Keindahan Pulau Rubiah, Tempat Eksotis Bagi Pecinta Snorkeling di Sabang - WisataHits
wisatahits

Keindahan Pulau Rubiah, Tempat Eksotis Bagi Pecinta Snorkeling di Sabang

Keindahan Pulau Rubiah, Tempat Eksotis Bagi Pecinta Snorkeling di Sabang
Biaya kunjungan: Rp30.000, Jam operasional: 10.00-16.00 WIB, Alamat: Pulau Rubiah, Kota Sabang, Banda Aceh; Kasus: Verifikasi lokasi

Banyak kegiatan untuk mengisi liburan, salah satunya mengunjungi objek wisata. Pulau Rubiah merupakan tempat yang paling cocok untuk dijadikan tempat refreshing untuk bersantai setelah aktivitas mingguan. Keindahan pulau yang tiada duanya ini akan membuat Anda betah dan tak ingin segera meninggalkan tempat itu. Bagi Anda yang tidak memiliki tujuan piknik atau jalan-jalan, tidak ada salahnya untuk mengunjunginya.

Pulau Rubiah terletak di bagian utara kota Banda Aceh, tepatnya di Sabang. Sedangkan Sabang sendiri terletak di Pulau Weh, yaitu sebuah pulau yang lokasinya terpisah dari deretan pulau lain di Aceh. Dalam bahasa setempat, Weh berarti “melarikan diri” atau pergi, sehingga mungkin ini menjadi salah satu faktor nama pulau tersebut.

Salah satu alasan banyak orang mengunjungi pulau memanjang ini tak lain adalah kehidupan bawah lautnya yang indah. Airnya yang jernih seakan memungkinkan siapa saja untuk melihat kedalaman laut yang di bawahnya hidup berbagai spesies hewan dan tumbuhan. Wisatawan yang datang ke tempat tersebut pasti ingin menyelam atau biasa disebut snorkeling.

Atraksi Pulau Rubiah

Atraksi di Pulau RubiahKredit gambar: Twitter NatGeo Indonesia

Pulau cantik yang terletak di atas lahan seluas 2.600 hektar ini kondisinya masih bagus karena belum berpenghuni, hanya beberapa kepala keluarga yang tinggal di sana. Tentunya ada alasan kenapa banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung setiap harinya. Taman Laut Pulau Rubiah adalah nama lain dari objek wisata yang memiliki berbagai daya tarik ini!

1. Keindahan biota bawah laut

Bagi setiap orang yang datang ke tempat tersebut pasti terkagum-kagum dengan pemandangan alam yang indah. Berbagai ukuran pohon di tempat itu membuat mata sejuk karena warnanya yang hijau. Airnya yang jernih dengan warna biru kehijauan seolah mengundang pengunjung untuk datang dan menikmatinya. Namun bukan itu yang menjadi daya tarik utamanya, melainkan biota bawah lautnya yang sangat indah dan menawan.

Pemandangan bawah laut yang Anda dapatkan tak lepas dari jernihnya air laut di Pulau Rubiah. Bahkan di kedalaman puluhan meter, Anda bisa melihat dengan jelas berbagai objek di dasar laut. Ikan berbagai ukuran dan warna menghiasi air laut, tidak lupa tanaman karang yang indah yang juga menjadi habitat ikan yang ikut menghiasi pulau ini.

Anda dapat dengan jelas melihat tanaman karang berbentuk kipas yang melambai dari arus air. Tumbuhan ini tumbuh di bebatuan yang tidak terlalu tajam. Di sepanjang pinggiran tanaman dan bebatuan, kawanan ikan-ikan kecil mengintai, menambah kesan alami dan eksotis. Jika beruntung, ada kima raksasa yang juga menjadi habitat permanen di pulau indah ini.

