Kebun Raya Cibodas, destinasi wisata favorit untuk liburan keluarga di Cianjur - WisataHits
wisatahits

Kebun Raya Cibodas, destinasi wisata favorit untuk liburan keluarga di Cianjur

Harga tiket: Rp16.500, Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl.Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Kawasan konservasi berbagai jenis flora sekaligus tempat wisata ini terletak di kawasan perbukitan Bogor, Jawa Barat. Sering disebut masyarakat luas sebagai Kebun Raya Cibodas, selain terkenal dengan lingkungan perbukitannya yang sejuk khas, tempat ini juga banyak dikunjungi wisatawan pada umumnya.

Tempat yang dulunya merupakan perkebunan milik Belanda itu kini menjadi tempat wisata yang menawarkan beragam wahana di Cianjur. Anda dan keluarga juga akan dimanjakan dengan keseruan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata ini.

Jika Anda berencana berlibur ke tempat wisata dengan suguhan outdoor, Kawasan Konservasi Flora Kebun Raya Cibodas mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut beragam informasi mengenai tempat wisata tersebut, mulai dari harga tiket, atraksi hingga itinerary perjalanan.

Daya Tarik Kebun Raya Cibodas

Objek Wisata Kebun Raya CibodasKredit gambar: Twitter Buku Harian Kecantikan

1. Sebagai tempat konservasi flora

Tempat wisata ini pertama kali dibangun dengan tujuan utama menanam buah kina pada masa penjajahan Belanda. Hal ini dibenarkan oleh tempat wisata itu sendiri melalui kilasan sejarah yang menceritakan awal mula berdirinya tempat wisata tersebut.

Namun, karena buah kina tidak cocok ditanam di ketinggian lebih dari 1200 m, tempat tersebut diubah menjadi tempat penanaman flora endemik nusantara. Seiring waktu, koleksi flora endemik menjadi semakin penting dan jenis baru datang dari luar negeri.

Kemudian pada tahun 2003, pemerintah saat itu meresmikan Kebun Raya sebagai tempat untuk melestarikan berbagai jenis flora. Kemudian karena letaknya yang strategis untuk dibuka sebagai tempat wisata, maka tempat konservasi tersebut dibuka sebagai tempat wisata baru.

2. Suasana sejuk dan asri

Berada di daerah perbukitan, tempat wisata ini memiliki suhu rata-rata 18-20°C. Sehingga suasana sejuk khas daerah perbukitan masih terasa saat pertama kali memasuki tempat wisata tersebut.

Apalagi saat berangkat saat matahari belum terbit atau masih pagi, suhu dingin akan terasa seperti udara dari lemari es yang terbuka. Dengan demikian, kebutuhan akan baju hangat akan menjadi kebutuhan pokok bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan hawa dingin.

Namun, bukan hanya hawa dingin yang menarik wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata ini, tetapi juga karena banyaknya pepohonan yang tampak tumbuh subur. Nuansa indah pepohonan rindang, akan berpadu dengan dinginnya udara khas perbukitan yang menyejukkan.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket Kebun Raya Cibodas

Alamat Kebun Raya CibodasKredit Gambar: Google Maps Go Van

Kebun raya ini terletak di Sindangjaya yang masih satu kawasan dengan Cipanas. Tempat-tempat wisata ini mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jalan yang akan Anda lewati juga dalam kondisi baik dan sudah beraspal.

Jika Anda memulai dari ibu kota Jakarta, hanya akan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Setelah meninggalkan ibu kota melalui jalan raya, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Puncak Bogor. Jika Anda pergi pada siang hari, kemungkinan besar Anda akan terjebak macet.

Namun, ada hal lain yang bisa Anda pilih untuk menghindari kemacetan, termasuk berangkat pagi-pagi sekali. Meski perbukitan khas Jawa Barat terasa lebih dingin, hal ini tidak menjadi masalah, karena demi menghindari kemacetan parah.

Setelah bertemu pertigaan menuju Jalan Cibodas, kendaraan Anda akan berbelok ke kiri hingga sampai di lokasi wisata. Berjarak sekitar 4 km dari perempatan, Anda akan melihat pintu masuk Kebun Raya Cibodas.

Kondisi jalan yang terlihat lebih lebar dan curam akan Anda lewati saat memasuki kawasan Cimacan dari Jalan Cibodas. Namun, kondisi kendaraan yang Anda gunakan sendiri harus tetap dalam kondisi prima karena kawasan perbukitan terkenal dengan tanjakan yang curam dan tikungan tajam.

Bagi Anda yang ingin menggunakan angkutan umum, Anda dapat memilih jenis angkutan umum yang banyak dijumpai di wilayah Bogor. Anda dapat mengambil rute yang sama, jika Anda memulai dari ibu kota atau daerah lain.

Jika ingin berkunjung ke kawasan wisata Kebun Raya Cibodas dengan keindahan alamnya yang mempesona, Anda bisa membayar tiket seharga Rp 16.500 per orang. Harga tersebut berlaku baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara, karena wisatawan asing sering berkunjung ke tempat wisata ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Kebun Raya Cibodas

Aktivitas Kebun Raya CibodasKredit gambar: Google Maps Aditya Nugraha

1. Berfoto dengan spot yang berbeda

Wisatawan yang suka mengabadikan setiap momen di tempat wisata ini wajib mencoba beberapa spot foto yang sudah disediakan. Selain pemandangan perbukitan yang hijau, ada beberapa tempat lain yang memiliki keindahan lain.

Sebut saja taman sakura yang berada di dekat pintu masuk, kamu bisa menjadikan lokasi taman bunga sebagai latar belakang yang lebih menarik. Jika Anda berkesempatan melihat pohon sakura ini, warna pink kelopaknya akan berjatuhan memenuhi setiap jalan.

