Inilah Khasiat Rumput Laut Sayang Heulang Ternyata Bisa Menjadi Obat - WisataHits
Jawa Barat

Inilah Khasiat Rumput Laut Sayang Heulang Ternyata Bisa Menjadi Obat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Ternyata biota di kawasan wisata Sayang Heulang di Cianjur Selatan ini memiliki berbagai manfaat kesehatan dan obat selain pantai yang indah.

Seperti dari dr. Handajaya Rusli, S.Si., M.Si., yang merupakan tim peneliti di Laboratorium Kimia Analitik ITB.

“Tim peneliti dari Laboratorium Kimia Analitik ITB meneliti dan menganalisis rumput laut yang dikumpulkan di Pantai Sayang Heulang. Penelitian menunjukkan bahwa empat komponen utama berturut-turut selain air dalam rumput laut adalah abu (mineral), karbohidrat, protein dan lemak. Jenis karbohidrat yang ditemukan bukanlah amilosa dan amilopektin, melainkan jenis karbohidrat lain yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, lemak yang terkandung dalam rumput laut tidak hanya terdiri dari asam lemak yang biasa dikonsumsi, tetapi juga dari fosfolipid, glikolipid, sterol dan oksilipin,” kata Handajaya, seperti dikutip dari www.Pasjabar.com dari situs resmi itb.ac. id, Minggu (31/7/2022).

Ia mengungkapkan, Sayang Heulang kaya akan berbagai jenis rumput laut yang dapat diolah menjadi produk berkualitas tinggi. Dan timnya menemukan tiga spesies utama alga, yaitu Sargassum sp, Gracilaria sp dan Ulva lactuca.

“Fakta ini menunjukkan bahwa beberapa jenis alga dapat membantu mengobati kolesterol. Kegunaan lainnya antara lain untuk isolasi alginat dan agarosa, pembuatan filling minuman, salad, manisan dan nori lokal,” kata dr. Handajaya. Penelitian tentang potensi rumput laut di pantai Sayang Heulang dilakukan oleh Dr. Handajaya Rusli, S.Si., M.Si., dari Kelompok Kompetensi Kimia Analitik ITB.

Dengan berbagai kekayaan, baik sumber daya alam maupun sektor pariwisata, Pantai Sayang Heulang memiliki potensi yang tinggi untuk dimanfaatkan sebagai lokasi agrowisata.

“Dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin untuk mendirikan lembaga penelitian di Pantai Sayang Heulang yang fokus pada pengembangan alga. Last but not least, peran serius investor agar hasil panen alga bisa diolah menjadi produk dengan nilai jual tinggi. Jika dilakukan dengan benar, pembangunan ini dapat membawa manfaat bagi semua pihak yang terlibat dan membuat Pantai Sayang Heulang semakin populer di kalangan wisatawan,” ujarnya. (*/mengikat)

Cetak ramah, PDF & email

Source: pasjabar.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button