Pulau Simeulue, Aceh, Destinasi Bahari yang Eksotis - WisataHits
wisatahits

Pulau Simeulue, Aceh, Destinasi Bahari yang Eksotis

Atraksi, Aktivitas Hari libur & Lokasi Pulau Simeulue salah satu pulau yang memiliki cantik alami luar biasa di provinsi aceh. Pulau ini seperti surga bahari siapa tetap hidup dan kaya akan pesona wisata.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp44.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Daerah. Simeulue, Aceh; Kasus: Cek lokasi

Indonesia disebut negara kepulauan karena merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan lautan. Oleh karena itu tidak heran jika Indonesia memiliki banyak pulau. Pulau Simeulue merupakan salah satu destinasi yang paling didambakan para wisatawan. Selain pulau-pulau tersebut, masih banyak pulau lain yang memiliki potensi wisata yang besar baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jika berkunjung ke Pulau Simeulue, wisatawan akan menikmati keindahan alam bak surga dunia. Pulau ini sering disebut sebagai dunia peselancar. Memang, wisatawan yang berkunjung ke pulau ini dapat menikmati berbagai fasilitas hiburan seperti berselancar. Keindahan pulau yang eksotis ini selalu memukau para traveler.

Meski terletak di provinsi Aceh dan sering terjadi gempa, keberadaan pulau ini tetap dicari oleh para wisatawan. Tidak hanya sekedar bersantai, namun dengan berkunjung ke pulau ini, wisatawan dapat merasakan keindahan alam yang selalu alami dan luar biasa. Ketenangan dan ketenangan bisa dirasakan di pulau ini. Berikut beberapa hal menarik terkait pulau cantik ini.

Tempat wisata Pulau Simeulue

Aktivitas di Pulau SimeulueKredit Gambar: Google Maps Hazim Coffee

Pulau ini memiliki daya tarik yang sedemikian rupa sehingga dapat menjadi tujuan wisata tingkat tinggi. Keberadaan pulau ini menambah jajaran pulau-pulau di Indonesia dengan keindahan alam yang memukau. Berikut beberapa tempat wisata di pulau ini yang membuat wisatawan betah.

1. Lokasi bersih dan asri di pulau

Kebersihan selalu menjadi salah satu aset sebuah tempat wisata. Meski tempat wisata tersebut memiliki keindahan yang luar biasa, namun jika sampah menumpuk dan tidak terawat akan terlihat buruk. Pulau Simeulue memiliki lokasi yang bersih dan masih alami. Untuk membuat wisatawan betah berlama-lama mengunjungi pulau ini bahkan dengan menyewa penginapan.

Manajemen melakukan yang terbaik untuk menjaga pulau ini tetap terjaga. Dimulai dengan pembersihan setiap hari dan kemudian mengajak wisatawan untuk selalu membuang sampah pada mereka.

Apalagi pengelola selalu mengontrol beberapa Spot atau lokasi yang bisa menimbulkan banyak sampah. Perawatan tersebut sengaja dilakukan untuk menjaga kebersihan pulau.

2. Hamparan pasir putih yang luas

Daya tarik lain dari pulau ini adalah hamparan pasir putihnya yang luas. Hamparan yang dibingkai oleh warna biru laut, sungguh menakjubkan. Pulau ini ditumbuhi banyak tanaman dan pohon-pohon tinggi. Pada siang hari, wisatawan tidak akan merasa kepanasan karena banyaknya pepohonan yang rindang.

Apalagi banyaknya pepohonan yang rindang membuat udara di pulau ini segar. Wisatawan bisa duduk di gazebo sambil menikmati pemandangan laut yang mempesona sejauh mata memandang. Dengan langit yang cerah dan pasir putih yang memukau.

3. Deretan pantai dengan ombak besar

Pulau Simeulue adalah surga bagi para peselancar. Mereka bisa memompa adrenalin dengan menantang ombak besar. Namun, ini hanya boleh dilakukan oleh para profesional.

Jika Anda masih amatir dan ingin mencoba, Anda harus melalui pelatihan terlebih dahulu. Karena ombak di pulau ini cenderung lebih besar daripada di pantai pada umumnya.

4. Berbagai kegiatan liburan yang menarik

Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini dapat melakukan berbagai aktivitas menarik. Mulai dari aktivitas pantai di sekitar pulau hingga aktivitas laut, apalagi pengelola pulau ini juga menyediakan banyak fasilitas bagi wisatawan.

Baik kebutuhan akan kondisi tertentu maupun kebutuhan akan olahraga air. Dengan demikian, wisatawan yang berkunjung ke sini tidak perlu khawatir dengan peralatan bermain air.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Simeulue

Alamat pulau SimeulueKredit gambar: Twitter Pengembangan Salem

Bagi masyarakat yang memiliki tempat tinggal di Provinsi Aceh, tentunya sudah tidak asing lagi dengan pulau yang satu ini. Karena pulau ini terletak di provinsi Aceh. Namun pulau ini masih berada di kepulauan Sumatera, tepatnya di Kabupaten Simeulue, Aceh.

Jalan menuju Pulau Simeulue relatif masih muda. Jika wisatawan datang dari kota Banda Aceh, bisa menggunakan transportasi darat. Ada 2 jenis transportasi yang dapat ditempuh wisatawan dan memiliki rute menuju pulau tersebut.

Transportasi adalah minibus L300 dan bus Damri. Bila menggunakan dua sarana transportasi ini, wisatawan akan diarahkan ke Labuhan Haji. Sedangkan untuk waktu tempuhnya sendiri terhitung 8 sampai 14 jam tergantung sarana transportasi yang digunakan.

