Pemkot Batang menjadi pusat pengembangan keterampilan kerja di KITB - WisataHits
Jawa Tengah

Pemkot Batang menjadi pusat pengembangan keterampilan kerja di KITB

BATANG (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja siap membentuk tim pusat pengembangan keterampilan tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja perusahaan di Kawasan Industri Terpadu Batang.

Pj Bupati Batang Dwi Lani Rejeki, Senin di Batang, mengatakan tim ini merupakan lembaga kolaborasi multisektor dan multistakeholder yang berperan dalam penyiapan tenaga kerja di Kawasan Industri Terpadu Batang.

“Kami bersedia bekerja sama agar warga Batang tidak hanya menjadi penonton karena kawasan industri terpadu dibangun,” ujarnya.

Baca Juga: Tingkatkan Sumber Daya Manusia Pariwisata, BLK Wonosobo Adakan Pelatihan Untuk Pemandu Wisata

Menurutnya, saat ini masih banyak warga yang belum memiliki keterampilan yang dibutuhkan perusahaan, sehingga kehadiran Kementerian Tenaga Kerja perlu membentuk tim balai pengembangan keterampilan.

Tim ini, kata dia, akan mengurus segala macam hal untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Kawasan Industri Terpadu Batang, mulai dari pelatihan, sertifikasi, distribusi hingga jaminan sosial.

“Kami memiliki tenaga kerja yang besar, namun belum memenuhi kebutuhan perusahaan. Tentunya dengan kerjasama yang baik tersebut, warga Batang tidak akan menjadi penonton,” ujarnya.

Ia mengatakan rekrutmen tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan perusahaan di kawasan industri terpadu mencapai 28.000 orang pada tahap pertama.

“Rekrutmen tenaga kerja ini akan dimulai pada 2023. Tentu kebutuhan tenaga kerja yang besar ini harus diimbangi dengan keahlian yang dibutuhkan perusahaan,” ujarnya.

Baca Juga: Masyarakat Umum Bisa Mendaftar Diklat Kejuruan di BLK Kudus
Baca Juga: Kilang Pertamina Cilacap Bekali Anak Muda Dengan Keterampilan Las Listrik 6G

Source: jateng.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button