Plataran Bromo Xtravaganza 2022, Dari Bromo ke Nusantara - WisataHits
Jawa Timur

Plataran Bromo Xtravaganza 2022, Dari Bromo ke Nusantara

(Baliekbis.com), Selain menjalankan operasi bisnis di berbagai resor, hotel, venue dan restoran, kapal pesiar pribadi dan pengembangan ekologi di berbagai wilayah Indonesia, Plataran Indonesia sering mengadakan acara berskala besar untuk membahas topik dan masalah tertentu sambil meningkatkan kesadaran akan destinasi baik di jakarta, bali, bromo dan tentunya praktis di seluruh indonesia. Kali ini, tema Plataran adalah perubahan iklim.

Tema ini terjalin dan dipadukan dengan dua elemen yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, yaitu musik dan olahraga. Plataran Bromo Xtravaganza, salah satu event besar yang rutin digelar Plataran Indonesia tahun ini, kembali digelar pada 10 dan 11 September 2022 dengan tema “Musik, Olahraga, dan Iklim”. Menggabungkan pertunjukan budaya dan musik nasional, baik offline maupun virtual (hybrid), olahraga dari maraton yang menantang hingga pendakian santai yang menyenangkan, acara ini berlangsung di salah satu hub ekowisata Plataran Indonesia – yaitu Plataran Bromo Resort & Venue.

The Plataran Bromo sendiri baru-baru ini menerima Traveller’s Choice Awards 2022 dari Tripadvisor sebagai salah satu dari 25 Hotel Terbaik untuk Keluarga – Asia. Acara ini akan diselenggarakan bersamaan dengan Bromo Marathon pada hari Minggu 11 September 2022 dengan garis start dan finish di Plataran Bromo sebagai tempat resmi perlombaan. Bromo Marathon sendiri merupakan acara lari tahunan di Tosari – Kabupaten Pasuruan yang sudah tidak umum lagi.

Acara yang pertama kali diadakan pada tahun 2013 ini mendapatkan respon positif, diikuti oleh lebih dari 900 pelari dan 5.000 penonton dari lebih dari 30 negara, serta menjadi salah satu Top Destination Race CNN di Asia 2013. Lintasan dan lintasan marathon pada pendakian tahun ini berbeda. dari tahun-tahun sebelumnya namun tetap menantang dan menawarkan pemandangan menakjubkan yang menjadi ciri kawasan sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tahun ini, Bromo Marathon diperkirakan akan diikuti oleh lebih dari 2.000 pelari dan 7.500 penonton. Bagi wisatawan yang tidak ingin mengikuti Bromo Marathon, Plataran juga menawarkan Plataran Fun Trail – pendakian yang menyenangkan dan mudah dengan rute 2 km dan 4 km, di mana Anda dapat menikmati wisata alam, menghirup udara segar dan menikmati pemandangan panorama yang unik. dikelilingi awan sebagai bagian dari program Friends of Plataran Nature.

Plataran Fun Trail tidak lain adalah upaya Plataran untuk mendekatkan manusia dengan alam agar masyarakat lebih peduli dan lebih mau terlibat dalam membuat Ibu Pertiwi lebih sehat dan lebih siap menghadapi perubahan iklim. Puncak acara ini adalah presentasi live concert di atas awan “From Bromo to the Archipelago”, yang akan diadakan di Plataran Bromo – Amphitheatre Putri Dewi di puncak bukit dengan pemandangan Gunung Arjuna yang luar biasa dan perasaan pertunjukan tidak seperti yang lain, yaitu di atas awan. Acara ini akan menampilkan sejumlah penyanyi legendaris seperti Syaharani dan Trie Utami, serta sejumlah artis milenial dari Surabaya, Malang, dan Jakarta.

Kerjasama dengan Don Sistem Suara Indonesia (DSS Indonesia) yang rekam jejaknya tak terbantahkan, diawali dengan penanganan konser artis-artis Indonesia dan internasional seperti Justin Bieber, Katy Perry, Maroon 5 dan Bruno Mars. Plataran Bromo Xtravaganza 2022 juga bertujuan untuk mengangkat profil seniman muda potensial dan seniman lokal dari Jawa Timur dan mendorong mereka untuk lebih memaksimalkan potensi karir seni mereka di kancah internasional. Ini bukan pertama kalinya Plataran bermitra dengan DSS Indonesia. Pada tahun 2021, Plataran Indonesia dan DSS Indonesia bersama-sama menyelenggarakan All-Star Legends Live Virtual Concert yang menampilkan artis-artis legendaris Indonesia, menarik lebih dari 70.000 penonton.

Seperti semua acara Plataran lainnya yang sangat dekat dengan komunitas dan komunitas lokal, acara Plataran Bromo Xtravaganza ini mendukung program Plataran for the People, yang merupakan salah satu dari tiga pilar utama visi Plataran: Alam, Budaya dan Masyarakat melalui Plataran UMKM ekosistem. Pada acara ini, Plataran juga menghadirkan rangkaian masakan yang bahan bakunya diproduksi dan dipanen langsung dari kebun-kebun masyarakat sekitar, melalui festival kuliner, berbagai jenis barang dan pernak pernik dari UKM Kabupaten Pasuruan. “Acara ini unik karena secara bersamaan menggabungkan ‘musik-olahraga-alam’, yang diadakan secara ikonik di atas awan dan dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan, serta pemandangan laut, menjadikan ini satu-satunya konser musik-olahraga dan alam di Indonesia. Apalagi dengan pendekatan pertunjukan musik hybrid,” ujar Yozua Makes selaku CEO dan Founder Plataran Indonesia.

“Bromo Xtravaganza adalah acara yang melengkapi pesona Bromo Marathon, tidak hanya memanjakan pelari dengan pemandangan Bromo yang menakjubkan, tetapi juga menonjolkan budaya dan hiburan. Ini jelas berbeda dengan maraton pada umumnya. Acara ini juga diharapkan mampu mendorong revitalisasi ekonomi, membuka peluang usaha melalui partisipasi UMKM dan juga memberikan promosi destinasi wisata,” ujar Rizki Handayani, deputi produk pariwisata dan event organizer Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif. pemerintah siap memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini melalui kesenian yang dipimpin oleh pemerintah dan UMKM sekitar termasuk masyarakat.Kami akan mempersiapkan diri untuk menyambut wisatawan dan pelari yang datang ke acara Plataran Bromo Xtravaganza dan Bromo Marathon. Bersama Plataran Bromo, kegiatan pariwisata di Pasuruan, khususnya Tosari, mengalami kemajuan, kata HM Irsyad Yusuf selaku Bupati Pasuruan.(is)

Source: www.baliekbis.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button