Pulau Rubiah Sabang, pulau eksotis dengan keindahan bawah laut - WisataHits
wisatahits

Pulau Rubiah Sabang, pulau eksotis dengan keindahan bawah laut

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp20.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Iboih, Kecamatan. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh; Kasus: Cek lokasi

Pulau Rubiah merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Sabang, Aceh. Memiliki keindahan biota bawah laut yang luar biasa, yang membuatnya sangat menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Ternyata pulau ini hanya dibidik sebagai tempat wisata, sehingga pulau ini hanya dihuni oleh beberapa keluarga saja.

Pulau Sabang telah lama menjadi pulau yang terkenal untuk wisata bawah laut lainnya. Tampaknya menjadi sasaran empuk bagi turis asing. Hal ini cukup membuktikan bahwa keindahan laut Rubiah sangat terkenal. Tentunya akan menjadi surga bagi para pecinta diving dan snorkeling.

Banyak penyedia jasa rental yang biasa menggunakan peralatan untuk menyelam dan snorkeling. Harga selalu dipatok dalam batas wajar dan cukup terjangkau. Pemandangan indah Pulau Rubiah dengan pantai-pantai di sekitarnya, tentu akan membuat Anda merasa nyaman dan takjub dengan keindahannya.

Objek wisata Pulau Rubiah

Objek wisata Pulau RubiahKredit Gambar: Twitter.com @wisataacehid

1. Kisah Rubiah

Menurut cerita yang berkembang dari waktu ke waktu, nama Rubiah bukan sembarang nama. Memang, dulu ada orang yang cukup terkenal di pulau ini, bernama Siti Rubiah. Ternyata makam mendiang Siti Rubiah berada di sekitar kawasan Rubiah itu sendiri.

Siti Rubiah sendiri adalah salah satu dari sekian banyak tokoh yang diyakini sebagai pembawa ajaran Islam di Aceh. Untuk itu, sebagai tanda penghormatan atas jasanya, para leluhur setempat menamai pulau ini dengan nama Rubiah. Pemberian nama ini dimaksudkan untuk mengenang nada yang dibawakan oleh Siti Rubiah.

2. Tempat Snorkeling dan Menyelam

Berkat keindahan biota bawah lautnya, Pulau Rubiah dianggap sebagai spot snorkeling dan diving yang paling banyak dicari saat berlibur di provinsi Aceh. Perairan Rubiah yang bersih benar-benar membuat pengunjung betah selama menginap. Tak heran, pulau Aceh ini nyaris tak pernah sepi pengunjung.

Anda akan dengan mudah menemukan berbagai jenis ikan air asin saat berlibur di Rubiah. Pemandangan seperti ini tentu sangat digemari oleh para pecinta diving dan snorkeling. Anda bisa menyewa peralatan menyelam dan snorkeling yang disediakan oleh pengelola Rubiah. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik Rubiah.

3. Keindahan alam yang luar biasa

Bagi Anda yang mencari liburan di wisata Rubiah, Anda akan disambut dengan hamparan pantai yang luas di sekitarnya dengan perairan yang jernih di zona pantainya. Angin sepoi-sepoi bertiup, dijamin akan memukau Anda dan membuat Anda nyaman. Pemandangan seperti ini pasti tidak akan Anda temukan di perkotaan, seperti Jakarta.

Karena itulah pulau di kota Sabang ini sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai tempat liburan keluarga. Lokasinya yang jauh dari kota dan selaras dengan alam dapat membantu Anda mengisi ulang baterai Anda. Pergi berlibur bersama juga akan menambah rasa kekeluargaan.

Alamat, lokasi, rute dan biaya perjalanan ke Pulau Rubiah

Alamat Pulau RubiahKredit gambar: Google Maps (Irwan MDj)

Berdasarkan pembagian wilayahnya, wisata Pulau Rubiah termasuk dalam kawasan Pulau Weh yang notabene merupakan pulau terbesar di kota Sabang, Aceh. Ada beberapa kendaraan yang bisa Anda gunakan untuk menuju lokasi pulau ini. Dan rute keberangkatan yang banyak dipilih wisatawan adalah rute Banda Aceh.

Untuk menuju Pulau Weh, Anda bisa melalui pelabuhan Ulee Lheue. Keberangkatan ini tentunya dari wilayah Kota Banda Aceh. Karena berada di zona maritim, hanya ada dua pilihan transportasi yang bisa Anda pilih, yaitu feri dan speedboat. Tarifnya sendiri sekitar Rp 20.000 – Rp 50.000 per keberangkatan.

Sesampainya di Pulau Weh, Anda akan menuju kawasan Pantai Iboih. Dari pantai ini Anda bisa menggunakan perahu motor, speedboat atau angkutan umum. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 20.000,00 saja per orang. Setelah menaiki kendaraan, Anda bisa tiba di kawasan wisata Rubiah.

Karena hampir seluruh permukaan pulau ini adalah perairan, maka tidak disarankan untuk membawa kendaraan pribadi, seperti mobil. Perjalanan Anda pasti akan lebih melalui wilayah laut. Itulah sebabnya banyak ditawarkan jasa penyewaan kendaraan air, seperti speedboat, kapal motor, feri.

Sedikit berbeda dengan tempat wisata pada umumnya, Pulau Rubiah juga mengenakan biaya masuk untuk setiap pengunjungnya. Bagi wisatawan yang ingin menikmati indahnya pemandangan Rubiah, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp25.000,00 per orang. Cukup murah dan terjangkau bukan?

