Pulau Perak, nikmati keindahan alam bawah laut di Kepulauan Seribu - WisataHits
wisatahits

Pulau Perak, nikmati keindahan alam bawah laut di Kepulauan Seribu

Pulau Perak, nikmati keindahan alam bawah laut di Kepulauan Seribu
Biaya kunjungan: Dari Rp 80.000 Jam operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Kabupaten Kepulauan Seribu Utara, Kab. Pemerintah Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau kecil memiliki banyak tempat wisata. Pulau Perak, Kepulauan Seribu, adalah salah satunya yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Dimana, pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni yang cocok untuk mencari ketenangan.

Meski dikenal sebagai pulau tak berpenghuni, pulau ini tetap memiliki penjaga. Plus, di dalamnya Anda akan menemukan penjual makanan dan minuman pantai. Mereka tidak tinggal di pulau, tetapi hanya menjual atau menjaga pantai.

Daya tarik yang dimiliki Silver Island

Atraksi Pulau PerakKredit Gambar: Google Maps Tedy Ginting

Sebelum mengunjungi tempat ini, Anda harus tahu bahwa tidak ada jam buka di sini. Wisatawan bebas berkunjung kapan saja, namun harus menyesuaikan dengan jadwal kapal yang datang ke tempat ini.

Seperti kebanyakan pulau lainnya, Pulau Perak memiliki pesona tersendiri sehingga banyak dikunjungi orang. Beberapa tempat wisata yang disebutkan adalah sebagai berikut.

1. Zona Air Jernih

Pulau yang memiliki luas sekitar 3 hektar ini memiliki seluruh dasar berupa pasir. Sebagian besar wilayah ditutupi dengan pohon-pohon yang sangat lebat. Belum lagi kawasan perairannya sangat jernih dan memiliki gradasi warna.

Pulau ini memiliki warna air mulai dari hijau tosca di dekat pulau dan akan semakin biru jika mengarah ke lautan. Tentu saja, warna airnya yang jernih akan menenangkan Anda. Apalagi setelah melihat keindahan bawah lautnya.

2. Keindahan alam bawah laut

Sesuai dengan yang telah disebutkan di atas, Pulau Perak memiliki keindahan bawah laut yang sangat menarik. Menariknya, dasar pulau ini relatif dangkal. Jadi sangat aman jika ingin berenang melihat keindahan alam bawah laut.

Anda akan menjumpai beragam ikan berwarna-warni, mulai dari ikan dory hingga ikan badut. Di sini juga Anda bisa menemukan berbagai terumbu karang yang masih kokoh. Tak hanya itu, anemon laut yang seolah bergoyang juga akan menjadi pemandangan yang sangat menarik.

3. Kamp

Atraksi terakhir yang bisa ditemukan dari pulau ini adalah Anda bisa berkemah di sini. Sebelumnya, sangat penting untuk memberi tahu penjaga pantai terlebih dahulu. Nantinya, Anda hanya akan dimintai uang untuk bersih-bersih. Sedangkan peralatan camping harus disiapkan jauh-jauh hari, karena disini tidak ada tempat persewaan.

Nantinya Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang akan sangat mempesona. Bisa juga menunggu sunset yang sangat indah. Pokoknya dua hal ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Perak.

Alamat dan rute ke Pulau Perak

Alamat Pulau PerakKredit gambar: Google Maps Tedy Ginting

Ternyata, pulau ini masuk dalam daftar 23 pulau kecil di wilayah administratif Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Untuk menuju tempat ini, Anda harus menyeberang dari Muara Angke menuju Pulau Harapan. Kemudian, Anda harus menyeberang lagi dengan ojek.

