Pulau Balak, Wisata Bahari dengan Pasir Putih Eksotis di Pesawaran - WisataHits
wisatahits

Pulau Balak, Wisata Bahari dengan Pasir Putih Eksotis di Pesawaran

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sukaramé, Kec. Punduh Pidada, Kab. Pesawaran, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Pulau Balak merupakan tempat wisata yang masih penuh pesona alam. Keindahan yang ditawarkan di destinasi ini masih alami seperti dulu. Pasir putihnya yang lembut menjadi salah satu ciri khas pulau ini. Wisatawan selalu dibuat takjub dengan hamparan pasir yang mengelilingi destinasi alam tersebut.

Wisata juga terasa lebih lengkap jika Anda pergi di air laut, tamu yang duduk di tepi laut atau berenang dapat melihat berbagai biota dan terumbu karang. Pulau ini memiliki terumbu karang yang mudah ditemukan karena lautnya yang masih biru alami.

Pulau Balak tampaknya memiliki lingkungan yang bersih karena belum terlalu banyak dikunjungi orang. Namun nyatanya wisata indah ini memiliki pesona yang berbeda dengan pulau-pulau lainnya. Anda yang sudah berada di sana bisa menyewa perahu untuk lebih jelas menjelajahi laut lepas yang jernih.

Penawaran Atraksi Pulau Balak

Atraksi Pulau BalakKredit gambar: Google Maps Fitri Ani

1. Pasir putih lembut

Pulau Balak dikelilingi oleh hamparan pasir yang masih sangat putih. Hal ini membuat setiap orang yang berlibur di pulau tersebut semakin bahagia. Pasir wisata ini dikenal sangat lembut bahkan tidak tercampur dengan batu-batu kecil. Keindahan pasir di sepanjang pulau sangat cocok untuk menghabiskan waktu sambil piknik bersama kerabat dekat.

Pada waktu-waktu tertentu, ada wisatawan yang memilih untuk berjemur di antara pasir lembut ini. Pengunjung juga bisa membawa layang-layang atau permainan pasir jika ingin bermain. Pasirnya yang putih, bersih dan lembut pasti memukau semua mata. Plus, para tamu sering merasa betah bersantai di pulau pasir.

2. Keindahan terumbu karang

Daya tarik yang biasa ditemui para pelancong saat menjelajahi pulau adalah berbagai terumbu karang yang indah. Laut di sana menyimpan banyak biota. Wisatawan tidak perlu pergi ke tengah laut untuk melihat biota dan terumbu karang. Anda yang berdiri di tepi pantai bisa langsung melihat biota renang yang terlihat jelas.

Destinasi menawan ini memang kerap dipilih sebagai spot diving. Keindahan terumbu karang di bawah laut juga sering difoto. Wisatawan selalu dibuat takjub dengan kekayaan Pulau Balak yang masih terjaga hingga saat ini. Biasanya ada juga yang membawa joran untuk bersantai sambil menangkap ikan di tepi pantai.

3. Air laut biru

Pulau Balak selalu memiliki laut biru hingga hijau. Warna lautnya seperti kristal yang begitu bersih dan tidak bercampur dengan polusi sampah. Bahkan ombak di lautnya diketahui tidak terlalu besar. Pengunjung bisa menyewa perahu atau speedboat jika ingin berlayar mengelilingi laut dan menikmati warna-warni jalur air yang sangat jernih ini.

Traveler yang suka berenang juga bisa membawa pelampung. Air lautnya yang bersih dan menawan tentunya sayang untuk dilewatkan. Jika Anda berkunjung pada hari yang cerah, Anda bisa melihat warna air laut yang serasi dengan awan biru. Bahkan sinar matahari yang cerah akan membuat air laut berseri-seri dengan keindahannya.

Alamat dan rute perjalanan menuju lokasi

Alamat Pantai BalakKredit gambar: Google Maps

Pulau Balak terletak di Teluk Pidada, Pesawaran, Lampung. Wisata indah ini masih terpencil dan dekat dengan pulau Lunik dan Lok. Pelanggan yang ingin mengunjungi pulau harus memilih untuk berkendara melalui darat atau laut. Jika Anda memutuskan untuk menempuh jalur darat, Anda harus membawa kendaraan pribadi dengan memperhatikan navigasi.

Pengunjung dapat berjalan kaki melalui kota Bandar Lampung menuju pasar Bawang. Namun, selama perjalanan ini, memakan waktu sekitar 2 jam karena cukup jauh. Anda bisa menuju desa Sukamaju yang tidak begitu jauh dari pelabuhan. Sudah ada speedboat atau perahu sewaan untuk melanjutkan perjalanan menjelajahi pantai yang menawan ini.

Berkendara ke tempat wisata alam ini tidak pernah membosankan karena Anda akan diajak menyeberangi laut lepas yang indah, bahkan di sepanjang perjalanan, para tamu dapat melihat deretan pulau lain yang tidak jauh dari Pulau Balak. Selain itu, di laut lepas, wisatawan juga dapat menikmati panorama sekitar, seperti ikan dan nelayan yang lewat dengan perahu.