Selain itu, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Simeulue akan dipandu oleh pengelola. Sehingga wisatawan lokal maupun mancanegara yang baru pertama kali datang ke Simeulue tidak perlu khawatir karena akan ada pemandu arah.

Wisatawan yang belum pernah ke pulau ini tentunya harus mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan pulau ini. Jika wisatawan tersebut berasal dari luar negeri atau dari daerah sendiri namun berada di daerah terpencil maka perlu mempersiapkan beberapa hal seperti biaya, kesehatan, tenaga dan persiapan yang matang.

Tentu saja yang lokasinya di wilayah Aceh harus diterbangkan. Sebelum menuju ke sana, tentunya setiap wisatawan akan menaiki kapal feri. Tarif feri sangat bervariasi dan dapat berubah.

Misalnya, saat ini biaya untuk wisatawan tanpa kendaraan adalah Rp 44.000 untuk dewasa sedangkan anak-anak hanya sekitar Rp 26.000. Jika membawa kendaraan, biaya yang dikeluarkan mungkin lebih tinggi.

Aktivitas yang dapat dilakukan di pulau Simeulue

Aktivitas Pulau SimeulueKredit gambar: Twitter Fakta Aceh

Setelah wisatawan mengunjungi pulau ini selama ini, tentu sangat disayangkan mereka tidak melakukan berbagai aktivitas menarik. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan.

1. Lakukan aktivitas menyenangkan di pantai

Banyak sekali permainan pantai yang bisa dilakukan wisatawan. Misalnya snorkeling, lalu surfing, memancing dan masih banyak lagi.

Setiap lokasi memiliki fitur air yang berbeda. Misalnya pengelola menyediakan lokasi khusus untuk snorkeling, kemudian lokasi khusus mancing hingga lokasi khusus yang bisa digunakan untuk berselancar.

2. Nikmati panorama alam yang eksotis

Tentu saja, hampir setiap pantai memiliki permainan air, tetapi yang membedakan pantai pada umumnya dan pulau ini adalah keindahan alamnya. Pulau ini selalu dijaga kebersihannya sehingga setiap kali wisatawan mengunjunginya selalu terlihat alami dan eksotis.

3. Ambil foto di tempat keren

Berfoto merupakan kegiatan yang sayang untuk dilewatkan. Pulau ini memiliki puluhan bahkan ratusan spot yang bisa digunakan untuk berfoto. Bagi wisatawan yang lupa untuk tidak membawa kamera tidak perlu khawatir karena di tempat ini juga terdapat jasa fotografi.

Penginapan murah di sekitar pulau

Penginapan murah di sekitar pulauKredit gambar: Twitter erito

Perjalanan yang jauh tentu membuat wisatawan lelah ketika langsung pulang dan berangkat. Oleh karena itu, pengelola menawarkan banyak penginapan di pulau ini.

1. Pondok Selancar Simeulue

Hostel ini tidak jauh dan terletak di pulau Simeulue. Bahkan hostel ini mendapat rating 4,5 dari 5. Bagi wisatawan yang ingin menginap di hostel ini harus merogoh kocek sedikit.

Karena harga yang ditawarkan sekitar Rp1.265.000. Hostel ini memiliki bentuk rumah yang terlihat seperti rumah adat dan juga background yang cantik. Bahkan wisatawan bisa mendapatkan berbagai fasilitas lengkap mulai dari sarapan hingga makan siang.

2. Perjalanan Homestay Simeulue

Hostel ini merupakan salah satu yang ramai dikunjungi wisatawan karena memiliki harga yang relatif terjangkau. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 450.000. Namun, hotel ini biasanya sudah ramai pengunjung. Jadi jika Anda ingin memesan, Anda harus memesan terlebih dahulu.

3. Resor Selancar Mahi Mahi

Hostel ini memiliki rating tertinggi dan paling banyak diminta oleh wisatawan. Hal ini karena bentuknya yang mewah namun tetap estetis. Hostel ini dibanderol dengan harga Rp 1.450.000. Meski harganya cukup mahal, namun banyak wisatawan yang berkunjung ke hostel ini untuk bersantai dan beristirahat.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pulau Simeulue

Fasilitas di Pulau SimeulueKredit gambar: Twitter KueDang

Pulau ini memiliki fasilitas yang lengkap dan melayani wisatawan. Misalnya, ada sebuah penginapan yang terletak di pulau ini. Hal ini memudahkan wisatawan untuk beristirahat dan langsung menikmati keindahan pulau ini dalam waktu yang lama.

Kemudian, keberadaan gerai dan warung makan membuat wisatawan tidak perlu khawatir jika kelaparan. Fasilitas umum yang disediakan juga didesain dengan sangat baik sehingga wisatawan tidak perlu mengantri atau bergantian.

Pulau ini sangat luas dan memiliki beberapa pantai yang bisa dikunjungi wisatawan. Selain itu, pihak pengelola pulau ini menyediakan berbagai perlengkapan untuk melakukan aktivitas rekreasi air.

Sebagai warga negara Indonesia, sangat disayangkan jika Anda belum pernah mengunjungi Pulau Simeulue. Karena nuansa alam yang luar biasa sangat menakjubkan. Pulau di provinsi Aceh ini sangat direkomendasikan. Meski biaya yang dibutuhkan mahal, namun tidak sebanding dengan keindahan yang akan didapatkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button