Dengan demikian, penyeberangan ini bisa dilakukan dari Pulau Harapan langsung ke Pulau Perak. Tentu saja, rutenya yang mudah memudahkan siapa saja untuk mengunjungi tempat ini. Hanya saja jadwal kapal tidak setiap hari, jadi perlu diketahui dulu jadwal kapal untuk menuju ke sana.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Pulau Perak sendiri tidak memungut biaya masuk. Hanya saja ada biaya tertentu. Misalnya biaya penyeberangan perahu pertama sekitar Rp 80.000, lalu ada juga biaya menggunakan taksi air yang biasanya di-share oleh tim dan biasanya hanya Rp 50.000 saja.

Selain itu, biaya berkemahnya sendiri adalah Rp30.000/orang. Nantinya, biaya tersebut akan digunakan untuk kebersihan pulau. Ada juga biaya untuk menyewa pulau tuba Rp25.000 – Rp35.000.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Perak

Aktivitas Seru di Pulau PerakKredit gambar: Google Maps Siti Nur Hasanah

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini. Dimana berbagai aktivitas tersebut akan membuat anda tenang dan puas saat berkunjung ke tempat ini.

1. Menikmati keindahan pulau

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Perak adalah menikmati keindahan pulau. Wisatawan bisa menggelar tikar dan tidur di atas pasir. Tentu saja, Anda bisa menikmati hembusan angin sepoi-sepoi. Kegiatan ini akan membuat Anda nyaman.

2. Mainkan ayunan dan ambil gambar

Seperti disebutkan di atas, ada banyak pohon rimbun di sekitar pulau. Dimana memang ranting-ranting tersebut melekat pada ayunan yang bisa digunakan secara bebas. Tentunya selain menikmati ayunan, Anda juga bisa berfoto di sini.

Ada banyak spot foto yang memiliki background bagus. Tentunya, Anda juga akan bisa menghasilkan foto yang bagus. Anda bisa berfoto dengan latar belakang laut lepas atau berfoto di sekitar rimbunnya pepohonan.

3. Berenang dan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut

Keindahan alam bawah laut Pulau Perak sayang jika dilewatkan begitu saja. Anda bisa berenang di perairan pulau ini yang memiliki dasar dangkal. Airnya cukup tenang, sehingga Anda akan aman saat berenang di sini.

Untuk melihat keindahan alam pulau menawan ini dengan lebih jelas, Anda bisa snorkeling. Nantinya anemon laut akan muncul dengan warna yang cerah dan indah. Mulai dari kuning cerah, pink, hingga ungu. Warnanya yang cerah berpadu dengan air laut membentuk kombinasi yang memuaskan.

4. Mainkan perahu pisang

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah mencoba bermain perahu pisang. Hanya saja, perahu pisang ini hanya tersedia pada hari libur atau akhir pekan. Nantinya, Anda akan dibawa menaiki ban karet berbentuk pisang. Setelah itu ban karet akan ditarik dengan perahu.

Kemudian ban karet tersebut akan dibawa berkeliling lautan. Biasanya semakin lama perahu semakin cepat dan biasanya hal yang diharapkan adalah kapan perahu pisang dirobohkan dan penumpang akan jatuh ke pulau perak. Penumpang tentunya dilengkapi dengan pelampung pengaman.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau PerakKredit gambar: Google Maps Haekal Zulfikar

Yang perlu Anda ketahui di pulau ini adalah fasilitas yang belum memadai. Padahal, toilet umum hanya ditutup dengan penutup ala kadarnya. Jadi jika ingin bermalam dan berkemah di sini, sebaiknya persiapkan perlengkapan selengkap mungkin. Supaya nanti dimudahkan dengan berlama-lama disini.

Pulau ini memang tidak berpenghuni, namun menyimpan banyak hal menarik yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan, ada juga budaya terumbu karang yang bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke sini.

Ini adalah hal-hal tentang pulau perak harus tahu. Pulau ini bisa menjadi pilihan untuk berlibur. Di mana memang menjadi tempat terbaik untuk mencari ketenangan. Bahkan, pasir halus dan air jernih bisa membuat Anda merasa lebih nyaman di sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button