Pantai Ngrenehan, pantai yang indah dengan deretan bukit kapur di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pantai Ngrenehan, pantai yang indah dengan deretan bukit kapur di Gunung Kidul

Pantai Ngrenehan salah satu pantai indah di Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai berpasir putih mirip teluk yang dikelilingi perbukitan kapur ini memiliki pesona alam yang menakjubkan, air laut yang jernih dan melihat rutinitas para nelayan di sekitar pantai.

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Berbicara tentang wisata di Jawa Tengah khususnya di wilayah Yogyakarta memang tidak akan pernah ada habisnya, karena di Yogyakarta banyak sekali destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat musim liburan. Apalagi di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta banyak sekali pantai-pantai indah yang mempesona.

Pantai ini diberi nama Pantai Ngrenehan oleh Raden Fatah yang pada saat itu adalah raja di kerajaan Demak. Dikisahkan, pada zaman dahulu Raden Fatah mengunjungi pantai ini dengan tujuan untuk mencari ayahnya yang memutuskan kabur bersama istrinya karena menolak masuk Islam. Ngrenehan terbentuk dari kata “reneh” yang artinya “disini”.

Saat datang ke pantai ini, wisatawan bisa menikmati suasana klasik. Pantai ini bisa dibilang pantai yang agak curam, yang membuat ombak di pantai ini bagus karena tidak terlalu tinggi dan besar. Selain itu, suhu di pantai ini sangat cocok untuk memberi ruang bagi Anda untuk berjemur sambil menunggu sore hari.

Atraksi Pantai Ngrenehan

Objek Wisata Pantai Ngrenehan, Gunung KidulKredit gambar: Sukses Google Maps Budiono

Pantai ini mungkin tidak terlalu terkenal dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta, namun pantai ini juga memiliki pesona tersendiri. Oleh karena itu tidak heran jika pantai ini mendapat banyak pengunjung setiap harinya. Berikut adalah berbagai jenis objek wisata yang dimiliki Pantai Ngrenehan di Gunung Kidul Yogyakarta.

1. Pesona Budaya

Selain hanya menyuguhkan destinasi wisata alam yang indah, disini juga menyuguhkan budaya tradisional seperti upacara adat. Karena di kawasan sekitar pantai ini masih kental mempertahankan budaya tradisional secara turun temurun. Jika Anda beruntung Anda bisa mendapatkan dua kunjungan. Anda bisa mendapatkan keindahan alam dan wisata jalan-jalan untuk menikmati pesona budaya Gunung Kidul.

Wisatawan yang beruntung bisa melihat di sini panorama kegiatan tradisional yang dijiwai suasana mistis yang berasal dari budaya turun temurun para leluhur. Untuk melihat aktivitas upacara adat ini, disarankan untuk datang saat bulan purnama tiba, yang biasanya 15 hari sebelum hari raya Nyepi.

2. Bukit Kapur

Di pantai ini terdapat sebuah bukit yang cukup unik dan juga menarik. Wisatawan bisa mengunjungi bukit unik ini. Pasalnya, bukit ini memiliki banyak kerang dan kerang khas yang bisa Anda temui saat mengunjungi bukit karang ini. Banyak yang bingung dan bertanya kenapa banyak kerang di atas bukit.

Pasalnya, suatu peristiwa yang disebabkan oleh alam atau bisa disebut peristiwa geologis, yang juga membentuk teluk di pantai ini. Teluk ini tercipta karena aktivitas pengangkatan permukaan bumi yang terjadi kira-kira ribuan, bahkan jutaan tahun yang lalu. Kejadian tersebut berbarengan dengan terciptanya perbukitan kapur Gunung Kidul. Alhasil, cangkang kerang yang berada di bawah laut pun ikut terangkat ke atas bukit ini.

