Air Terjun Sikulikap Karo - Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Sikulikap Karo – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, aktivitas, lokasi, dan harga tiket Air Terjun Sikulikap salah satu air terjun tersembunyi di Berastagi Karo, Sumatera Utara. Wisata bahari yang kaya akan pesona, indah dan penuh dengan spot foto yang bagus.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Desa Doulu, Arondisemen. Tanah Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Air Terjun Sikulikap merupakan salah satu dari sekian banyak wisata alam air di Sumatera. Wisata bahari yang terletak di Kabupaten Karo ini memiliki ketinggian mencapai 30 meter. Air terjun yang menawan ini sering dikunjungi wisatawan dari berbagai kota. Air terjun ini dikelilingi oleh pohon pinus yang menambah keindahan pemandangan.

Di sekitar kawasan wisata memiliki keindahan alam yang bisa menyejukkan jiwa. Air terjun yang indah ini memiliki nama lain Sampuren Sikulikap dalam bahasa daerah Karo. Air terjun di tempat ini sangat deras dan sangat indah dibandingkan dengan air terjun lainnya di Sumatera.

Menariknya, wisata air ini berlangsung di tengah hutan hujan tropis. Apalagi di tempat ini juga terdapat beberapa fasilitas dan wahana yang cukup bagus dan bagus. Air di tempat ini sangat dingin dan segar. Dimana aliran air di air terjun tersebut berasal langsung dari hutan lindung Bukit Barisan. Namun, wisatawan dilarang berenang langsung di bawah air yang deras.

Atraksi Air Terjun Sikulikap

Air Terjun SikulikapKredit gambar: Google Maps Ibnu FM

1. Keindahan air terjun

Air terjun Sikulikap dikelilingi oleh tebing berbatu dan ditumbuhi tanaman kecil. Hutan di sekitar air terjun merupakan hutan lindung. Hutan ini juga dijadikan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser di Kabupaten Karo.

Salah satu daya tarik air terjun ini adalah adanya perhentian atau tempat peristirahatan yang dibangun mengikuti gaya rumah adat Karo. Di tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat bersantai dan menikmati makan siang Anda.

Lokasi air terjun yang sejuk dan menyegarkan bisa membuat Anda rileks. Memang, aliran air yang jatuh sangat penting dan deras. Dengan demikian, beberapa peringatan dipasang di sekitar alun-alun. Dimana peringatan tersebut berbunyi larangan mandi dibawah air terjun langsung.

Air terjun ini berada di bawah jurang yang dikenal sebagai jurang tatapan. Tempat ini merupakan tempat paling terkenal di Kabupaten Karo. Kawasan jurang yang asri dan ramai ini dimanfaatkan warga sekitar untuk berjualan jajanan dan kuliner lainnya.

Anda bisa mendapatkan jagung bakar, jagung rebus di tempat ini. Sambil menikmati makanan, Anda juga akan menikmati keindahan alam perbukitan, hutan dan air terjun.

Untuk mendekati air terjun, Anda tidak perlu khawatir. Agen pengelola air terjun menyediakan jalur yang aman dan mulus menuju air terjun. Ada tangga dengan pagar besi di sisi-sisinya yang bisa membawa Anda turun dengan aman. Beberapa jalan yang curam juga telah diperbaiki dan diaspal.

2. Lihat Foto Instagrammable

Di kawasan air terjun Sikulikap terdapat beberapa spot foto yang instagrammable. Spot foto disediakan oleh penanggung jawab kawasan wisata ini. Berfoto di tangga dengan air terjun menjadi favorit para remaja yang datang.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun, dibangun beberapa spot foto. Terdapat background cantik yang juga bisa digunakan untuk selfie dan selfie. Apalagi di dekat air terjun yang indah ini juga terdapat sebuah gubuk unik yang dijadikan sebagai spot foto para wisatawan.

Ada rumah hobbit yang juga menjadi lokasi foto unik. Di depan rumah hobbit ini, wisatawan yang datang selalu mengantre untuk mendapatkan foto-foto indah di tempat.