Selain itu, berbagai jenis kupu-kupu akan terbang di sekitar bunga sakura. Tentu saja, jika Anda berfoto dengan bunga sakura, Anda akan merasa seperti sedang berwisata ke luar negeri.

2. Perkemahan

Kebun raya ini juga menawarkan area camping yang memiliki luas hingga lebih dari 2 hektar. Wisatawan yang ingin bermalam di tenda-tenda yang ada di area camping bisa merasakan alam terbuka dengan terlebih dahulu meminta izin kepada pengelola.

Nuansa malam di tempat wisata akan sangat berbeda, dimana udara dingin khas perbukitan akan sangat terasa saat malam tiba. Keperluan berkemah, seperti selimut atau jaket tebal, jangan sampai ketinggalan dari tas Anda, jika tidak ingin terkena hipotermia.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat wisata alam yang menarik ini, wisatawan yang telah menyelesaikan kegiatan berkemah dapat membawa kembali sisa sampah yang dihasilkan. Jika hal ini terus berlanjut, ke depan kebersihan lokasi wisata akan terus terjaga.

3. Bersepeda

Selain bisa menggunakan mobil untuk berkeliling kawasan wisata, ada juga persewaan sepeda untuk berkeliling di kalangan wisatawan. Bagi Anda yang terlalu lelah untuk berjalan ratusan meter, Anda dapat menikmati sepeda ini berkeliling.

Kebun Raya Cibodas yang memiliki luas 80 hektar tentu akan terasa melelahkan jika berjalan kaki mengunjungi setiap sudut tempat tersebut. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan menyewakan sepeda untuk wisatawan, Anda bisa berkeliling sepuasnya dengan kendaraan roda dua yang ramah lingkungan ini.

Selain itu, jumlah sepeda yang disediakan cukup banyak, sehingga Anda tidak perlu mengantri lama untuk dapat menggunakan angkutan tersebut. Anda bisa mencoba aktivitas menarik ini, terutama harga sewa yang masih relatif terjangkau.

4. Rekreasi keluarga

Aktivitas di Kebun Raya CibodasKredit gambar: Google Maps Yansen Dino

Jika Anda pergi bersama keluarga tercinta, kegiatan rekreasi bisa menjadi pilihan yang tepat di tempat wisata ini. Di dalam tempat wisata terdapat padang rumput yang luas yang bisa menjadi tempat favorit Anda untuk rekreasi keluarga.

Dengan menggelar tikar kecil atau duduk langsung di halaman rumput, Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar sambil bercanda dengan orang yang Anda cintai. Anak-anak akan bebas berlarian kesana kemari, karena padang rumputnya memiliki luas yang hampir seluas lapangan sepak bola.

Selain menikmati keindahan alam padang rumput, ada dua air terjun di Kebun Raya Cibodas yang airnya mengalir ke sungai alami. Anda dan keluarga akan bisa merasakan kesejukan air dengan mencelupkan kaki sebentar ke arus sungai.

5. Cobalah menunggang kuda

Di tempat wisata ini terdapat wahana edukasi berupa olahraga berkuda yang bisa dicoba sendiri oleh setiap wisatawan. Ditemani pendamping profesional, Anda tidak perlu khawatir menunggangi kuda yang tingginya lebih dari satu meter.

Setelah Anda duduk di atas punggung kuda dan siap untuk memulai perjalanan, Anda akan diajak mengunjungi beberapa tempat di destinasi wisata tersebut. Dilengkapi dengan pengaman tertentu seperti helm dan sepatu khusus, sehingga Anda akan terlihat lebih gagah saat berada di atas hewan ini.

Fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Cibodas Cianjur

Fasilitas Kebun Raya CibodasKredit gambar: Google Maps Salem Aldhawi

Di kawasan Botanical Gardens, Anda bisa menemukan berbagai fasilitas yang telah disediakan untuk para wisatawan yang berkunjung. Bagi Anda yang datang ke tempat wisata ini bersama keluarga, terdapat pendopo yang bisa digunakan sebagai tempat peristirahatan sejenak.

Ukuran paviliunnya cukup besar, sehingga bisa digunakan hingga 20 orang sekaligus. Juga, Anda dapat membeli berbagai jenis makanan atau minuman untuk makan siang saat Anda bepergian dari toko di dekat area paviliun.

Namun jika Anda ingin duduk dan beristirahat di tempat yang lebih mewah, Anda bisa memilih kafe yang unik dengan gaya minimalis modern. Anda bisa memesan menu seperti kopi, milkshake, jajanan kekinian untuk dinikmati sambil mengagumi indahnya pemandangan alam.

Tema outdoor yang dipilih oleh kafe ini, menampilkan beberapa kursi dan meja yang sengaja ditata di luar dengan satu payung sebagai atapnya. Saat menyantap hidangan yang dipesan, sekaligus bisa melihat suasana alam dengan perbukitan hijau sebagai pemandangannya.

Selain itu, wisatawan dapat membeli oleh-oleh berupa boneka, jajanan atau hiasan menarik lainnya di toko-toko yang disediakan. Tentu tidak lengkap rasanya jika mengunjungi sebuah tempat wisata tanpa membeli oleh-oleh atau memberikannya kepada kerabat di kampung halaman.

Berikut informasi lengkap berkunjung ke Kebun Raya Cibodas yang namanya sudah terkenal di seluruh nusantara. Dengan keindahan alam dan berbagai aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan, pasti akan meninggalkan kesan tersendiri saat Anda berlibur di tempat wisata tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button