Lokasi & Biaya Masuk Dataran Tinggi Silancur Magelang Review - WisataHits
Jawa Tengah

Lokasi & Biaya Masuk Dataran Tinggi Silancur Magelang Review

Dataran Tinggi Magelang Silancur – Kabupaten Magelang tidak hanya memiliki tempat wisata sejarah seperti Candi Borobudur dan Candi Mendut. Kabupaten yang terletak di tengah pulau Jawa ini juga menawarkan atraksi taman yang menampilkan keindahan bunga, awan, dan puncak gunung. Taman tersebut adalah Dataran Tinggi Silancur.

Dataran Tinggi Silancur adalah sebuah taman di lereng Gunung Sumbing. Terletak persis di dusun Dadapan. Sebuah desa kecil di Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang. Usia taman ini masih tergolong baru karena baru didirikan pada tahun 2017. Jadi apa yang bisa kamu nikmati di taman ini? Yuk simak penjelasan lengkapnya.

Titik pertemuan Dataran Tinggi Silancur MagelangNongkrong Silancur Highland Magelang, foto oleh @randytann

Objek wisata dataran tinggi Silancur

Dataran Tinggi Silancur menyuguhkan taman bunga dan bumi perkemahan dengan pemandangan puncak pegunungan yang dihiasi awan putih dan pemandangan hamparan sawah hijau yang terhampar. Selain itu, taman ini juga menawarkan keindahan matahari terbit jika Anda mengunjunginya pada sore hari.

Tentunya selain bisa dinikmati bersama keluarga, Anda juga bisa membagikan berbagai jenis objek wisata di taman ini di akun Instagram Anda. Cocok untuk liburan anda bersama keluarga atau sendiri, taman ini cocok bagi anda yang mencari tempat bersantai dari hiruk pikuk kota.

Kunjungi Dataran Tinggi Silancur MagelangView Dataran Tinggi Silancur Magelang Image by @irsyadmz_

Fasilitas Dataran Tinggi Silancur

Dataran Tinggi Silancur tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah tetapi juga berbagai fasilitas pendukung yang dikelola dengan baik. Berikut ini adalah beberapa organisasi pendukung tersebut:

  • tempat perkemahan
  • kamar mandi
  • restoran/toko
  • motel
  • sewa kuda
  • Pemetik sayur dari ladang
  • Musholla
  • area parkir

Pemandangan Dataran Tinggi SilancurPemandangan Dataran Tinggi Silancur, gambar oleh @nurfiism

Selama masa COVID19, pengelola Dataran Tinggi Silancur membatasi jumlah pengunjung. Hanya 30% dari total kapasitas pengunjung yang diperbolehkan mengunjungi tempat wisata ini saat ini.

Biaya masuk dataran tinggi Silancur

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati keindahan Dataran Tinggi Silancur. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 sebagai biaya masuk. Harga tersebut sudah termasuk biaya parkir sepeda motor.

Lokasi Dataran Tinggi Silancur MagelangLokasi Dataran Tinggi Silancur Magelang, Image by @silancurhighland

Namun harga tiket tersebut belum termasuk biaya fasilitas seperti parkir, camping, kantin makanan dan motel (jika menginap). Berikut rincian biaya yang harus Anda keluarkan untuk menikmati setiap fasilitas:

nama Produk perabot Harga
Paket perkemahan 1 1 tenda untuk 4 orang, 4 kasur, 4 sleeping bag, 4 tiket camp + unpacking Rp215.000.00
Paket perkemahan 2 1 tenda untuk 3 orang, 3 kasur, 3 sleeping bag, + bongkar Rp 165.000,00
Paket perkemahan 3 1 tenda untuk 2 orang, 2 kasur, 2 sleeping bag, 2 tiket camp + unpacking Rp 130,000.00
Tiket parkir mobil Tiket parkir mobil Rp5.000.000
Motel kecil akomodasi Rp 200.000,-
motel besar akomodasi Rp350.000,00

Sedangkan untuk fasilitas petik sayur, harga yang ditawarkan untuk sewa kuda berbeda-beda tergantung dari penyedia jasanya. Anda juga dapat membawa tenda, kasur, dan kantong tidur sendiri dan hanya membayar tiket perkemahan dan sewa lapangan.

Dataran Tinggi Silancur juga sangat terbuka untuk kegiatan prewedding, namun pihak pengelola tidak memberikan fasilitas tambahan untuk kegiatan ini.

Perkemahan Dataran Tinggi SilancurCamping Dataran Tinggi Silancur, foto oleh @nanang_adisusilo

Rute ke Dataran Tinggi Silancur

Waktu tempuh antara kota Magelang dan Dataran Tinggi Silancur hanya sekitar 39 menit dengan jarak tempuh sekitar 18 km. Dari Alun-Alun Kota Magelang, Anda bisa berbelok ke barat menuju kecamatan Bandongan.

Sekarang akses jalan menuju tempat wisata ini sudah bagus dan bisa ditempuh dengan mobil. Jadi Anda dan keluarga tidak perlu khawatir dengan aksesibilitas Dataran Tinggi Silancur. Jika Anda masih bingung dengan lokasinya, kami akan memberikan informasi rute dengan mengklik link berikut di Google Maps.

Dataran Tinggi Magelang SilancurDataran Tinggi Silancur Magelang, foto oleh @verrapamila

jam buka

Menurut akun resmi Google tempat wisata ini, Dataran Tinggi Silancur buka 24/7, sehingga Anda dapat menikmati matahari terbit dan terbenam secara bersamaan di tempat ini. Namun sebelum Anda datang berkunjung, pastikan kondisi cuaca baik.

Jangan lupa ikuti protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Oke, tidak perlu berpikir panjang. Ayo kita pergi..! Selamat berwisata ke Dataran Tinggi Silancur, Magelang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button