Rekomendasi Destinasi Wisata Jepara yang Wajib Anda Kunjungi - WisataHits
Jawa Tengah

Rekomendasi Destinasi Wisata Jepara yang Wajib Anda Kunjungi

Rekomendasi Destinasi Wisata Jepara yang Wajib Anda Kunjungi

Minggu, 1 Januari 2023 00:00 Reporter: Magang

Rekomendasi Destinasi Wisata Jepara yang Wajib Anda Kunjungi
pariwisata Jepang. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com – Kota Jepara terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Wisata Jepara menyuguhkan berbagai destinasi yang bisa Anda kunjungi, mulai dari hutan, bukit, goa, museum hingga pantai. Jika Anda ke sini untuk berlibur, semua destinasi wisata di Jepara ini akan memanjakan mata Anda.

Jepara merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan industri mebelnya. Sejak dahulu kala, Jepara juga menjadi pusat perdagangan penting di Pulau Jawa dan telah disaksikan beberapa tokoh berpengaruh seperti RA Kartini dan Ratu Kalinyamat.

Artikel media Taboola

Banyaknya destinasi wisata di Jepara dan sejarahnya membuat banyak orang ingin berlibur. Dengan berbagai tempat wisata mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam, Jepara menjadi kota yang patut anda kunjungi. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi selama liburan di Jepara.

Wisata alam di Jepara
1. Taman Nasional Karimunjawa
Karimun Jawa memang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Wisata alam di jepara memiliki pemandangan yang indah, sehingga cocok bagi anda yang ingin refreshing dan melepas penat.

Karimun Jawa terdiri dari lebih dari 20 pulau kecil dengan berbagai tempat menarik. Anda bisa menikmati keindahan Laut Karimun Jawa dengan snorkeling, mengunjungi penangkaran hiu, mengunjungi hutan mangrove, berwisata kuliner atau sekedar jalan-jalan santai.

2. Danau Blingoh

Wisata Jepara terdekat adalah Danau Blingoh. Danau ini memiliki tampilan yang unik dan cantik karena dikelilingi oleh tebing kapur berwarna putih. Airnya jernih dengan warna hijau tosca.

Danau Blingoh adalah danau acak. Awalnya kawasan ini merupakan bekas kawasan penambangan liar yang lama kelamaan membentuk kubangan besar. Setelah aktivitas penambangan liar terbongkar, kawasan ini dibiarkan begitu saja hingga air mengisi genangan dan membentuk danau saat hujan turun.

Jadi jika Anda ingin mengunjunginya, sebaiknya lakukan saat musim hujan untuk mendapatkan pemandangan danau secara utuh. Saat musim kemarau, air Danau Blingoh mengering sehingga pemandangan tidak seindah saat musim hujan.

2 dari 4 halaman

Wisata pantai di Jepara

1. Pantai Punuk Sapi
Destinasi wisata Jepara yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Punuk Sapi. Wisata pantai di Jepara ini juga dikenal dengan nama Pantai Lemah Abang yang berarti “Pantai Tanah Merah” karena warna perbukitan dan tanahnya yang merah.

Keunikan dari pantai ini adalah pasirnya yang berwarna hitam. Meski demikian, keindahannya sama sekali tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang berpasir putih. Di pantai ini Anda bisa bersantai di hammock atau menikmati semilir angin dengan menaiki ayunan yang tersedia.

2. Pulau Panjang

Destinasi wisata di Jepara lainnya adalah Pulau Panjang. Pulau ini memiliki luas 19 hektar yang dikelilingi pantai perairan dangkal yang dipenuhi terumbu karang dan air jernih. Kecantikannya sama sekali tidak kalah dengan Karimun Jawa.

Anda bisa menyewa sepeda untuk menikmati keindahan pulau ini. Selain itu, Anda juga dapat menikmati kegiatan outdoor lainnya seperti berkemah, berkemah, dan snorkeling.

3 dari 4 halaman

Wisata di Jepara ini lagi hits

1. Gua Manik

Tempat wisata di Jepara ini berjarak sekitar 5 km dari objek wisata Air Terjun Songgo Langit dan terletak di desa Sumanding. Untuk mencapai tempat ini Anda harus berhati-hati karena jalurnya terjal dan licin.