3. Pemandangan teluk yang indah

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai NgrenehanKredit gambar: Twitter jogjaupdate

Selain hanya memiliki satu bukit karang, Pantai Ngrenehan juga memiliki ciri khas teluk yang unik. Jika dilihat dari atas, bentuk buah berry ini akan menyerupai corong. Bentuk bentang alam ini membuat pantai ini sangat ideal dan cocok sebagai pelabuhan tradisional.

Pantai ini memiliki kondisi bentang alam yang sangat indah, ditemani dengan terumbu karang dan perbukitan yang menjadi tembok kokoh teluk ini di sisi kanan dan kiri. Pesona keindahan ini akan membuat siapa saja yang datang ke sini merasa akan betah berlama-lama di sini. Karena pengunjung akan jatuh cinta dengan keindahan alam pantai ini.

Keindahan pemandangan tempat ini semakin sempurna jika dilihat dari kamera drone atau bisa disebut dengan drone. Anda dapat melihat seluruh tempat menggunakan drone, Anda dapat mengabadikannya dalam sebuah video. Anda bisa benar-benar mengatakan paket wisata yang indah dan lengkap ketika Anda berwisata ke pantai ini.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Ngrenehan

Alamat Pantai Ngrenehan Gunung KidulKredit Gambar: Google Maps Wisata Jogja

Untuk dapat mengunjungi pantai ini tidak ada angkutan umum, tetapi hanya dapat diakses dengan kendaraan pribadi, mobil dan sepeda motor. Jika Anda datang dari luar Gunung Kidul, Yogyakarta dan datang ke kota ini dengan bus atau kereta api, Anda tidak perlu khawatir tentang transportasi ke tempat ini. Karena di Yogyakarta banyak sekali persewaan mobil dan motor.

Jika Anda memulai dari pusat kota Yogyakarta, Anda dapat mengikuti jalan menuju Wonosari, kemudian Anda akan mengikuti jalan yang pada akhirnya akan sampai ke sebuah pasar bernama Pasar Tronowo. Setelah sampai di pasar, ambil arah jalan yang mengarah ke selatan. Sampai nanti, Anda akan sampai di sebuah desa Kanigoro.

Saat menemukan pertigaan, langsung belok kiri, Anda bisa melihat lokasi pantai di sekitar alun-alun. Jika Anda masih belum mengetahui arah dan posisi Pantai Ngrenehan, Anda bisa mencari dan mencari rutenya di Google Maps. Di sana Anda akan dipandu ke lokasi yang diinginkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan Jogja

Tiket Pantai Ngrenehan Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Sarwono

Untuk bisa masuk ke pantai ini, Anda akan dikenakan biaya yang sangat kecil untuk panorama yang indah. Wisatawan yang ingin berkunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rs 3.000 untuk satu orang. Jika wisatawan membawa kendaraan roda empat pribadi, akan dikenakan biaya parkir sebesar Rs 5.000.

Namun, jika pengunjung membawa kendaraan roda dua, biaya parkir yang dikenakan akan lebih murah, hanya Rp 3.000. Dan jika membawa rombongan dengan bus maka akan dikenakan biaya parkir sebesar 15.000 rupiah untuk 1 bus. Jika Anda ingin menggunakan toilet di pantai ini, Anda akan dikenakan biaya perawatan toilet sebesar Rs 2.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Ngrenehan

Aktivitas di Pantai Ngrenehan Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Gibran Riyanto

1. Berenang di pantai

Bentuk struktur pantai ini seperti teluk, membuat ombak di pantai ini cukup tenang. Sangat berbeda dengan ombak laut di selatan pulau jawa pada umumnya. Bahkan, karena ombak besar di pantai laut Jawa Selatan, pemerintah atau manajemen telah memasang peringatan larangan berenang.

Namun di pantai ini ombaknya sangat cocok untuk berenang, bahkan untuk pemula dalam berenang akan sangat aman untuk berenang disini. Selain itu, wisata Pantai Ngrenehan juga sangat cocok bagi Anda yang membawa anak-anak, karena medan di sekitar pantai cukup landai. Banyak anak-anak di sini juga bermain istana pasir.

