Puri Mataram, Destinasi Wisata Hits Nuansa Alam dan Budaya di Sleman Jogja - WisataHits
wisatahits

Puri Mataram, Destinasi Wisata Hits Nuansa Alam dan Budaya di Sleman Jogja

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 10.00 – 17.00 WIB, Alamat: Drono, Desa Tridadi, Kec. Sleman, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Puri Mataram adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Sleman, Yogyakarta. Mengambil konsep alam yang dipadukan dengan budaya khas Jogja, destinasi wisata ini sangat cocok untuk pilihan liburan keluarga. Destinasi wisata ini juga direkomendasikan untuk anak kecil karena banyak terdapat spot foto yang menarik.

Resmi dibuka pada tahun 2018, destinasi wisata ini juga menjadi sumber ekonomi penting bagi penduduk desa Tridadi. Lahan yang digunakan sendiri sebenarnya adalah tanah kas desa, awalnya hanya digunakan untuk sawah dan tegalan. Tanpa menghilangkan unsur persawahan, akhirnya warga berinisiatif mengembangkannya sebagai wisata alam dengan dana desa.

Destinasi wisata ini terus dikembangkan agar lebih baik lagi. Awalnya, hanya ada empat kawasan saat Puri Mataram diresmikan, yaitu Becak Air, Taman Bunga, Taman Kelinci, dan Pasar Ndelik. Setelah masuk pada tahun 2019, zona ini memiliki tiga zona tambahan yaitu Taman Kaktus, Zona Penangkapan dan Terapi Ikan, dan Kandang Domba Merino.

Tempat Wisata Puri Mataram

Tempat Wisata Puri Mataram SlemanKredit Gambar: Google Maps Cak Parto

Saat ini, Puri Mataram menjadi salah satu destinasi terpopuler. Sebagai tempat wisata keluarga, destinasi ini menawarkan segudang atraksi yang mendatangkan banyak pengunjung setiap harinya. Kawasan ini juga terus dikembangkan sehingga daya tariknya pun semakin meningkat dari waktu ke waktu.

1. Nuansa alam dan budaya

Memiliki konsep budaya, pengunjung akan langsung disuguhkan dengan berbagai ornamen khas Jawa. Seperti namanya, pengunjung dibawa kembali ke zaman Kerajaan Mataram. Restoran di bagian depan menyambut pengunjung dengan arsitek joglo khas Jogja. Tidak jauh dari restoran terdapat kolam buatan yang besar dengan wahana bebek air.

Jika pengunjung melangkah lebih jauh, mereka akan dapat melihat hamparan persawahan yang hijau. Selain persawahan, pepohonan di sekitarnya juga membuat suasana semakin sejuk dan asri. Agar lebih alami, ada jembatan bambu panjang yang berbentuk artistik dengan ornamen bambu yang akan berdering saat angin bertiup.

Keindahan alam yang berpadu dengan budaya Jawa menjadi daya tarik utama destinasi wisata keluarga ini. Apalagi saat ini belum ada konsep wisata seperti Puri Mataram Sleman. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang penasaran untuk datang dan merasakan keindahan dan kesegaran yang ditawarkan destinasi wisata ini.

2. Restoran Joglo Restoran

Tidak hanya menawarkan keunikan karakter bangunan joglo khas Jogja, restoran ini juga menawarkan menu masakan tradisional kepada pengunjung. Makanan seperti tempe sayur, mangut lele, tahu bacem, tempe bacem dan masih banyak lagi bisa dicoba oleh pengunjung sepuasnya. Menu masakan tradisional ini bisa dinikmati sambil merasakan suasana alam sekitar.

Menu restoran ini selain memanjakan pengunjung, juga menawarkan harga yang sangat terjangkau. Harga untuk sebagian menunya berkisar antara Rp 8.000 hingga Rp 15.000 saja.

Sistem kateringnya juga buffet sehingga pengunjung bisa mengambil makanan sesuai porsinya masing-masing. Tidak tersedia layanan kartu debit, sehingga pengunjung perlu menyiapkan uang tunai.

3. Berbagai wahana

Banyak wahana yang tersedia agar pengunjung tidak bosan menghabiskan waktu di kawasan wisata ini. Wahana air seperti becak dan sepeda air bisa membawa pengunjung mengelilingi kolam buatan.

Selain itu, ada juga wahana lain seperti Rabbit Park dan Merino Cage dimana pengunjung dapat berinteraksi dengan kelinci dan domba merino.

4. Tempat foto

Objek Wisata yang dimiliki Puri Mataram SlemanKredit gambar: Google Maps Gloria Amckd

Ada banyak spot foto cantik yang bisa digunakan pengunjung untuk mengabadikan momen. Sangat cocok untuk anak muda yang memiliki hobi hunting foto. Ada taman bunga yang indah, miniatur monumen sobat putih, serta tempat-tempat menarik lainnya sebagai background foto. Khususnya jembatan bambu yang cukup menjadi simbol di kabupaten ini.

5. Pasar Ndelik

Pasar Ndelik merupakan salah satu daya tarik Puri Mataram karena keunikannya. Pasar ini bisa dikunjungi setiap hari Minggu. Menawarkan berbagai jajanan tradisional yang sangat menarik untuk dicoba. Lokasi pasar ini berada di balik pepohonan, sehingga disebut Pasar Ndelik. Dalam bahasa Indonesia, delik berarti menyembunyikan.

