Pulau Sikuai, pulau eksotis dengan keindahan bawah laut di Padang - WisataHits
wisatahits

Pulau Sikuai, pulau eksotis dengan keindahan bawah laut di Padang

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 200.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Pulau Sikuai adalah sebuah pulau dengan pasir putih yang indah yang terletak di provinsi Sumatera Barat. Pulau ini memiliki luas sekitar 44 hektar dan sempat ditutup beberapa tahun lalu karena masalah antara pengelola dan pemerintah setempat. Namun, dibuka kembali dan pulau itu berhasil menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Tidak hanya wisatawan domestik yang ingin berkunjung ke Pulau Sikuai, namun ada juga wisatawan mancanegara yang juga menikmati liburannya di pulau ini. Dengan banyaknya wisatawan yang datang menjadikan pulau ini sebagai salah satu tempat wisata di pulau sumatera khususnya di kota padang di provinsi sumatera barat.

Dengan fasilitas pendukung, wisata alam yang indah, dan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan, liburan di pulau ini akan menciptakan kenangan tersendiri. Wisatawan yang ingin bermalam juga bisa menginap di hostel yang berada di pulau tersebut.

Atraksi Pulau Sikuai

Atraksi Pulau SikuaiKredit gambar: Google Maps Rudi Wijaya

Dengan banyaknya wisatawan dari dalam dan luar negeri, tempat ini tentunya memiliki keunikan tersendiri. Berikut beberapa tempat wisata di Pulau Sikuai.

1. Pantai pasir putih

Daya tarik pertama pulau ini dalam menarik wisatawan adalah pantai pasir putihnya. Pantai berpasir putih yang terdapat di pulau ini menyebabkan banyak orang menjadikan pulau yang terletak di kota Padang ini sebagai tujuan liburan favorit.

Menikmati keindahan pasir putih yang menyatu dengan birunya laut sangat indah untuk dipandang. Suara deburan ombak dan semilir angin laut akan membuat setiap orang yang datang ke pantai pulau ini merasakan suasana yang nyaman.

2. Alam yang indah

Tidak hanya pantainya yang begitu indah, alam atau hutan di sekitar Pulau Sikuai juga menciptakan suasana yang nyaman. Pepohonan hijau yang berdiri di sepanjang pantai menambah keindahan pantai pasir putih pulau ini.

Saat angin bertiup dan lewat di antara dedaunan dan suara ombak, tempat wisata ini menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat dan menghilangkan stres. Hanya berbaring di pantai mendengarkan suara alam di sekitarnya, maka semua stres dan pikiran akan hilang dengan sendirinya.

3. Pesona Bawah Air

Objek wisata milik Pulau SikuaiKredit gambar: Facebook Dicky Baratawiria

Dengan air laut yang jernih di sekitar Pulau Sikuai, para pecinta snorkeling dapat menjelajahi alam bawah laut di sekitar pulau ini. Banyak terumbu karang dan ikan berenang di depan wisatawan yang melakukan aktivitas snorkeling.

Dengan letak pulau yang termasuk dalam kawasan wisata, tempat ini belum banyak terjamah oleh para pemancing yang mencari ikan. Hal ini membuat dunia bawah laut sangat cocok untuk dijelajahi dan dinikmati keindahannya.

4. Hewan laut

Dengan tidak adanya nelayan yang memasuki kawasan sekitar pulau, banyak ditemukan hewan laut di perairan sekitar pulau. Dari hewan laut seperti ikan-ikan kecil yang menjadi teman para wisatawan yang melakukan aktivitas snorkeling hingga ikan yang menjadi musuh para wisatawan yang hobi memancing.

Alamat, lokasi, rute dan biaya perjalanan

Alamat dan biaya untuk Pulau SikuaiKredit Gambar: Facebook Indonesia Eksotis

Lokasi wisata Pulau Sikuai berada di kota Padang Sumatera Barat atau lebih tepatnya di kecamatan Teluk Bungus Kabung. Jarak dari tempat wisata ke kota Padang sekitar 37 kilometer dengan lama perjalanan sekitar 1 jam 6 menit.

Untuk rute menuju tempat wisata Kota Padang di Jl By Pass masuk ke Jl Lintas Sumatera Padang Bengkulu. Dari Jl.Raya Padang Bengkulu ikuti terus jalan tersebut hingga masuk ke Jl.Raya Padang Painan. Lanjutkan di Jl Raya Padang Painan sampai Anda mencapai pantai di ujung batu kapur. Kemudian dari pantai di Limestone Point, wisatawan bisa menggunakan perahu untuk menuju pulau tersebut.

Untuk menuju pulau tersebut, wisatawan dapat menyewa perahu yang mengitari pantai di Limestone Point. Biaya sewa perahu ke Pulau Sikuai adalah Rp 200.000 sekali jalan. Dengan harga tersebut, wisatawan memiliki perahu pribadi dan kru yang akan menemani mereka ke pulau.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pulau Sikuai

Aktivitas di Pulau SikuaiKredit Gambar: Instagram Lydia Fattelyku

Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan di pulau ini. Mulai dari relaksasi hingga praktik aktivitas yang menyenangkan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Sikuai.

