Jagongan Wagen edisi Desember 2022 menampilkan pertunjukan tari dari Akar Padi - WisataHits
wisatahits

Jagongan Wagen edisi Desember 2022 menampilkan pertunjukan tari dari Akar Padi

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) kembali menghadirkan Jagongan Wagen (JW) offline untuk ketiga kalinya dan sekaligus menutup Jagongan Wagen edisi tahun ini.

Bagus Bang Sada, pemenang Hibah Seni PSBK 2022 dari Denpasar, Bali, akan menampilkan untuk pertama kalinya di platform Jagongan Wagen pertunjukan tari barunya yang berjudul Sejak Akar Padi.

03. Gladi bersih - Sejak padi berakar dok Sito Adhi Anom - PSBK MediaLatihan – Sejak padi berakar dok Sito Adhi Anom – PSBK Media

Karya ini mengangkat isu agraria yang terjadi di kawasan Gusbang Giyanyar, Bali.

Proses kuratorial berlangsung secara hybrid (offline dan online) antara Gusbang dan tim PSBK selama beberapa bulan hingga proses kreatif di PSBK.

Sejak pertengahan November 2022, Gusbang memulai prosesnya di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja.

Adanya jalur lintas wisata menjadi salah satu penyebab Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali mengalami alih fungsi lahan pertanian secara masif.

Tidak hanya bangunan setelah sawah diterbitkan, tetapi diikuti oleh ketidakpedulian sesama warga, serta ketidakpedulian penduduk setempat terhadap lingkungan alam sekitarnya. Hal ini ditemui Gusbang saat harus pulang.

Di negara kelahirannya yang banyak berubah, dia menemukan dirinya dalam posisi yang penuh dengan pertanyaan: “Saya ingin bertarung, tetapi apa yang ingin saya lawan?”

“Ada hal yang harus dipertahankan, tapi apa yang ingin saya pertahankan?” Dia memasukkan pertanyaan-pertanyaan ini ke dalam karya tari berjudul “Since Paddy Roots”.

Gusbang meminjam simbol beras untuk merespon perubahan penggunaan lahan di desanya.

Ibarat nasi yang mengental dan tenggelam, Gusbang ingin melihat perubahan terjadi dari semua sisi agar tidak terburu-buru menyalahkan, juga tidak sombong dalam menyimpulkan pendapat atas situasi yang telah lama hilang dari hidupnya.

Kecemasan tentang sumber makanan atau kekhawatiran tentang dampak lingkungan yang negatif tidak dapat dihindari dan manusia memiliki segala cara untuk beradaptasi.

Secara artistik, Gusbang menawarkan sikap duduk yang dipinjam dari salah satu sikap tari tradisional Bali (Kebyar Sat) untuk mengungkapkan sikap kepemilikan terhadap bumi sekaligus bentuk adaptasi tubuh itu sendiri terhadap ruang yang mulai berubah.

Pertunjukan Tari Since Akar akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Desember 2022 pukul 19.30 WIB di Gedung Diponegoro, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button