Revitalisasi TMII 100 persen selesai, siap mendukung KTT G20 dan menjadi pusat kegiatan sosial budaya - WisataHits
Yogyakarta

Revitalisasi TMII 100 persen selesai, siap mendukung KTT G20 dan menjadi pusat kegiatan sosial budaya

YOGYAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan seluruh penataan dan pembenahan infrastruktur Taman Mini Indonesia Indah (TMII). revitalisasi TMII dimaksudkan untuk mendukung pelaksanaan Kepresidenan Dewan Indonesia pada KTT (KTT) G20.

Renovasi yang dilakukan Kementerian PUPR di kawasan TMII meliputi beberapa jenis pekerjaan. Dimulai dengan desain area gerbang utama dan renovasi Joglo Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo dan Sasono Adiguno. Kemudian renovasi kawasan museum yang meliputi Museum Teater Garuda, Museum Telkom dan Museum Keong Mas.

Revitalisasi TMII 100 persen selesai, bisa menjadi pusat kegiatan sosial budaya

Juru bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, Taman Mini Indonesia Indah yang dihidupkan kembali untuk mendukung KTT G20 dapat menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya bagi masyarakat.

“Pemerintah berharap TMII dapat menjadi pusat kegiatan sosial budaya, termasuk rekreasi, bagi warga Jakarta dan sekitarnya, seperti halnya Gelora Bung Karno (GBK),” kata Endra, dikutip Antara. suara keluar DiantaraRabu 2 November 2022.

Endra menambahkan, kota-kota besar di Indonesia membutuhkan banyak ruang terbuka publik seperti TMII dan GBK untuk menjadikan kotanya lebih hijau, nyaman, dan manusiawi.

Kementerian PUPR telah menyelesaikan renovasi seluruh sarana dan prasarana di kawasan TMII, DKI Jakarta. Renovasi TMII merupakan salah satu penugasan khusus Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PUPR untuk melakukan pembangunan infrastruktur guna mendukung pelaksanaan kepresidenan Indonesia pada KTT G20.

TMII merupakan kawasan taman wisata yang mewadahi keragaman budaya dan keragaman Indonesia, yang belum pernah direnovasi sejak dibangun pada tahun 1975.

Penataan kawasan TMII dilakukan secara besar-besaran oleh Kementerian PUPR dengan mengadopsi konsep destinasi wisata rakyat, menghadirkan suasana yang lebih alami dan hijau.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kata TMII merupakan resort populer yang sudah buka sejak tahun 1970-an. “Kami memulai renovasi atas perintah Presiden Joko Widodo untuk menjadikan TMII sebagai tujuan wisata yang lebih aman, nyaman, dan sehat,” kata Basuki.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Dok Antara)

Pekerjaan renovasi TMII dimulai pada Januari 2022 dan selesai 100 persen pada pertengahan Oktober 2022. Seluruh infrastruktur siap diresmikan, meliputi tata ruang seluas 7,71 hektar dan luas 26,56 hektar.

Proyek infrastruktur pendukung KTT G20 telah selesai

Selain melakukan renovasi TMIIKementerian PUPR juga telah menyelesaikan pembangunan dan peningkatan infrastruktur di hutan mangrove Ngurah Rai di Bali dan menyelesaikan penetapan kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) dalam mendukung KTT G20. “Sudah (selesai)” kata Basuki.

Kementerian PUPR menata kawasan mangrove Tahura Ngurah Rai yang terletak di sekitar kawasan Waduk Muara Nusa Dua.

Nantinya, kawasan ini akan dijadikan tempat pamer mangrove bagi para kepala negara dan delegasi yang hadir.

Selain pekerjaan pembibitan mangrove, bidang pekerjaan lainnya antara lain pembangunan gerbang masuk, tugu G20, area plaza, Beji, Wantilan.

Kemudian jalur mangrove tracking, area resepsionis (lobby, ticketing, reception office), menara observasi, dek observasi menuju Teluk Benoa, tempat parkir di sekitar waduk Muara dan penataan parkir Kepala Negara di atas lahan seluas 2,6 hektar.

Selain itu, perbaikan infrastruktur juga dilakukan di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK), yang ruang lingkupnya meliputi tata letak dan renovasi Tirta Amertha, tata letak Gerbang Masuk 3, landai ke Festival Park, tempat parkir VVIP dan akses baru ke Jalan Indraloka, Ring Road Timur, Ring Road Barat, dan akses jalan menuju Car Park A GWK.

Dukungan infrastruktur lainnya meliputi perbaikan Sp. Siligita – Kempinski dan pameran mangrove sepanjang 6,5 km.

Demikian informasi mengenai proyek revitalisasi TMII dan berbagai infrastruktur lainnya dalam mendukung KTT G20.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button