Keindahan Pulau Simeulue di Aceh, Destinasi Favorit Para Pecinta Surfing - WisataHits
wisatahits

Keindahan Pulau Simeulue di Aceh, Destinasi Favorit Para Pecinta Surfing

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp600.000, Jam operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Daerah. Simeulue, Aceh; Kasus: Cek lokasi

Pulau Simeulue adalah salah satu pulau di provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Menjadi pulau dengan banyak destinasi wisata tersembunyi, pulau ini belum begitu terkenal di wilayah Indonesia. Keindahan pulau ini bahkan lebih terkenal di daerah luar Indonesia, tepatnya sudah seperti go international.

Simeulue dikenal sebagai pulau dengan banyak kunjungan menarik, serta pemandangan yang menakjubkan. Hampir semua perairan Simeulue memiliki ombak yang cocok untuk berselancar. Tentu saja, ini akan menjadi surga bagi pecinta olahraga yang menuntut, sejenis selancar.

Seolah tidak puas dengan hal tersebut, keindahan biota laut di perairan sekitar pulau ini juga sangat indah dan menawan. Wisatawan dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis ikan laut, ubur-ubur, udang dan terumbu karang di Pulau Aceh. Aktivitas lain yang tak kalah menarik selain berselancar adalah snorkeling di sekitar Simeulue.

Daya Tarik Pulau Simeulue

Aktivitas di Pulau SimeulueKredit Gambar: Facebook Pulau Simeulue

Pulau ini dikenal sebagai pulau di kawasan Aceh yang menyimpan banyak wisata indah, namun tersembunyi. Lokasinya yang jauh dari pusat kota membuatnya kurang dikenal masyarakat luar Aceh.

1. Surga Tersembunyi

Simeulue memiliki banyak keindahan yang tersembunyi. Pantai dengan air yang jernih, jernih dan ombak yang menawan sangat mudah untuk ditentukan di pulau ini. Wisata pulau ini cocok untuk wisatawan yang suka berselancar atau surfing dan snorkeling. Fasilitas yang tersedia juga memadai.

Ketika berkesempatan berkunjung ke Aceh, jangan lupa untuk mampir atau singgah saja di wisata Simeulue. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pulau ini. Menikmati keindahan pantai, serta semilir angin yang bertiup lembut akan menciptakan suasana yang nyaman. Pemandangan ini akan jarang Anda temukan di kota.

2. Opium dari perairan sekitar

Ombak di perairan Pulau Simeulue sudah lama dikenal memiliki ombak yang cocok sebagai tempat berselancar atau surfing. Menurut beberapa sumber, ombak di perairan Simeulue bisa mencapai ketinggian 5 meter di titik-titik tertentu. Jika cuaca memungkinkan, bahkan ketinggian gelombang dapat melebihi perkiraan.

Tidak heran Siemulue menyelenggarakan acara selancar internasional setiap dua tahun. Di ajang ini, para peserta mencoba menaklukkan ombak perairan pulau yang konon ganas ini. Maka tidak heran jika banyak sekali turis asing yang berselancar dari seluruh dunia.

3. Nikmati pemandangan pulau yang menakjubkan

Jika ombaknya sudah terkenal di kancah internasional, keberadaan Simeulue masih kurang dikenal di negeri sendiri. Tak heran jika kondisi, suasana dan view selalu sangat bersih dan terawat. Di sekitar kawasan Simeulue juga banyak terdapat pepohonan yang menjulang tinggi. Hal ini membuat lanskap wilayah Simeulue masih hijau dan asri.

Suasana seperti ini sangat cocok bagi pengunjung yang datang dari kota untuk melepas penat. Suasana pulau seperti itu akan membuat Anda merasa lebih baik dan rileks. Pengunjung pasti betah dan nyaman saat berlibur di Simeulue.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Simeulue

Alamat pulau SimeulueKredit gambar: Twitter Wisata Aceh.Travel

Seperti namanya, Pulau Simeulue berada di Kabupaten Simeulue dan terletak di wilayah barat daya provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Untuk bisa mencapai wilayah Simeulue, ada berbagai rute yang bisa ditempuh wisatawan. Kendaraan yang digunakan juga dapat menggunakan angkutan umum atau kendaraan udara, berupa pesawat terbang.

Lokasinya yang jauh dari pusat kota berarti waktu tempuh yang diperlukan bisa mencapai hingga 4 jam. Waktu perjalanan tergantung pada kendaraan yang Anda gunakan dan rute yang Anda ambil. Bagi Anda yang lebih menyukai jalur darat, ada angkutan umum yang bisa Anda gunakan.

Namun, perlu diketahui bahwa perjalanan dengan kendaraan atau angkutan umum memakan waktu lebih lama karena perjalanannya sangat panjang. Sebagian besar wisatawan memilih rute awal dari kawasan Kota Medan. Waktu yang dibutuhkan juga cukup lama, namun dianggap relatif lebih singkat dan cepat.

Jika memiliki budget lebih, sebaiknya pilih jalur udara, yaitu naik pesawat untuk liburan di pariwisata Simeulue guna transit ke bandara Kuala Namu Medan. Setelah itu, Anda bisa memilih penerbangan langsung ke Simeulue. Namun, hanya ada satu maskapai yang melayani target Simeulue, yakni pada pukul 12.20 waktu setempat.