Terdapat rumah pohon yang menyuguhkan pemandangan air terjun dari ketinggian pohon. Keberadaan rumah pohon menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang berbondong-bondong. Pengunjung hunting foto menjadikan ini pilihan utama untuk berfoto

Selain itu, ada papan unik dengan tulisan suci yang indah dipajang. Keberadaan tulisan-tulisan tersebut juga dijadikan sebagai tempat pengambilan foto dan selfie para pengunjung.

3. Spot foto sebelum pernikahan

Kawasan hutan dan air terjun yang menawarkan pemandangan yang sejuk dan sejuk membuat sebagian pengunjung menjadi tempat yang tepat untuk berfoto prewedding. Lokasi dan suasana ini juga memberikan suasana romantis untuk berfoto bagi pasangan baru.

Di antara deretan pohon pinus adalah salah satu pilihan yang bagus untuk berfoto. Apalagi ada pojok favorit yang dijadikan sebagai tempat yang asik untuk berfoto bersama pasangan. Berfoto di tempat ini sangat cocok untuk dibingkai dan dipajang dengan indah di dinding rumah Anda.

Sebelum pergi ke tempat wisata, periksa dan perhatikan cuaca hari itu. Usahakan untuk tidak datang saat hujan deras. Atau Anda harus sangat berhati-hati. Di tangga saat turun akan lebih licin saat hujan dan akan memudahkan untuk meluncur.

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun Sikulikap

Alamat Air Terjun SikulikapKredit gambar: pejalan kaki Google Maps

Air Terjun Sikulikap Karo terletak di Sumatera Utara. Titik keberadaannya berada di Jalan Jamin Ginting, Desa Doulu, Tanah Berastagi, Karo. Dari Medan, perjalanan menuju lokasi wisata air terjun memakan waktu sekitar 3 jam.

Air terjun ini menjadi pilihan utama saat berlibur bersama keluarga atau teman. Untuk petunjuk arah menuju venue, jika berada di pusat kota Medan, arahkan kendaraan Anda ke Martelu. Jalan ini akan membawa Anda ke perbatasan.

Setelah sampai di perbatasan Kabupaten Karo, Anda bisa mengikuti petunjuk arah menuju air terjun Sikulikap. Dari perbatasan ini, rute untuk sampai ke tempat kunjungan akan lebih mudah untuk dikunjungi.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan, disediakan tempat parkir di dekat gerbang masuk wisata. Setelah itu Anda harus berjalan kaki untuk sampai ke tempat wisata.

Untuk memasuki kawasan wisata bahari tidak dikenakan biaya. Hanya saja untuk kendaraan yang diparkir akan dikenakan biaya lima ribu rupiah untuk sepeda motor. Untuk kendaraan roda empat dan sejenisnya dikenakan biaya sepuluh ribu rupiah.

Jam kerja sirkit air adalah dari jam 7 pagi saat matahari mulai terbit, sampai jam 5 pagi saat matahari mulai terbenam. Pengunjung disarankan untuk tidak berada di dasar ngarai atau di dekat air terjun saat hari sudah gelap. Selain gelap, sangat berbahaya jika tidak melihat jalan yang licin.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Sikulikap

Aktivitas Seru di Air Terjun SikulikapKredit gambar: Google Maps Un Seng

1. Trekking ke air terjun

Jalan santai ke tempat wisata bahari ini memakan waktu sekitar 15 menit. Jalur pendakian dilakukan dengan lancar dan baik. Ada beberapa anak tangga yang harus dinaiki. Setiap tangga memiliki pegangan besi untuk berpegangan.

Trek ini dimulai dari tempat parkir. Perjalanan bisa memberi Anda banyak pengalaman menarik. Jalur menuju air terjun melewati hutan, jadi akan sangat seru. Deretan pepohonan hijau dan pemandangan alam yang akan Anda temukan selama perjalanan dapat menambah koleksi foto Anda.