Untuk jam buka pulau ini, yang buka 24 jam sehari untuk semua orang. Kapan pun Anda ingin menikmati keindahan Rubiah, Anda bisa melakukannya kapan saja. Harga tiket masuk di atas tidak berbeda pada hari biasa atau bahkan pada akhir pekan. Hanya saja biasanya saat liburan, kunjungan wisatawan akan membludak.

Apa yang harus dilakukan di Pulau Rubiah

Aktivitas di Pulau RubiahKredit Gambar: Instagram.com @gadengwisatasabang

1. Nikmati keindahan Rubiah

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Pulau Rubiah, Anda bisa mengikuti wisata pulau tersebut. Anda bisa menyewa perahu yang sudah disediakan oleh pengelola Rubiah. Anda akan diperlihatkan spot-spot terbaik di pulau wisata ini dari Kota Sabang.

Selain itu, pemandangan sekitar yang indah, seperti pemandangan perbukitan, pegunungan, atau pantai di sekitarnya akan memanjakan mata Anda. Angin kencang akan menambah suasana alam yang sebenarnya. Dijamin Anda akan menyukai suasananya.

2. Pergi menyelam dan snorkeling

Menyelam dan snorkeling sudah menjadi olahraga wajib dan wajib dilakukan saat mengunjungi Pulau Kota Sabang, Rubiah. Menampilkan keindahan kehidupan bawah laut yang luar biasa, ini akan menjadi surga bagi para penggemar diving dan snorkeling.

Anda bisa merasakan serunya berenang dan snorkeling bersama ikan-ikan yang hidup di hampir setiap perairan di Rubiah. Arus air di Pulau Rubiah dikenal tenang dan aman. Ini akan sangat cocok bagi Anda yang suka menyelam dan snorkeling, tetapi masih pemula.

Aktivitas di Pulau RubiahKredit Gambar: Instagram.com @fadlirentalmobil_sabang

3. Berfoto di tempat-tempat menarik

Bagi pengunjung yang menyukai dunia fotografi dan menyukai tema foto alam, tentu saja Rubiah bisa menjadi pilihan. Banyak sekali spot-spot pemotretan yang bagus dan indah. Pasti akan terlihat natural jika diambil dari angle yang paling pas.

Atau jika Anda memang ingin foto yang nyata, Anda bisa memotret langsung pantai bawah laut Rubiah. Jika Anda tidak memiliki kamera khusus untuk digunakan di bawah air, Anda bisa menyewanya terlebih dahulu.

4. Menikmati matahari terbenam

Aktivitas lain yang pasti sayang untuk dilewatkan adalah menikmati panorama sunset di malam hari di sore hari. Melihat matahari terbenam merupakan hal yang biasa dalam wisata bahari, khususnya pantai. Namun, jangan salah, menikmati sunset di sore hari juga bisa dilakukan.

Sekitar sore hari, banyak wisatawan mulai berkumpul di area sekitar Rubiah untuk melihat indahnya matahari terbenam. Semilir angin akan menambah suasana sejuk yang menakjubkan. Anda dapat mengambil video untuk latar belakang selama upacara kelulusan.

Penginapan murah di sekitar pulau

Penginapan murah di sekitar pulauKredit gambar: Booking.com

1. Freddies Santai Sumurtiga

Freddies Santai Sumurtiga adalah sebuah hostel yang terletak di kawasan Pulau Rubiah. Banyak dijadikan rekomendasi wisatawan terutama wisatawan mancanegara, menjadikan hostel ini sebagai patokan. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap dengan pemandangan hostel yang langsung menghadap pantai menjadi nilai plus.

2. Resor Rubia

Akomodasi selanjutnya adalah Rubiah Resort. Yang menarik dari hostel ini adalah ada persewaan alat snorkeling hanya dengan harga Rp 40.000,00. Ada juga fasilitas akses langsung pantai yang bisa Anda coba. Bermalam di hostel ini, Anda akan merogoh kocek sekitar Rp 200.000 hingga Rp 400.000 per malam.

3. Iboih Inn Aceh

Hostel santai yang terletak di tepi laut ini memiliki kamar yang nyaman dan dilengkapi dengan teras. Ada juga hammock yang disediakan oleh pengelola Iboih Inn Aceh. Tidak hanya itu, hostel ini juga menawarkan fasilitas kopi. Anda pasti akan merasa nyaman selama menginap di Iboih Inn Aceh.

Fasilitas wisata yang tersedia Pulau Rubiah Sabang

Fasilitas di Pulau Rubiah SabangKredit gambar: Google Maps (Muhammad Wahidi)

Ada fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pulau Rubiah untuk kenyamanan pengunjung yang datang di wisata ini. Fasilitas tersebut antara lain tempat ibadah, toilet, dan berbagai persewaan peralatan untuk menyelam atau snorkeling. Menariknya, beberapa pihak juga menyediakan jasa foto bawah air dan jasa sewa kamera bawah air.

Fasilitas penunjang lainnya, seperti tempat makan, tentunya sudah disediakan khusus oleh pengelola pulau. Fasilitas tersebut tentunya dapat dinikmati oleh semua pengunjung tanpa terkecuali. Diharapkan dengan fasilitas yang memadai akan membuat setiap orang yang datang ke pulau ini merasa lebih nyaman dan betah.

Itulah informasi yang bisa dijadikan sedikit referensi sebelum berkunjung ke Pulau Rubiah. Sarana dan prasarana objek wisata Rubiah tentunya sudah memadai, sehingga pengunjung dapat menikmati waktu liburannya selama berada di sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button