Taman Barito, Taman Wisata Hits dengan berbagai spot menarik di Jakarta - WisataHits
wisatahits

Taman Barito, Taman Wisata Hits dengan berbagai spot menarik di Jakarta

Taman Barito, Taman Wisata Hits dengan berbagai spot menarik di Jakarta

Taman Barito merupakan sebuah taman di Jakarta Selatan yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu dengan kegiatan positif dengan memanfaatkan fasilitas yang dimilikinya.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Lamandau III No.RT.4, Kramat Pela, Kec. Kebanyoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Jakarta adalah tempat yang tepat untuk liburan terbaik karena ada banyak tujuan wisata yang bisa dikunjungi. Taman Barito Jakarta Selatan merupakan taman yang asri meski berada di tengah kawasan perkantoran. Tidak bisa dikatakan sebagai kawasan wisata alam karena merupakan taman buatan.

Meski begitu, banyak pengunjung yang datang secara massal untuk memanfaatkan kemeriahan yang bisa didapat di tempat ini. Hal ini tidak jarang dilakukan untuk bersantai setelah seharian melakukan aktivitas yang melelahkan.

Menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu membuat taman fasilitas ini. Wisatawan akan sangat senang mengunjungi wisata ini karena berbagai jenis fasilitas dapat digunakan untuk kegiatan yang menarik.

Atraksi Taman Barito

Atraksi Taman BaritoKredit gambar: Google Maps Pak Jibran Ramadhan

Nama lain dari taman ini adalah Taman Ayodya yang terletak di Jalan Barito. Inilah mengapa sering disebut sebagai Taman Barito. Daya tarik taman ini sangat menakjubkan, seperti:

1. Air mancur

Di tengah taman ini terdapat air mancur cantik yang bisa dijadikan kelebihan taman ini. Menariknya, banyak orang menggunakannya untuk spot foto terbaik dan hasil fotonya terlihat bagus.

Air mancurnya tidak hanya satu, melainkan ada beberapa air mancur yang bergerak secara bersamaan. Keindahan Taman Barito adalah air mancur dan kolamnya yang jernih dan bersih.

2. Lintasan olahraga dan peralatan fitnes

Untuk mendukung aktivitas yang menjaga kesehatan wisatawan, taman ini menawarkan lintasan olahraga dan alat fitnes. Di sekitar taman terdapat trek yang bisa digunakan pengunjung untuk berlari.

Selain itu, terdapat alat fitnes sederhana sehingga yang ingin berolahraga bisa menggunakannya secara gratis. Tidak perlu khawatir karena kebersihan alat fitnes ini terjamin.

3. Wi-Fi gratis

Jika Anda mengunjungi taman ini tetapi tidak memiliki paket data, Anda tidak perlu khawatir lagi. Di area taman, Wifi disediakan gratis dan dapat diakses oleh semua orang. Meski ada format yang harus dihormati.

Oleh karena itu, taman ini akan banyak digunakan oleh pelajar, mahasiswa dan lainnya untuk mengakses internet dengan lancar. Bagaimana bisa? Karena kekuatan sinyalnya sendiri mencapai kecepatan 100 Mbps.

4. Rumah sepeda

Ada satu tempat lagi yang menjadi daya tarik Taman Barito ini yaitu Rumah Sepeda. Pasalnya, tempat parkir sepeda tersebut terletak di trotoar depan taman. Namun, agar lebih menarik, disebut Rumah Sepeda.

Sepeda yang diparkir di sana pasti disimpan dengan hati-hati. Jadi anda tidak perlu khawatir akan mengganggu pemandangan karena jaraknya sendiri cukup jauh dari taman ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman BaritoKredit gambar: Google Maps Agung “tongkito” Hadiyanto

Bicara soal lokasi, Taman Barito berada di Jalan Lamandau III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, bisa diakses dengan kendaraan umum maupun pribadi. Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pakai koridor Transjakarta 1 lalu turun di halte Blok M Square, tapi kalau pakai
  • MRT kemudian turun di stasiun Blok M BCA dan berjalan melalui Jalan Melawai.

Harga tiket masuk objek wisata

Wisatawan yang ingin bersenang-senang di Taman Barito bisa leluasa memasuki kawasan ini kapan saja. Padahal, taman ini merupakan tempat umum yang tidak perlu membayar tiket untuk memasukinya.