1. Bersantai dan nikmati pemandangan

Kegiatan pertama tentu saja untuk bersantai dan menikmati suasana dan pemandangan pulau yang indah. Pasir pantai yang putih berpadu dengan pepohonan yang rindang di sepanjang pantai menjadikan tempat ini sebagai tempat refreshing yang baik untuk melepas penat dan melepas penat.

2. Ambil gambar

Selanjutnya adalah aktivitas yang wajib dilakukan bagi yang suka selfie di depan kamera. Berfoto dengan konsep pantai pasir putih dan alam yang hijau menjadikan tempat ini tempat yang sangat bagus untuk berburu foto.

3. Permainan air

Tidak lengkap rasanya jika menghabiskan liburan di pulau ini tanpa berendam di air laut, sekedar bermain air di pantai atau mencoba berenang dengan pelampung juga sangat mengasyikkan bagi para wisatawan.

4. Snorkeling

Aktivitas Menarik di Pulau SikuaiKredit Gambar: Facebook Dani Yesa

Snorkeling di sekitar perairan Pulau Sikuai sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang datang berkunjung. Dunia bawah laut di sekitar pulau ini sangat indah dan memanjakan mata. Banyak ditemukan terumbu karang di sekitar pulau dan ikan-ikan kecil yang berenang menambah keindahan bawah laut pulau ini.

5. Mendaki

Aktivitas selanjutnya yang bisa dicoba adalah hiking atau mendaki bukit di dekat pantai. Untuk bisa mendaki ke puncak bukit, dibutuhkan waktu sekitar 30 hingga 50 menit melewati anak tangga dan rute yang sudah direncanakan.

Saat sampai di puncak bukit, wisatawan bisa melihat keindahan yang luar biasa. Di atas ketinggian ini, hampir seluruh pulau bisa terlihat, dimana laut biru yang membentang di sekitar pulau membuat hiking menjadi suatu keharusan ketika datang ke pulau yang terletak di Sumatera Barat ini.

6. Di Sekitar Pulau

Dengan luas pulau yang hanya sekitar 44 hektar, siapapun bisa berkeliling pulau. Berjalan di sore hari sambil menyaksikan keindahan matahari terbenam di pantai akan sangat indah untuk disaksikan.

Penginapan murah di sekitar pulau

Akomodasi di sekitar Pulau SikuaiKredit gambar: Twitter Tripadvisor

Bagi wisatawan asing atau dari luar Sumatera Barat pasti membutuhkan tempat untuk bermalam. Berikut beberapa hostel yang bisa digunakan untuk bermalam saat berlibur di Pulau Sikuai.

1. Resor Baru Pulau Sikuai

Elbow Island New Resort merupakan satu-satunya hostel yang terletak di kawasan pulau dengan 54 rumah, 9 kamar besar dan kolam renang yang dapat digunakan oleh wisatawan. Harga sewa kamar berkisar antara Rp 600.000 hingga Rp 1.000.000 tergantung tipe kamar.

2. Ekologi Sumatera

Terletak di teluk selatan Kabung yang berada di sisi Pulau Sumatera yang dekat dengan pulau wisata. Harga sewa akomodasi sekitar Rp 200.000 per malam.

3. Jophira Tintin

Selalu dengan hostel yang terletak di pulau sumatera yang berdampingan dengan lokasi wisata pulau tersebut. Hostel ini menawarkan pemandangan pantai yang tidak kalah dengan hostel pantai lainnya. Untuk harga menginap per malam sekitar Rp 260.000.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Sikuai

Fasilitas di Pulau SikuaiKredit gambar: Google Maps Pascal Jacomet

Ada beberapa fasilitas yang disediakan pengelola untuk menarik wisatawan datang. Berikut beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di Pulau Sikuai.

1. Marina

Yang pertama adalah dermaga untuk kapal-kapal dari pulau Sumatera. Pelabuhan ini digunakan untuk mengantar wisatawan keluar masuk pulau.

2. Berjalan

Lalu ada jalan setapak yang mengelilingi pulau. Jalan ini bisa digunakan untuk wisatawan jogging atau jalan-jalan keliling pulau.

3. Jalur pendakian

Kemudian ada jalur pendakian untuk mendaki bukit-bukit di sekitar pulau. Banyak tangga memudahkan proses pendakian bagi wisatawan.

4.Stasiun

Dan terakhir ada resort di tengah pulau. Kompleks ini lengkap dengan kolam renang, rumah kecil yang bisa disewa, puluhan kamar, ruang pertemuan, restoran, kamar mandi, toilet dan kavling besar untuk melakukan beberapa kegiatan seperti pesta pribadi.

Resor ini juga menawarkan layanan kelas hotel bintang 5. Apalagi pemandangan pantai yang indah membuat pengalaman menginap di resor ini sangat berkesan.

Pulau Sikuai adalah sebuah pulau kecil yang sangat indah di kota Padang. Bagi anda yang menyukai wisata alam dan pantai, anda harus mencoba mengunjungi tempat wisata ini. Kapan bermalam di hotel kelas resort bintang 5 juga harus diperhitungkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button