Ada dua gua di kawasan ini, salah satunya berada di bawah pancuran. Hingga saat ini goa tersebut masih digunakan oleh sebagian orang sebagai tempat meditasi.

Selain ritual yang dilakukan di dalam goa, udara di sekitar goa sebenarnya masih terasa sejuk karena berada di kawasan pegunungan. Anda bisa bersantai sambil menghirup udara segar.

2. Benteng Portugis

Destinasi wisata di Jepara selanjutnya adalah Benteng Portugis Benteng ini terletak di desa Banyumanis kecamatan Donorojo dan menghadap ke laut. Lokasi ini memberikan benteng Portugis ini pemandangan yang sangat menakjubkan.

Untuk mencapai tempat ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan lain karena tidak ada jalur angkutan umum yang dapat mencapai objek wisata ini. Benteng Portugis buka setiap hari mulai pukul 06.00-16.00 WIB.

Dari hari Senin sampai Jumat tiket Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Pada akhir pekan dan hari libur, harga tiket naik menjadi Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak, sudah termasuk biaya parkir.

4 dari 4 halaman

Wisata di Jepara selain pantai

1. Air Terjun Setatah

Wisata alam di Jepara yang bisa anda kunjungi selanjutnya adalah Air Terjun Setatah. Destinasi wisata di Jepara ini memiliki bentuk yang luas, berundak-undak dan cenderung rendah ketinggiannya. Keindahan kawasan sekitar juga terjaga dengan baik karena dikelilingi pepohonan dan persawahan.

2. Bukit Bejagan

Wisata di Jepara yang bersebelahan dengan pantai ini adalah Bukit Bejagan. Berada di Desa Wisata Tempur, Kabupaten Jepara, bukit ini menawarkan pemandangan pepohonan hijau dan pegunungan, memberikan kesan syahdu dan santai.

Namun untuk mencapai puncak bukit ini, Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra, karena harus mendaki. Di atas bukit Anda bisa menikmati rumah yang berfungsi sebagai view point dan spot foto wisata.

3.Museum RA Kartini

Destinasi berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Museum RA Kartini. Wisata Jepara yang terletak di Jalan Alun-Alun No. 01, Panggang, Kabupaten Jepara ini dipersembahkan untuk pengabdian RA Kartini.

Bangunan Museum RA Kartini terdiri dari 3 bangunan yang desainnya menyerupai huruf K, T dan N. Meski menyandang nama Museum RA Kartini, tidak semua benda yang ada di koleksi tersebut merupakan peninggalan Raden Ajeng Kartini. Ada beberapa benda koleksi kuno dan peninggalan sejarah lainnya.

Museum RA Kartini buka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Tiket masuknya cukup terjangkau, hanya Rp 2.000 di hari biasa dan Rp 3.000 di akhir pekan.

4. Museum Ukir Nusantara

Museum Ukir Nusantara merupakan bekas gudang SMPN 6 Jepara yang terletak di Jalan Kartini No. 40, Panggang, Kabupaten Jepara. Bangunan SMPN 6 ini sendiri juga cukup unik karena masih identik dengan bangunan peninggalan zaman Hindia Belanda.

Museum ini merupakan museum ukiran pertama di dunia. Salah satu koleksi museum yang terkenal adalah bola dunia yang diukir dari kayu. Bola ini konon dibuat atas permintaan Presiden Soekarno saat berkunjung ke SMPN 6 Jepara pada tahun 1962.

Ukiran yang dipamerkan tidak hanya dari Jepara. Banyak ukiran yang berasal dari luar Jepara, seperti suku Asmat dari Papua. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan dan keunikan ukiran yang ada, tetapi juga belajar cara membuat ukiran yang indah.

Itulah beberapa tempat wisata di jepara yang bisa anda kunjungi saat liburan. Dengan banyaknya destinasi wisata yang berbeda, Anda dapat dengan mudah memilih apakah ingin mengunjungi wisata alam atau wisata sejarah.

[mgt]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button