2. Sejarah Pulau Rubiah

Kebanyakan pengunjung sering tidak menyadari daya tarik mengenai asal usul penamaan pulau yang indah ini. Namun jika dicermati, penamaan pulau tersebut masih menyisakan sejarah panjang perjuangan salah satu penguasa Islam. Dia adalah Sarah Rubiah, juga dikenal sebagai Siti Rubiah. Beliau adalah salah satu tokoh agama dengan ilmu yang mumpuni yang sangat dikagumi oleh masyarakat Aceh semasa hidupnya.

Siti Rubiah adalah putri dari Tengku Ibrahim atau lebih dikenal dengan nama Tengku Iboih. Bahkan ada salah satu pulau Sabang yang dinamai menurut namanya, yaitu Pulau Iboih. Awalnya, kedua tokoh agama itu tinggal di Pulau Weh dan menyebarkan Islam di sana. Berbagai kegiatan seperti pengajian dan pengajian telah berlangsung bertahun-tahun.

Namun di beberapa titik terjadi perselisihan antara keduanya yang mengakibatkan Siti Rubiah memilih pindah ke pulau berikutnya yang saat ini dikenal dengan nama Pulau Rubiah. Ia tinggal di pulau tersebut hingga akhir hayatnya, bahkan Anda bisa mengunjungi makamnya yang tidak jauh dari lokasi wisata.

3. Tempat yang bagus untuk snorkeling

Tak bisa dipungkiri banyak wisatawan yang datang ke sini untuk tujuan diving atau snorkeling. Semuanya tidak lepas dari keindahan alam bawah laut yang sangat jelas terlihat. Airnya yang jernih seolah menyatu dengan bebatuan dan tumbuhan yang mengelilinginya. Ikan cantik berwarna-warni juga melengkapi keindahan biota bawah laut yang juga menjadi daya tarik pulau ini.

Bagi wisatawan yang gemar menyelam, objek wisata ini seperti magnet yang memaksa mereka untuk datang dan berkunjung. Setidaknya ada 15 jenis biota laut di tempat wisata ini yang semuanya dilindungi oleh pemerintah. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menjaga keutuhan habitatnya agar tidak rusak dan tetap asri untuk generasi selanjutnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Rubiah SabangKredit gambar: Google Maps niza zulfan

Seperti yang terlihat pada pembukaan di atas, letak Pulau Rubiah masih berada di kawasan Pulau Weh yang merupakan pulau terbesar di Aceh. Alamat lengkapnya di Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh dengan rute yang lebih banyak menggunakan transportasi air. Oleh karena itu, bagi Anda yang berkunjung ke tempat tersebut tidak disarankan untuk membawa kendaraan pribadi.

Silahkan parkir kendaraan anda di kawasan perkotaan Banda Aceh kemudian dilanjutkan menuju Pelabuhan Ulee Lheue. Dari tempat ini Anda bisa menggunakan kapal ferry atau speedboat yang cukup terjangkau menuju Pulau Weh. Melanjutkan perjalanan menuju Pantai Iboih, kemudian menggunakan transportasi darat atau laut menuju objek wisata utama. Transportasi yang bisa dipilih dari pantai Iboih adalah perahu, mobil angkutan umum dan juga speedboat.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket ke Pulau Rubiah SabangKredit gambar: Google Maps Bhekti Lestari

Layaknya tempat wisata yang dikelola dengan baik lainnya, Pulau Rubiah juga mengharuskan Anda membayar tiket masuk. Tentu saja, itu tidak terlalu mahal dibandingkan dengan pengalaman mendebarkan dan pemandangan indah pulau ini.

Dengan membayar tiket seharga 25.000 rupiah, silahkan puaskan diri dan nikmati semua yang ada di tempat wisata tersebut. Untuk tiket parkir tentunya tidak anda perlukan karena selama perjalanan anda menggunakan kendaraan umum.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Pulau Rubiah

Aktivitas Pulau Rubiah SabangKredit gambar: Google Maps Sofyan Adam

Setibanya di sana, ada banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa Anda lakukan, semua tergantung hobi Anda masing-masing. Bisa dibilang hampir semua kegiatan yang dilakukan sangat menarik dan mengasyikkan. Tentunya tidak semua orang atau pengunjung memiliki gambaran tentang apa yang harus dilakukan dalam sebuah perjalanan. Oleh karena itu, daftar berikut dapat membantu Anda menemukan inspirasi yang tepat.