Keunikan lainnya adalah alat pembayaran pasar ini tidak menggunakan uang melainkan dengan uang pandel atau uang kayu. Sebelum berbelanja di pasar ini, pengunjung harus menukarkan rupiah dengan pandel ini. Harga untuk 1 panel adalah Rp 10.000.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Puri Mataram SlemanKredit gambar: Google Maps Lightning McQueen

Puri Mataram terletak di Tridadi, Sleman. Jaraknya hanya 10 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. Lokasi destinasi wisata ini cukup mudah diakses. Jalanan sudah diaspal semua dengan baik. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil.

Destinasi wisata ini juga dapat diakses melalui GoogleMap. Jika Anda tidak yakin arah mana yang harus diambil, Anda dapat menemukan rute terbaik di GoogleMap untuk membantu Anda sampai di sana.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Puri Mataram SlemanKredit gambar: Google Maps Gilang Primada

Puri Mataram buka setiap hari. Jam operasional wahana itu sendiri mulai dari pukul 10.00 hingga 17.00 WIB, sedangkan restorannya selalu buka hingga pukul 21.00 WIB. Anda masih bisa berfoto di beberapa tempat hingga malam hari. Pada hari Minggu, pengunjung juga dapat mengunjungi pasar Ndelik di objek wisata ini. Pasar ini sudah buka sejak pukul 07.00 WIB.

Tidak ada biaya masuk untuk menikmati destinasi wisata ini, namun untuk beberapa wahana dan spot foto dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 hingga Rp 30.000 tergantung rute yang dipilih. Sedangkan untuk biaya biaya parkir kendaraan juga tidak mahal. Anda hanya perlu membayar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Puri Mataram

Kegiatan Puri Mataram SlemanKredit gambar: Agushkm. Instagram

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Puri Mataram Sleman. Liburan Anda tidak akan membosankan karena ada banyak sekali wahana yang bisa Anda coba. Wahana ini sangat menyenangkan dan cocok untuk segala usia. Oleh karena itu, destinasi wisata menarik ini menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

1. Coba berbagai wahana

Ada banyak sekali wahana yang bisa kamu coba dan tentunya sangat seru. Jika Anda menyukai olahraga air, Anda dapat mencoba sepeda atau bebek air. Selain itu, Anda juga bisa menangkap ikan dan terapi ikan. Selain itu, ada juga gerobak yang bisa kamu naiki. Tentunya sangat menyenangkan untuk berjalan-jalan di sekitar kawasan Puri Mataram dengan menggunakan kereta.

2. Ambil gambar

Banyak sekali spot foto yang instagramable. Oleh karena itu, berfoto merupakan aktivitas yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa berfoto di taman bunga yang luas. Di antara taman bunga juga terdapat miniatur monumen sobat putih. Selain itu, Anda juga bisa menaiki jembatan bambu untuk berfoto di atasnya. Dekorasi bambu yang estetis juga akan membuat foto Anda semakin cantik.

Ada juga taman kaktus yang sayang untuk dilewatkan. Seperti namanya, banyak kaktus tumbuh dan ditata dengan indah, menjadikannya tempat yang bagus untuk mengambil foto. Plus, ada banyak spot foto lain yang bisa Anda gunakan.

3. Berinteraksi dengan hewan

Kegiatan Seru di Puri Mataram SlemanKredit Gambar: Instagram Hendra Darmawan

Saat liburan keluarga, apalagi membawa anak-anak, kegiatan ini pasti sangat seru untuk dicoba. Anda dapat memasuki taman kelinci. Di taman ini, banyak kelinci berkeliaran. Pengunjung dapat berinteraksi secara langsung, seperti memberikan makanan atau bahkan memegang kelinci-kelinci tersebut. Selain kelinci, kamu juga bisa berinteraksi dengan hewan lain.

4. Wisata Kuliner

Ada banyak kuliner tradisional yang pasti menggiurkan lidah Anda. Restoran bergaya Joglo ini menawarkan makanan yang enak dan murah. Pasar Ndekik juga tidak boleh dilewatkan. Di pasar ini, Anda juga bisa berwisata kuliner dengan mencoba berbagai jajanan tradisional dengan cara yang unik.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Puri Mataram SlemanKredit gambar: Google Maps Gilang Primada

Meski merupakan destinasi wisata baru, Puri Mataram telah menyediakan fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Tempat parkir sangat luas untuk menampung sepeda motor, mobil dan bus. Ada juga rencana untuk memperluas tempat parkir lagi mengingat semakin banyaknya pengunjung yang datang.

Selain tempat parkir, juga terdapat berbagai fasilitas umum yang dapat memberikan kemudahan bagi pengunjung. Ada toilet, ada juga mushola untuk beribadah, restoran, dan juga tersedia akomodasi bagi pengunjung yang akan bermalam disana.

Fasilitas lainnya antara lain berbagai wahana menarik yang ditawarkan. Wahana ini semakin berkembang dan dilengkapi dengan wahana yang tidak kalah menarik dari waktu ke waktu. Spot foto juga menjadi salah satu andalan destinasi wisata keluarga ini. Taman bunga tidak hanya menambah keindahan tetapi juga indah untuk dipandang.

Puri Mataram merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Sleman Yogyakarta yang semakin hari semakin populer dan ramai dikunjungi banyak orang. Wahana yang tersedia juga semakin menarik. Jika Anda berlibur ke Yogyakarta, destinasi yang sangat mudah dijangkau ini menjadi salah satu pilihan wisata yang wajib Anda kunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button