2. Perburuan foto yang bagus

Saat mengunjungi tempat yang indah dan asri, belum lengkap rasanya jika belum mengabadikan momen-momen tersebut ke dalam kamera. Oleh karena itu, tidak perlu heran jika ada wisatawan yang datang ke sini dengan peralatan foto lengkap karena tujuan mereka hanya untuk memotret setiap sudut pantai yang indah ini.

Anda termasuk salah satu wisatawan yang beruntung jika datang ke pantai ini dalam cuaca cerah, karena nantinya bisa berfoto dengan hasil indah yang maksimal. Selain digunakan hanya untuk keperluan media sosial, di sini juga sering digunakan sebagai background untuk acara resmi.

Misalnya, para-wedding atau bahkan untuk album kenangan sekolah. Hal ini didukung dengan keindahan latar belakang tempat ini.

Akomodasi Murah Dekat Pantai Ngrenehan Lokasi

Akomodasi di Pantai NgrenehanKredit gambar: Twitter pegipegiyuk

1. hotel yang sangat bagus

Hotel Kukup Indah terletak sangat dekat dengan Wisata Pantai Ngrenehan Hotel ini juga memiliki tarif sewa yang relatif murah, namun memiliki kualitas kenyamanan yang tidak bisa diremehkan. Di sekitar hotel ini juga terdapat berbagai warung yang menawarkan ikan bakar yang enak dan murah.

Fasilitas di hotel ini antara lain kamar mandi pribadi, AC di setiap kamar, parkir gratis, Wi-Fi gratis, akses pantai yang sangat mudah, layanan kamar untuk makanan dan minuman, cocok untuk anak-anak, serta layanan resepsionis yang ramah. Hal ini membuat hotel ini memiliki reputasi yang cukup baik di mata wisatawan.

2. Keluarga Omah Sundak

Penginapan ini berjarak kurang lebih 10 kilometer dari tujuan Pantai Ngrenehan. Fasilitas hotel ini antara lain parkir yang luas dan nyaman, akses yang sangat mudah ke pantai, restoran, hotel bebas rokok, kano, AC, Wi-Fi, selancar angin, menyelam, sarapan gratis, dan juga memiliki layanan taksi siap pakai. untuk melayani perjalanan Anda.

3. Griya Limasan Gunung Kidul

Meski lokasinya agak jauh dari tempat tujuan wisata Anda, namun rasa penat setelah seharian berlibur akan terpuaskan saat Anda menginap di hostel ini. Hostel ini memiliki banyak fasilitas pendukung selama Anda tinggal di tempat ini. Selain itu, karyawan hostel ini sangat ramah melayani pelanggan yang datang.

Fasilitas tersebut antara lain parkir gratis, sauna, akses internet kecepatan tinggi gratis, sarapan gratis, persewaan sepeda, penitipan anak, bar dan lounge, restoran, layanan antar-jemput bandara, layanan binatu, penukaran mata uang, perapian, ruang pertemuan dan juga memiliki fasilitas transportasi yang dapat mendukung Anda selama Anda tinggal di sini.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Ngrenehan Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Riqza Fursan

Di sini, Anda bisa menikmati kuliner hasil laut yang disediakan di warung-warung yang ada di sekitar pantai ini. Menu favorit para wisatawan adalah ikan goreng yang dibumbui sambal hijau.

Rasanya enak dengan suasana yang nyaman, bisa menambah nafsu makan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba olahan seafood lainnya yang juga enak. Sebagai fasilitas penunjang untuk membawa pengunjung ke lokasi ini, pengelola juga menyediakan fasilitas yang bisa dibilang cukup akomodatif.

Misalnya, tempat parkir yang luas, kamar mandi, dan mushola juga ada di sini. Semua fasilitas dijamin bersih karena cukup terawat.

Itulah sekilas tentang tempat wisata di Pantai Ngrenehan yang terletak di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta. Setidaknya review ini bisa kamu jadikan referensi jika ingin liburan bertema pantai. Saat anda berlibur di tempat ini, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan tempat ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button