Ratusan peserta mengikuti Salak Eco Trail Run 2022, kompetisi lari di hutan hujan tropis Gunung Salak - WisataHits
Jawa Barat

Ratusan peserta mengikuti Salak Eco Trail Run 2022, kompetisi lari di hutan hujan tropis Gunung Salak

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR – Ratusan peserta mengikuti Salak Eco Trail Run 2022, lari outdoor. Dengan tema kegiatan “lestarikan hutan sebagai habitat elang jawa”.

Tujuan dari kegiatan Salak Eco Trail Run adalah untuk mengajak masyarakat umum (public) untuk berpartisipasi dalam peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Liar Nasional (HCPSN), serta memperkenalkan dan mempromosikan Taman Nasional Halimun Salak (TNGHS). Area melalui penyelenggaraan olahraga lari luar ruangan (trail run).

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan menjalin komunikasi antar komunitas trail running lainnya khususnya di sekitar Bogor.

Salak Eco Trail Run merupakan event tahunan yang tahun ini diselenggarakan oleh Javan Hawk Eagle Trail bekerjasama dengan CV. Belt Mountain, ini merupakan kali kedua digelar di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak setelah digelar bersamaan dengan HCPSN untuk pertama kalinya pada tahun 2021.

Menurut race director Salak Eco Trail Run Asep Mulyana, peserta tidak hanya mengikuti lomba lari, tetapi juga dapat menikmati keindahan alam hutan hujan tropis Gunung Salak.

Para peserta Salak Eco Trail Run 2022 berlari melewati hutan hujan tropis Gunung SalakPara peserta Salak Eco Trail Run 2022 berlari melewati hutan hujan tropis Gunung Salak. Salak Eco Trail Run 2022 berlangsung pada Minggu (20/11/2022).

“Tentunya ini merupakan pengalaman dan tantangan baru bagi para pelari profesional maupun rekreasi yang berlari di hutan hujan tropis Gunung Salak. Dan peserta tidak hanya lari tapi juga bisa camping,” kata Asep dalam keterangan resmi, Rabu (23/11/2022).

Seiring dengan tema yang diusung, acara ini merupakan bagian dari kampanye konservasi dan kampanye penyadaran masyarakat.

Untuk itu, acara ini juga didukung oleh komunitas lokal yang aktif di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak seperti Kelompok Wisata Pasiran Tengah, Sahabat Halimun Salak (SAHALA), Kelompok Tani Ketan Mas, Siliwangi Adventure, El-Macho, Satset Trail Runner, Chibi Runner, Sobat Sunday, Chipus Runner, Tapak Gerot, Trek 11 Sukawana dan lain-lain.

Sementara itu, Kepala Dinas II Balai TNGHS yang mewakili Kepala Balai TNGHS berpesan kepada Sujoko agar kita berkegiatan di alam sambil tetap menjaga hutan dan satwa yang menghuninya.

“Di mana acara ini merupakan bagian dari peringatan Hari Kasih Sayang Puspa dan Satwa Nasional. Salah satu satwa yang dilindungi dan diprioritaskan di TNGHS adalah Elang Jawa,” ujarnya.

Kepala Seksi PTNW II Bogor - BTNGHS Sujoko menyerahkan medaliKepala Seksi PTNW II Bogor – BTNGHS (Badan Taman Nasional Gunung Halimun Salak), Sujoko, menyerahkan medali dan piagam hadiah kepada juara pertama Salak Eco Trail Run 2022 kategori 21 km pada Minggu (20/11/2022). .

Salak Eco Trail Run akan berlangsung pada Minggu (20/11/2022) di Panorama Pinus HJP Land Pasiran Tengah, Desa Sukaharja, Cijeruk, Kab Bogor, Jawa Barat.

Titik awal pelari berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut. Rangkaian sebelum pertandingan yaitu pembagian racing kit berupa jersey dan nomor dada yang berlangsung pada Jumat (18/11/2022) dan Sabtu (19/11/2022) di kantor Yayasan Puter Indonesia.

Seluruh peserta dan panitia yang terlibat sudah memiliki sertifikat vaksinasi, protokol CHSE juga akan dilaksanakan mulai dari acara Race Pack Collection dimana peserta akan tiba di area RPC untuk cek kesehatan, pengambilan starter kit dan mendapat penjelasan tentang peraturan lomba dari panitia.

Ratusan peserta juga datang dari berbagai daerah di Indonesia, tidak hanya peserta dari dalam negeri tetapi juga peserta dari luar negeri, termasuk peserta dari Jepang dan Selandia Baru.

Kepala Seksi PTNW II Bogor - BTNGHS Sujoko (1)Kepala Seksi PTNW II Bogor – BTNGHS (Kantor Taman Nasional Gunung Halimun Salak), Sujoko (tengah) berfoto bersama para pemenang lomba Salak Eco Trail Run 2022, Minggu (20/11/2022).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button