Beberapa wahana di sini juga disediakan secara gratis. Memang, taman terbaik ke-4 di DKI Jakarta ini berada di bawah pengelolaan pemerintah daerah. Wisatawan bisa mengunjunginya 24 jam setiap hari, namun waktu terbaik adalah pagi hari karena udara disana sangat segar.

Jika berkunjung ke taman ini, Anda hanya perlu membayar biaya parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi. Untuk parkir motor dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 sedangkan untuk parkir mobil dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Taman Barito

Aktivitas menarik di Taman BaritoKredit gambar: Google Maps Wisata Jakarta

Wahana yang disiapkan di sini cukup menyenangkan karena mudah diakses secara gratis. Berbagai aktivitas bisa dilakukan sepanjang hari di kawasan wisata ini, seperti:

1. Latihan

Di taman ini telah ditata berbagai jenis track yang nyaman bagi wisatawan yang ingin berolahraga. Biasanya olahraga yang dilakukan adalah lari pada pagi dan sore hari. Cukup mengelilingi taman, maka olah raga akan sangat menyenangkan.

Selain itu didukung oleh pepohonan rindang yang ada di taman. Ada juga wahana fitnes yang bisa digunakan wisatawan untuk berolahraga. Jadi, berkunjung ke taman ini juga bisa membuat tubuh sehat dan segar karena udaranya langsung berasal dari pepohonan.

2. Manfaatkan Wi-Fi gratis

Coba Wifi gratis yang disediakan oleh taman jika Anda berkunjung. Fasilitas ini diberikan langsung oleh pemerintah DKI Jakarta untuk dapat meningkatkan kualitas taman sehingga dapat mengakses internet tanpa harus menggunakan kuota internet.

Oleh karena itu, tidak jarang taman digunakan untuk kerja kelompok atau menyelesaikan tugas bersama teman. Untuk dapat menikmati Wifi dengan kecepatan 100 Mbps, Anda dapat mengirimkan SMS dengan format NET (spasi) 5000 ke 98108.

3. Bersantai di taman

Ruang taman ini sangat menyenangkan jika cuaca memungkinkan, seperti di pagi dan sore hari. Banyak orang suka bersantai di taman ini karena sangat menyenangkan. Pengunjung akan memadati kedatangan pada sore hari.

Air mancur di tengah taman menambah ketenangan dan keindahan. Untuk membuat suasana relaksasi semakin menyenangkan, taman ini memiliki area tempat duduk yang mengelilingi taman dengan pepohonan yang rindang.

4. Nikmati camilan

Di ruang publik yang biasa digunakan untuk jalan-jalan, ternyata wisatawan juga bisa menikmati jajanan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima. Menariknya, jajanan tersebut dibanderol dengan harga terjangkau dan tidak akan membuat kantong tipis. Dengan demikian, pengunjung tidak akan kelaparan.

5. Berfoto di area taman

Banyak pengunjung yang memanfaatkan keindahan Taman Barito untuk berfoto. Di era digital ini, konten berupa foto dan video sangat hadir di dunia maya. Oleh karena itu, taman ini memiliki ruang foto yang sangat menarik dan instagramable.

Misalnya, area yang bisa digunakan adalah air mancur yang memiliki spot foto terbaik. Ada gazebo yang disediakan, serta foto-foto serasa berada di teras rumah. Pepohonan rindang juga bisa dimanfaatkan untuk berfoto dengan tema alam yang menenangkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman BaritoKredit gambar: Google Maps Angga Eka

Dari penjelasan di atas, wisatawan mungkin sudah bisa menebak fasilitas unggulan dari taman ini. Dan beberapa fasilitas yang dimilikinya seperti :

Jejak untuk trek olahraga.

  • Wifi gratis.
  • Toilet umum.
  • Kursi taman.
  • Perlengkapan Olahraga.
  • Parkir, dan lain-lain.

Melihat penjelasan di atas, jika Anda berkunjung ke kawasan Jakarta Selatan, Anda pasti tidak ingin melewatkan Taman Barito bukan? Wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata ini pasti akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan bahkan bisa dikunjungi setiap hari.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button