Dalam uji coba, KAI siap mengoperasikan KA Makassar–Parepare - WisataHits
wisatahits

Dalam uji coba, KAI siap mengoperasikan KA Makassar–Parepare

Dalam uji coba, KAI siap mengoperasikan KA Makassar–Parepare

Piknikdong.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus mempersiapkan pengoperasian sarana kereta api Makassar – Parepare yang saat ini masih dalam tahap uji coba terbatas.

Dalam hal ini, KAI menjalin kerjasama dengan PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) sebagai Konsorsium KA Sulsel yang ditugaskan untuk mengoperasikan KA perintis Makassar – Parepare.

KAI siap mengoperasikan KA Makassar – ParepareKAI siap mengoperasikan KA Makassar–Parepare

Penugasan ini berdasarkan penunjukkan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan kepada Konsorsium Kereta Api Sulsel melalui surat nomor: 153/LLA.KA/VI/2022 tanggal 27 Juni 2022.

Vice President Humas KAI, Joni Martinus mengatakan, “KAI siap mendukung operasional KA Makassar – Parepare yang merupakan salah satu proyek strategis nasional tersebut.

“KAI siap memenuhi amanah yang diberikan pemerintah dalam menyediakan transportasi kereta api yang aman, efisien dan ramah lingkungan di Sulawesi Selatan,”

kata Joni Martinus.

Kehadiran layanan kereta api di luar Jawa dan Sumatera merupakan wujud pemerataan pembangunan yang dipimpin oleh pemerintah.

KAI melalui Konsorsium Kereta Api Sulsel siap memberikan layanan transportasi kereta api yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat di Sulawesi Selatan.

KAI juga menandatangani Nota Kesepahaman dengan Universitas Hasanuddin pada 3 Juni 2022 tentang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan serta pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia.

Melalui kerjasama ini, KAI dan Unhas telah melakukan kajian, kajian dan pengkajian yang diperlukan untuk memastikan kereta api dapat beroperasi secara berkelanjutan di Sulawesi Selatan, baik dalam hal pengangkutan penumpang maupun barang.

Pembangunan rel kereta api di Sulawesi Selatan kini telah dibangun sepanjang kurang lebih 110 km, terbentang dari Kab. Maros di perbatasan Kab. Baru.

Sedangkan angkutan penumpang sudah beroperasi dengan uji coba terbatas pada jalur Garongkong-Mangilu.

Proyek KA Makassar – Parepare merupakan bagian dari jaringan KA Trans Sulawesi yang akan menghubungkan Makassar hingga Manado.

Saat ini KAI sedang mempersiapkan fasilitas berupa 2 rangkaian kereta penumpang dan SDM pendukung operasional kereta api tersebut, seperti kondektur, customer service di dalam kereta api dan teknisi kereta api.

Pembangunan lintasan dilakukan oleh pemerintah melalui Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT Celebes Railway Indonesia sebagai operator infrastruktur paralel.

“Misi pengoperasian KA Makassar – Parepare ini merupakan amanah penting karena jalur ini merupakan pembukaan angkutan KA pertama di kawasan timur Indonesia.

KAI berkomitmen untuk menjalankan misinya sesuai dengan Tata Kelola Perusahaan yang Baik agar benar-benar dapat memenuhi harapan seluruh pemangku kepentingan.”

tutup Joni

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button