Biaya Perjalanan ke Pulau Balak

Biaya Perjalanan ke Pulau BalakKredit gambar: Google Maps Stensilhouse BDL

Pulau cantik ini menjadi salah satu destinasi para wisatawan yang ingin menghabiskan akhir pekan. Biaya perjalanan ke pulau ini juga diketahui tidak mengosongkan kocek. Dalam perjalanan menuju tempat tujuan, wisatawan bisa menyewa perahu berkapasitas besar mulai dari Rp 150.000. Sedangkan sewa speedboat biasanya fixed mulai dari Rp100.000 saja.

Jika pelanggan memasuki Pulau Balak, tidak perlu membayar tiket masuk. Pengelola menawarkan wisata indah ini secara gratis kepada semua orang yang datang. Wisatawan bisa berenang, bermain di pasir atau snorkeling sesuka hati tanpa biaya tambahan. Destinasi andalannya juga buka setiap hari, dan para tamu bisa menghabiskan liburan mereka hingga larut malam.

Bagi wisatawan yang memarkir kendaraannya di area pelabuhan juga bisa menyiapkan budget yang lebih besar. Biasanya parkir motor dikenakan biaya Rp 5.000. Jenis kendaraan roda empat yang diturunkan juga memiliki harga tiket yang tak kalah murah yakni Rp 10.000. Biaya mengunjungi pulau eksotis ini memang cocok di kantong karena cukup murah.

Aktivitas Seru di Pulau Balak

Aktivitas Seru di Pulau BalakKredit gambar: Google Maps

1. Snorkeling

Pulau Balak menawarkan keindahan terumbu karang yang tiada duanya. Banyak spesies laut juga berenang bebas di laut wisata ini. Bagi traveler yang ingin menikmati segala keindahan bawah laut, Anda bisa menyiapkan perlengkapan menyelam. Aktivitas snorkeling juga cocok untuk dicoba bersama teman-teman.

2. Ambil gambar

Alam di sekitar pulau yang masih sangat terjaga kelestariannya selalu membuat wisatawan ingin berfoto. Potret cantik mudah didapatkan dengan berpose di antara hamparan pasir putih. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto dengan pemandangan laut yang berlatar belakang biru. Anda yang suka berfoto pasti akan mendapatkan background yang berbeda.

3. Piknik di Pulau Balak

Aktivitas Seru di Pulau BalakKredit Gambar: Google Maps Ego Hengki Vernando

Traveler yang ingin membuat liburan menyenangkan bisa membawa sejumlah perlengkapan piknik. Biasanya pelanggan lebih suka membawa snack dan makanan yang masih mentah untuk dimasak di area pasir. Piknik juga bisa membuat pengunjung betah menikmati udara segar saat berlibur.

4. Berenang

Pulau Balak tidak memiliki ombak yang ganas karena lautnya terlihat sangat tenang. Selain itu, lautnya selalu terlihat bersih dengan warna pirus yang memukau. Pengunjung yang suka berenang bisa langsung menuju ke laut lepas, aktivitas berenang bisa dinikmati selama tour sambil menikmati terumbu karang yang mencolok.

5. Perjalanan dengan kapal

Ada perahu yang disewakan oleh petugas di tepi pantai, ombak yang tenang mendukung naik perahu selama liburan. Bagi traveler yang suka jalan-jalan sambil melihat keindahan laut dari dekat, sangat cocok untuk mencoba aktivitas ini. Naik perahu dijamin aman karena Anda akan diantar langsung oleh agen lokal.

Fasilitas yang tersedia di sekitar pulau

Fasilitas Pulau BalakKredit gambar: Google Maps

Pulau Balak dikenal cukup terpencil dan fasilitas pendukungnya belum lengkap. Tempat duduk seperti kursi pantai berjejer di setiap hamparan pasir putih. Wisatawan yang ingin menikmati udara segar dan melihat deburan ombak bisa duduk di sana. Penyewaan alat renang atau snorkeling tidak disediakan oleh pengelola setempat.

Kawasan pulau dilengkapi dengan toilet umum yang bersih dan terawat dengan baik oleh petugas. PKL dan warung makan tidak ditemukan di area pulau. Tetapi pelanggan dapat membawa makan siang sendiri atau membeli makanan di dekat pelabuhan feri. Gazebo yang dilengkapi dengan atap tidak banyak tersedia di sana.

Mushola merupakan fasilitas penunjang yang dapat digunakan untuk beribadah sesuai dengan ketersediaannya. Cottage asrama tampaknya berjejer di dekat sedikit pasir. Pengunjung bisa menginap di cottage jika ingin menikmati suasana pulau lebih lama. Penyewaan perahu sudah ada dan disediakan tempat parkir yang cukup luas.

Pulau Balak jangan sampai terlewatkan saat Anda berada di Kabupaten Peswaran, Lampung. Meski destinasinya masih terpencil, pesona alamnya dijamin natural. Bahkan terumbu karang yang megah pun bisa dinikmati langsung saat traveler berada di tepi pantai.Keindahan alam ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama rombongan kerabat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button