1. Menikmati keindahan Pulau Rubiah

Kesan pertama yang pasti akan Anda dapatkan saat menginjakkan kaki di pulau ini tentu saja menakjubkan. Tanpa disadari, kegiatan ini juga menarik untuk dilakukan, meski terkesan pasif. Sejauh mata memandang, Anda hanya bisa melihat dua hal, yakni kejernihan air dan perbukitan pulau yang berseberangan dengan keindahan panorama hutan.

Jangan lewatkan keindahan taman bawah laut yang telah dijelaskan di atas. Keindahannya tidak bisa dilupakan meski Anda kembali dari tempat itu. Sayang sekali jika panorama alam yang sempurna ini dikesampingkan. Apalagi jika semua pesona yang dihadirkan disana bisa menghilangkan penat dan stress yang dirasakan. Dengan kata lain, pikiran akan kembali segar setelah menikmati keindahannya.

2. Menyelam yang seru dengan biota laut

Ada dua jenis kegiatan menyelam yang bisa Anda lakukan di Pulau Rubiah. Yang pertama adalah snorkeling dengan kedalaman yang cukup dangkal, sehingga aman untuk pemula. Yang kedua adalah menyelam, dimana Anda menyelam hingga kedalaman puluhan meter. Karena yang satu ini umumnya dibuat untuk mereka yang sudah profesional dalam kegiatan menyelam.

Tak perlu dijelaskan betapa indahnya biota laut yang akan Anda jumpai. Karena tentunya semua penjelasan kecantikan di atas bisa Anda bayangkan. Bagi yang tidak membawa perlengkapan snorkeling, pihak pengelola dibantu warga sekitar untuk menyediakan perlengkapan lengkap dengan harga terjangkau.

3. Saksikan keindahan sunset

Aktivitas Seru Pulau Rubiah SabangKredit gambar: Google Maps Arbie Samudra

Kegiatan seru dan menarik lainnya adalah menyaksikan sunset, atau istilah kerennya sunset. Letak Pulau Rubiah yang terbentang baik di utara maupun selatan menjadikannya tempat yang sangat cocok untuk menyaksikan matahari terbenam. Cahaya kuning perlahan berubah menjadi oranye yang sangat terang. Perlahan tapi pasti, cahaya tak lagi mampu menembus jernihnya air laut.

4. Fotografi Bawah Air

Jangan lupa untuk mengabadikan momen selama berlibur di pulau cantik ini. Spot yang paling dinantikan adalah saat menyelam di dasar laut. Keindahan semakin terlihat jika Anda mengambil titik di mana terdapat terumbu karang yang dikelilingi oleh ikan-ikan kecil berwarna-warni. Untuk kegiatan tersebut tentunya diperlukan kamera khusus anti air. Jika tidak mempersiapkan diri dari rumah, ada tempat persewaan di tempat wisata ini dengan harga yang sudah ditentukan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Atraksi Pulau RubiahKredit Gambar: Twitter Katerina. S

Demi kenyamanan pengunjung, pengelola Pulau Rubiah menyediakan fasilitas yang lengkap. Terdapat mushola yang dapat digunakan sebagai tempat ibadah ketika waktunya tiba. Toilet di lokasi juga cukup nyaman dan bersih.

Fasilitas lainnya adalah adanya wadah khusus yang bagian dasarnya terbuat dari kaca sehingga tembus pandang. Perahu ini dikenal sebagai perahu dasar kaca dan umumnya digunakan bagi mereka yang tidak mau atau tidak bisa menyelam.

Berbagai daya tarik dan manfaat pulau cantik ini tidak boleh disepelekan. Hampir semua yang ada di pulau ini sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk kenyamanan pengunjung. Untuk mengisi waktu liburan dengan mengunjungi tempat wisata alam, Pulau Rubiah menjadi rekomendasi utama kami.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button