Pantai Menganti Kebumen - WisataHits
wisatahits

Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti merupakan salah satu objek wisata pantai yang terletak di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Meski kurang dikenal sebagai kawasan wisata, kabupaten ini memiliki lokasi wisata yang sangat indah berupa pantai Menganti.

Pantai ini sangat direkomendasikan sebagai tujuan liburan keluarga. Apalagi bagi Anda yang menyukai keindahan alam pantai, tidak perlu diragukan lagi bahwa PAntai Menganti merupakan tujuan yang paling tepat.

pantai-menanti-kebumen

Pantai Menganti

Pantai Menganti belum lama ini diresmikan sebagai kawasan wisata. Dulunya pantai ini hanya pantai tempat para nelayan berlabuh setelah mencari ikan di tengah laut.

Namun setelah melihat keindahan pantai ini dan potensinya yang besar sebagai tempat wisata, pemerintah kabupaten Kebumen mulai membangun beberapa fasilitas dan fasilitas penunjang untuk memberikan kemudahan kepada pengunjung yang nantinya datang ke pantai ini.

Setelah semua fasilitas dan fasilitas pendukung lainnya siap, pemerintah Kebumen meresmikan pantai ini sebagai objek wisata umum dengan mengadakan kompetisi selancar tingkat nasional.

menanti-pantai-kebumen-jawa tengah

Sejak saat itu, Pantai Menganti perlahan terus mendapat kunjungan wisatawan tidak hanya dari Kebumen tetapi juga dari kota-kota lain di Jawa Tengah.

Aktivitas pantai menganti

Wisatawan yang datang ke Pantai Menganti akan disuguhi pemandangan pantai yang sangat indah.

Pantai ini memiliki pasir putih dengan karakteristik ombak pantai selatan laut yang cukup bagus sebagai tempat berselancar.

Apalagi di sekitar pantai juga terdapat perbukitan karst yang terlihat hijau seolah menutupi pantai ini.

Perbukitan yang sering dijuluki bukit bidadari ini sangat indah dipandang mata selain sangat nyaman sebagai tempat bersantai.

Bagi Anda yang sering berkunjung ke pantai selatan Jawa tentu tahu bahwa ombak khas di sana sangat besar dan berbahaya untuk aktivitas berenang.

Namun berkat perbukitan karst, ombak di Pantai Menganti lebih tenang meskipun termasuk pantai-pantai di pesisir selatan.

pantai-menanti-jawa tengah

Tidak hanya itu. Anda juga bisa menikmati daya tarik Pantai Menganti saat berkunjung ke lokasi air terjun yang tidak jauh dari pantai.

Ada 4 air terjun dengan ketinggian 30 meter yang bisa kamu dapatkan mengeksplorasi sepuasnya setelah lelah melakukan berbagai aktivitas di sekitar pantai.

Selain itu, tidak jauh dari Pantai Menganti terdapat dua objek gua yang tidak luput dari perhatian wisatawan.

Selain mengandung mitos, gua-gua ini juga sangat menarik untuk dijadikan spot foto.

Sejarah dan mitos Pantai Menganti

Seperti kebanyakan tempat wisata, Pantai Menganti juga memiliki sejarah dan mitos yang dipercaya masyarakat sekitar.

Asal usul penamaan pantai ini dengan nama Pantai Menganti konon berasal dari kisah persahabatan dua orang alim yaitu Sunan Gresik dan Syekh Subakir.

Saat itu, saat berdakwah bersama untuk menyebarkan Islam, Sunan Gresik dan Syekh Subakir berpisah di pantai Menganti dan berjanji akan bertemu lagi di pantai ini suatu hari nanti.

Ketika waktu yang disepakati untuk pertemuan itu tiba, Sunan Gresik harus menunggu sangat lama sebelum akhirnya bertemu dengan temannya.

pantai-menanti-kebumen-2019

Penantian panjang dan kesabaran Sunan Gresik dalam menunggu kedatangan Syekh Subakir inilah yang kemudian menjadi nama pantai ini.

Perubahan nama pantai ini diambil dari kata menunggu atau menunggu dalam cerita Sunan Gresik dan Syekh Subakir di atas.

Selain kisah persahabatan Sunan Gresik dengan Syekh Subakir, ada juga mitos di pantai ini yang melarang siapa saja yang datang ke pantai ini untuk mengenakan pakaian berwarna hijau.

Mitos ini konon ada hubungannya dengan kisah Nyi Roro Kidul yang dianggap oleh masyarakat Jawa sebagai penghuni atau ratu pantai selatan.

Kegiatan wisata yang bisa dipraktekkan

Ada berbagai aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Pantai Menganti. Kenaikan tempat Keindahan yang ada di sekitar pantai memudahkan pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas seru untuk mengisi waktu liburan mereka di pantai ini.

Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Menganti:

1. Berenang

berenang-di-pantai-ganti

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat seru untuk dilakukan di Pantai Menganti. Berbekal air pantai yang jernih dan ombak yang tidak terlalu besar, membuat aktivitas berenang Anda di Pantai Menganti akan sangat menyenangkan.

Namun, meski ombak di pantai ini tidak setinggi dan berbahaya seperti ombak di pantai selatan lainnya, Anda tetap perlu berhati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Adapun perasaan berenang di tempat yang sangat aman, Anda bisa datang ke Pantai batu hiu di Bandung.

