps D Nova Santi

1. Pulau Labun

Hostel ini menawarkan panorama indah khas pantai. Bangunan ini menjulang di atas air yang ditopang oleh kerangka tiang. Bagian jembatan terbuat dari kayu untuk menghubungkan dengan daratan. Itu terlihat sangat estetis. Anda bahkan bisa menyelam dan snorkeling sementara di sini.

Fasilitas berupa toilet yang terawat, kamar yang rapi, mandi, restoran, serta berbagai wahana air. Lingkungan asri, terletak cukup jauh dari kepadatan kota. Hanya 15 menit dari pantai Reviola. Masih di wilayah Galang Baru. Menginap di Pulau Labun seperti tinggal di pulau pribadi.

2.Stasiun SBS

Bisa dikatakan pelayanannya memuaskan karena pegawainya ramah dan tidak segan-segan membantu. Pemandangan yang ditawarkan sangat menawan, begitu alami dan terjaga. Posisinya di tepi pantai, dilengkapi dengan hamparan laut lepas.

Hanya saja cuaca pada siang hari cukup menggigit karena minimnya pepohonan yang dilindungi. Secara keseluruhan, nilainya mengesankan. Terletak di dekat Jembatan 5 Barelang, fasilitas ini masih dalam pengembangan. Bahkan ada area berkemah di sini.

Anda bisa memilih tiga kategori akomodasi yaitu glamping, water villa dan camping. Nuansa outdoor menjadi daya tarik tersendiri. Terpisah sekitar 19,7 kilometer dari pantai Reviola, dibutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk berkeliling dengan sepeda motor.

3. Stasiun Morelo Kelong

Akomodasi yang sangat sederhana. Bahan dasar bangunan menggunakan papan kayu. Letaknya agak jauh dari pantai, agak di tengah laut. Agaknya, inilah yang menarik dari Morelo Kelong Resort. Anda harus menyeberangi jembatan kayu untuk mengakses pintu masuk.

Area bermain anak-anak juga disediakan. Semacam tempat pemancingan yang dilapisi jaring. Ada juga ayunan yang digantung di tengah laut. Lebih dari itu, panorama matahari terbenam di sini tidak terlalu menawan.

Fasilitas yang tersedia di Reviola Beach Batam

Fasilitas Pantai Reviola PantaiKredit gambar: Google Maps GT Gea

Kegiatan di sini cukup lengkap. Kamar mandi, mushola, ruang flushing, warung makan, dll. Pihak pengelola berusaha semaksimal mungkin memenuhi semua kebutuhan pengunjung. Hanya saja warung makan tidak buka sepanjang waktu. Jadi akan lebih baik jika Anda membawa perbekalan sendiri untuk berjaga-jaga.

Pantai Reviola merupakan objek wisata bahari baru. Sejauh ini, diperkirakan kualitas dan pelayanan akan terus meningkat. Oleh karena itu, pastikan untuk merawat fasilitas umum agar lebih awet saat Anda berada di sini untuk rekreasi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button