Taman Nasional Baluran, Afrika Jawa - WisataHits
Jawa Barat

Taman Nasional Baluran, Afrika Jawa

situbondo

Provinsi Jawa Timur memiliki keindahan alam yang luar biasa dari barat hingga timur. Buktinya, banyak destinasi wisata alam dan buatan di provinsi ini. Salah satunya adalah Taman Nasional Baluran di Situbondo.

Taman Nasional Baluran terletak di Jalan Raya Banyuwangi-Situbondo KM 35 Wonorejo, Banyuputih, Situbondo. Anda dapat dengan mudah menemukan daerah ini jika Anda berkendara dari Situbondo ke Banyuwangi.

Baluran sebagai Afrika van Java

Taman Nasional Baluran sebenarnya merupakan cagar alam dengan ekosistem asli. Pengelolaannya diatur dengan sistem zonasi yang digunakan untuk tujuan penelitian, ilmiah, dan pendidikan untuk mendukung budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Namun, keindahan alamnya membuat taman nasional ini diberi nama Africa van Java. Karena saat musim kemarau Anda bisa melihat panorama yang mirip seperti di daratan Afrika. Namun saat musim hujan, pemandangan di sana sangat hijau dengan latar belakang Gunung Baluran.

Selain itu, ada juga kawasan Savana Bekol dengan rerumputan dan pepohonan yang eksotis. Kawasan ini merupakan habitat hewan seperti kerbau, banteng, rusa, kera, lutung, merak dan ular, serta berbagai jenis burung kecil.

Sekelompok rusa timor (Cervus timorensis) mencari makan di sabana yang menjadi habitatnya di kawasan Taman Nasional BaluranSekelompok rusa timor (Cervus timorensis) mencari makan di sabana yang menjadi habitatnya di Taman Nasional Baluran / Foto: Dedy Istanto

Tempat wisata di Baluran

Dilihat dari website Pariwisata Kabupaten Situbondo, ada beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Savana Bekol, melewati hutan hijau lebat Evergreen Forest hingga keindahan bawah laut Bama.

Ada juga beberapa destinasi lain seperti Goa Jepang, Curah Air Mata, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, dan Lempuyang. Serta Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Pile dan Candi Pandean atau Bang.

Jangan lewatkan Pantai Bama, karena pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan ombak yang cocok untuk berselancar. Dan terumbu karang di dasar laut.

Salah satu spot foto paling populer di Baluran adalah padang sabana dengan background pegunungan. Apalagi saat matahari terbenam pemandangannya sangat bagus. Penyanyi Raisa juga merekam video klip di sana.

Snorkeling di Taman Nasional BaluranSnorkeling di Taman Nasional Baluran Foto: Wahyu Setyo Widodo

Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Sebelum anda berkunjung ke Baluran ada baiknya anda mengetahui berapa biaya yang harus anda keluarkan. Berikut rincian harga tiket masuk Taman Nasional Baluran.

Hari kerja/weekday:

  • Wisatawan lokal Rp 16.000/orang
  • Wisatawan asing Rp 165.000/orang

Hari Libur/Akhir Pekan:

  • Wisatawan lokal Rp 18.500
  • Wisatawan asing Rp 240.000
    Taman Nasional BaluranSunset di Taman Nasional Baluran Foto: (muh.umam13/d’Traveler)

Parkir kendaraan:

  • Sepeda 2 Rp 5.000
  • roda 4 Rp 10.000
  • Sepeda 6 Rp 50.000

Beberapa larangan yang harus diperhatikan saat berkunjung adalah:

  • Dilarang memberi makan hewan
  • Jangan mengoperasikan drone
  • Kecepatan kendaraan 20 km/jam
  • jangan mencemari

Demikian informasi mengenai Taman Nasional Baluran di Situbondo. Ayo ke Baluran, kak!

Tonton video Taman Nasional Baluran, Sunrise Of Java, Tempat Perlindungan Satwa, Situbondo
[Gambas:Video 20detik]
(hse/matahari)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button