Sepanjang jalan, anggrek hutan berbunga indah akan disajikan untuk Anda. Selain itu, beberapa kera yang bermain-main di sekitar pepohonan bisa menjadi penyemangat perjalanan Anda ke sana.

2. Bersantai di area air terjun

Aliran air yang mengalir di kawasan air terjun Sikulikap ini berasal langsung dari pegunungan Karo. Ditambah dengan semilir angin yang sejuk dari hutan wisata di sekitarnya, tempat ini menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai.

Selain pemandangan alam yang menyejukkan, pemandangan di kawasan ini juga dibingkai oleh aroma pohon pinus di sekitar air terjun. Tempat ini sangat indah sebagai tempat untuk mengambil foto atau membuat video.

3. Mendaki

Lokasi air terjun ini sudah lama dijadikan sebagai lokasi pendakian oleh para wisatawan. Di dekat air terjun ada dinding batu yang merupakan tempat yang bagus untuk olahraga ekstrim ini.

Pendakiannya memiliki kemiringan kurang lebih 90 derajat. Medan yang menakutkan dan sulit ini telah menjadi kegiatan favorit bagi banyak wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara dan manca negara.

Komunitas pendaki sering datang dan menggunakan tempat ini untuk latihan. Bagi Anda yang menyukai ketinggian dan ingin menguji nyali, Anda bisa datang ke lokasi air terjun. Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba olahraga ini, jangan khawatir dan takut, karena Anda akan diuntungkan dengan peralatan, keamanan, dan latihan.

4. Perkemahan

Aktivitas Seru di Air Terjun SikulikapKredit gambar: Google Maps Sejahtera Pandia

Ada kawasan desa yang direncanakan di dekat lokasi air terjun. Anda bisa mendirikan tenda sambil menikmati keindahan alam di sekitar Anda. Anda tidak perlu khawatir kekurangan air jika berkemah di sini. dengan berjalan kaki didekatnya anda bisa mengambil air di air terjun yang airnya berasal dari pegunungan tersebut.

Pada malam hari, menikmati suasana hutan dan air terjun di sekitar wisata ini akan membuat Anda rileks. Di malam hari, kicau jangkrik akan menemani tidur nyenyak Anda.

Anda dapat mengatur acara berkemah yang menyenangkan di tempat ini. Membuat api unggun, misalnya. Setelah membuat api, Anda bisa membakar jagung atau ayam di perapian. Kegiatan ini sering dilakukan oleh beberapa pengunjung yang datang ke perkemahan.

5. BBQ Keluarga

Di sekitar air terjun, Anda bisa melakukan aktivitas barbeque atau memanggang ria bersama keluarga atau teman. Di mana lagi Anda bisa memanggang di luar ruangan di dekat air terjun jika bukan di Air Terjun Sikulikap.

Tempatnya yang sangat menguntungkan membuat tempat ini sangat cocok dan cocok. Liburan asik bisa kamu lakukan sambil makan di dekat air terjun ini. Dikelilingi oleh pemandangan eksotis dan air terjun yang mempesona, membuat liburan Anda semakin penuh dengan momen-momen indah.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Sikulikap Karo

Fasilitas Air Terjun SikulikapKredit gambar: Google Maps Hanif Nasution

Fasilitas yang disediakan di lokasi wisata bahari sangat banyak. Ada spot foto yang unik dan menarik, Ada tempat untuk duduk dan beristirahat. Ada gubuk kayu tradisional bergaya Karo. Ada fasilitas umum dan parkir.

Selain itu, terdapat fasilitas yang digunakan sebagai ajang olahraga dan permainan yang menyenangkan. Ada tempat untuk mendaki atau panjat di dekat air terjun, ada lokasi desa yang terletak di tempat yang strategis.

Demikian informasi mengenai Air Terjun Sikulikap di Tanah Karo yang dulunya juga terkenal. Kini air terjun tersebut sudah ada dan menjadi populer kembali. Setelah tidur panjang. Menurut penjaga wisata, tempat wisata bahari ini menerima lebih dari 1000 pengunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button