Perkiraan Biaya Perjalanan ke Pulau Simeulue

Biaya Perjalanan ke Pulau SimeulueKredit gambar: Google Maps Dedi Dedi

Sedikit bocoran informasi, wisatawan yang ingin berkunjung dan menghabiskan liburan di Pulau Simeulue tidak perlu membayar tiket masuk, dengan kata lain gratis. Namun, meski tidak dikenakan biaya masuk, wisatawan tetap harus membayar biaya transportasi dari tempat pemberangkatan setibanya di kawasan Simeulue.

Ini biaya Anda cukup banyak. Bagi Anda yang menaiki pesawat, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 900.000,00 hingga Rp 1.000.000,00 untuk Medan. Ditambah lagi dengan penerbangan selanjutnya ke Simeulue seharga Rp 600.000,00 hingga Rp 1.000.000,00. Dan itu hanya biaya pengiriman, tidak ada yang lain.

Untuk itu, jika Anda ingin menghabiskan liburan di kawasan ini, Anda membutuhkan budget yang cukup besar. Minimal satu orang harus membawa minimal Rp10.000.000 per orang. Rencanakan liburan Anda jauh-jauh hari dengan membuat daftar rinci biaya-biaya lain, selain biaya transportasi. Ini dapat membantu Anda nanti.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Simeulue

Kegiatan yang dilakukan di Pulau SimeulueKredit gambar: Twitter Joni Saputra

1. Merangsang adrenalin melalui surfing

Perairan Simeulue menjadi tuan rumah acara internasional setiap dua tahun sekali. Ombaknya yang bisa mencapai ketinggian hingga 5 meter menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara. Bagi Anda yang suka berselancar, Anda harus mencoba ombak Simeulue sebagai tempat berselancar Anda. Anda pasti akan merasa tertantang.

2. Bermain snorkling

Tak puas dengan ombaknya saja, Pulau Simeulue juga dikenal sebagai pulau yang airnya jernih dan jernih. Wisatawan yang sangat suka snorkeling tentunya juga bisa melakukannya di sini. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling yang disediakan oleh pengelola Simeulue yang tersedia di tepi pantai.

3. Berenang

Meski dikenal memiliki ombak yang ganas, ada beberapa spot di perairan Simeulue yang bisa dijadikan spot berenang dengan aman. Wisatawan akan merasakan sensasi berenang bersama hewan laut, seperti ikan-ikan kecil yang biasa muncul di permukaan. Tentunya akan menjadi kegiatan yang mengasyikkan.

4. Berjemur dan Latihan Santai

Aktivitas di Pulau SimeulueKredit gambar: Google Maps (Julianda Wong)

Liburan tentunya juga harus menjaga kondisi fisik agar tetap sehat. Untuk itu saat anda berkunjung ke pulau eksotis ini, anda bisa berjemur di tepi pantai. Olahraga lainnya, terutama jogging atau bersepeda di pagi hari di sekitarnya. Sinar matahari pagi akan membawa Anda banyak manfaat.

5. Menikmati matahari terbenam

Setelah menikmati indahnya pemandangan Simeulue di pagi dan sore hari, jangan lupa untuk menikmati keindahan pulau ini di sore hari. Wisatawan bisa menikmatinya sambil menunggu matahari terbenam saat senja. Sunset di pulau ini tentunya akan sangat indah. Anda dapat membuat tempat foto yang bagus dari itu. Jangan lupa untuk mengunggah foto ke jejaring sosial.

Penginapan murah terdekat dengan lokasi pulau

Lokasi pulau terdekatKredit gambar: Twitter Tripadvisor

1. Resor Selancar Kami

Kita Surf Inn terletak di daerah Kahat. Menawarkan fasilitas snorkeling dan akses langsung ke pantai, resor ini populer di kalangan wisatawan. Beberapa review juga menyebutkan bahwa pemandangan Simeulue dilihat dari Kita Surf sangat menawan dan menakjubkan. Menginap di sini Anda pasti akan betah dan nyaman.

2. Rumah Selancar Simeulue

Akomodasi selanjutnya di kawasan Pulau Simeulue adalah Simeulue Surf House. Area akomodasi ini terletak di area yang strategis. Fasilitas room service juga akan memanjakan wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Tersedia tempat parkir yang cukup luas dan sangat cocok untuk wisatawan yang membawa serta anak-anak mereka.

3. Kamp Selancar Simeulue

Sesuai dengan namanya, hostel ini mengambil tema camping di tengah alam. Bentuk kamar yang unik dengan penataan dua tempat tidur dalam satu kamar, menjadikan hostel ini sebagai tempat menginap yang ideal untuk liburan keluarga Anda. Fasilitas memasak juga disediakan langsung di dalam kamar. Hostel ini cocok jika dijadikan referensi.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Simeulue, Aceh

Fasilitas di Pulau Simeulue, AcehKredit gambar: Facebook Ulao Teupah Tepbar

Berbagai fasilitas disediakan oleh Pengelola Pulau Simeulue. Mulai dari persewaan kendaraan umum untuk menuju pulau, serta persewaan berbagai atraksi air, seperti selancar dan snorkeling. Fasilitas yang disediakan cukup memadai dan dapat dinikmati oleh seluruh wisatawan yang berkunjung ke Simeulue.

Fasilitas penunjang lainnya seperti tempat parkir, tempat ibadah dan warung makan juga banyak tersedia di hampir seluruh penjuru Pulau Aceh. Ada juga toilet yang biasa digunakan wisatawan saat berkunjung ke pantai. Berbagai hostel juga tersedia di sekitar area pulau.

Itu tadi beberapa informasi tentang Pulau Simeulue yang bisa kamu pelajari. Sebagai catatan, rencanakan budget lebih untuk liburan ke wisata ini saja. Jangan lupa untuk menghormati protokol kesehatan yang berlaku.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button