2. Berburu Foto

mengubah-merah-pantai-jembatan

Ada begitu banyak tempat indah di pantai Menganti yang bisa kamu lakukan tempat Foto. Anda baru saja memilih tempat di sekitar pantai, lokasi goa, lokasi air terjun, atau di tempat jembatan merah dan lembah kuning.

Kedua tempat lokasi terakhir tidak jauh dari pantai dan dapat ditempuh dalam waktu yang cukup singkat. Jaraknya mungkin hanya sekitar 300 meter.

Mengenai jembatan merah, tempat Ini adalah jembatan bercat merah yang berfungsi sebagai jalan yang menghubungkan sisi pantai ke perbukitan karst.

Selain berfoto di jembatan merah, Anda juga bisa menyewa gazebo yang berada di perbukitan untuk beristirahat.

3. Naik balon udara panas

balon-udara-pantai-perubahan

Di Pantai Menganti juga terdapat wahana balon udara yang bisa dinaiki wisatawan yang ingin mencoba terbang dengan balon udara.

Dengan tarif hanya Rp 15.000, kamu sudah bisa merasakan serunya terbang di balon udara sambil mengagumi keindahan Pantai Menganti.

4. Main sepeda gantung

gantung sepeda-pantai-ganti

Selain balon udara, wahana yang cukup menarik untuk dicoba adalah wahana sepeda gantung ini.

Anda bisa merasakan keseruan mengayuh sepeda gantung yang diletakkan tinggi sambil menikmati pemandangan Pantai Menganti dari atas.

Untuk mencoba wahana sepeda gantung, Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Satu kali wahana cukup untuk ditukarkan dengan tiket seharga Rp 15.000.

5. Mendaki Bukit Sigatel

bukit-sigatel-pantai-menanti

Bagi Anda yang suka mendaki, Anda juga bisa menyalurkan hobi Anda ke Bukit Sigatel yang terletak tidak jauh dari Pantai Menganti.

Meski tidak terlalu tinggi, mendaki bukit Sigatel cukup membuat Anda berkeringat sehingga tetap bisa mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman saat mendaki.

Alamat Pantai Menganti

Lokasi Pantai Menganti yang diukur dari pusat kota Kebumen memang agak terpencil. Untuk menuju pantai ini dari kota Kebumen, Anda kemudian harus menempuh jarak sekitar 46 kilometer.

Lain halnya jika anda mengakses Pantai Menganti dari Kecamatan Gombong, dari kecamatan ini jarak yang anda perlukan untuk menuju Pantai Menganti hanya 35 kilometer.

Alamat lengkap Pantai Menganti ada di Desa Karangduwur, Kec. Ayah, keboumenJawa Tengah.

Petunjuk Menuju Pantai Menganti

jalan-ke-pantai-perubahan

Ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh untuk sampai ke Pantai Menganti. Misalnya, jika Anda datang dari arah kota Kebumen, rute yang biasa dilalui adalah rute dari kota Kebumen menuju ke selatan hingga Anda mencapai Petahan.

Setelah sampai di Petanahan, perjalanan dilanjutkan ke Puring kemudian Karangbolong menuju desa Karangduwur dan anda sampai di pantai Menganti.

Perjalanan dari Kota Kebumen ke Pantai Menganti melalui jalur atau rute di atas akan memakan waktu sekitar 60 menit.

Kemudian bagi anda yang berasal dari Purwokerto, anda dapat mengambil jalur reguler menuju Pantai Ayah.

Nah, tidak begitu jauh dari lokasi pantai Ayah Anda akan menemukan persimpangan jalan yang jika Anda mengambil arah yang benar, jalan ini akan membawa Anda ke pantai Ayah. Untuk menuju pantai Menganti, di perempatan ambil jalan yang belok kiri.

Jam buka pantai

Pantai Menganti bisa dikunjungi kapan saja karena selama ini belum ada aturan batas waktu berkunjung yang diberlakukan oleh pihak pengelola.

Namun jika ingin pemandangan pantai yang lebih baik, maka datanglah pada sore hari karena pada saat itu Anda juga bisa menyaksikan fenomena tersebut matahari terbenam di pantai Menganti.

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti

pintu masuk-pantai-perubahan-tiket

Untuk memasuki kawasan Pantai Menganti, Anda tidak perlu merogoh kocek yang banyak. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk membeli tiket masuknya.

Kemudian, jika Anda datang dengan sepeda motor, Anda juga hanya perlu membayar tiket parkir sebesar Rp 3000. sedangkan yang datang dengan mobil, harga tiket yang harus dibayar adalah Rp 5.000.

Tiket Masuk Pantai Menganti 2018 – 2019

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp 10.000
Parkir roda 2 Rp3000
Parkir roda 4 Rp5000

Fasilitas Pantai Menganti

Pengelolaan objek wisata Pantai Menganti dilakukan secara profesional oleh pemerintah kabupaten Kebumen.

Oleh karena itu, fasilitas di pantai ini tersedia sangat lengkap. Di pantai ini sudah terdapat area parkir, kamar mandi, toilet, kabin, mushola dan beberapa tempat menginap berupa villa.

hostel-di-pantai-menanti-kebumen

Baca juga: Pemandangan & Tengara di SemarangJawa Tengah.

Situs wisata Pantai Menganti Kebumen bisa menjadi alternatif tujuan wisata anda dan keluarga di kota kebumen. Selain menyediakan wahana dan fasilitas yang lengkap, tempat wisata ini juga cukup terjangkau, sehingga bisa menjadi fasilitas liburan murah di Kebumen.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button