Pantai Baakan Baru, wisata bahari dengan pesona keindahan saat sunset di daratan laut - WisataHits
wisatahits

Pantai Baakan Baru, wisata bahari dengan pesona keindahan saat sunset di daratan laut

Pantai Baakan Baru, wisata bahari dengan pesona keindahan saat sunset di daratan laut

Pantai Baakan Baru memiliki pesona keindahan sunset yang begitu memukau. Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan di pantai yang luas ini.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pariwisata, Baakan, Kec. Panyipatan, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Meningkatnya minat terhadap wisata pantai inilah yang menyebabkan wisata bahari baru menjamur. Di Kalimantan Selatan misalnya, pada pertengahan tahun 2020 Pantai Baakan baru resmi dibuka. Dikelola langsung oleh BKSDA Provinsi, pantai cantik ini kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit Kalsel.

Berwisata ke kawasan pantai masih menjadi pilihan banyak orang untuk berlibur. Aksesnya yang mudah dan rata-rata biaya masuk yang terjangkau menjadi salah satu alasan mengapa destinasi wisata tepi laut masih menjadi favorit. Di pantai, beberapa aktivitas menarik bisa dilakukan dengan mudah.

Di pantai yang memiliki luas lebih dari 10 hektar ini, wisatawan bisa leluasa melakukan berbagai aktivitas seru. Beberapa kegiatan tersebut seperti voli pantai memiliki beberapa fasilitas yang tersedia. Meski bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai, namun tidak mengurangi pesona alam air laut yang masih begitu asri.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Batakan Baru

Objek Wisata Pantai Baakan BaruFoto: Google Maps/Antang Elang

Sebagai pantai yang baru dibuka di tahun 2020, wisata bahari ini telah merebut hati banyak orang. Hal ini diduga karena iming-iming pesona keindahan alam dan fasilitasnya yang begitu memanjakan mata.

✦ Ada pemandangan Pulau Datu

Pantai Baakan Baru memiliki pesona keindahan bahari yang seolah tak tersentuh. Tepat di atas tutupan pantai, Anda bisa melihat dengan jelas penampakan Pulau Datu. Dari kejauhan, pemandangan Pantai Datu begitu indah. Spot ini merupakan spot foto terbaik yang sering menjadi favorit.

Diketahui bahwa Pulau Datu merupakan tempat wisata religi yang letaknya tidak jauh dari pantai. Di Pulau Datu terdapat makam Datu Pamulutan. Biasanya beberapa orang datang ke pulau itu untuk melakukan ziarah yang serius. Datang ke pantai, beberapa orang bisa beribadah sekaligus dengan mengunjungi makam.

✦ Memiliki jangkauan yang luas (format tajuk salah)

Selain memiliki pesona yang indah karena menyatunya pemandangan pulau dan air laut, pantai yang berada di Kabupaten Tanah Laut ini juga memiliki lahan yang cukup luas. Tanpa redaman, luas pantai Baakan Baru mencapai 10,5 hektar dengan panjang pantai mencapai 1 km.

Dengan luas yang sangat luas, pantai yang indah ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga dan masyarakat. Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan dengan mudah dan bebas di pantai

✦ Panorama matahari terbenam yang mempesona

Jika ingin mengunjungi Pantai Baakan Baru, disarankan untuk datang pada pagi hari. Kegiatan menikmati pantai juga bisa dimulai dengan bermain-main di sekitar pantai atau menyewa fasilitas tambahan. Di penghujung sore, waktunya istirahat sejenak sambil menikmati sunset.

Saat matahari mulai berlabuh di ufuk barat, pesona jingganya cukup terlihat jelas dari bibir pantai. Dengan pemandangan pepohonan pinus di area sekitar pantai membuat suasana malam hari menjadi semakin dramatis dan romantis. Romansa senja ini juga cocok dinikmati saat bersantai bersama keluarga atau orang tersayang.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat pantai baakan baruFoto: Google Maps/Gibran AZ

Jika Anda bertanya di mana Pantai Baakan Baru, jawabannya ada di Desa Baakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Wisata bahari ini persis bersebelahan dengan Pantai Baakan Tua. Untuk dapat mencapai pantai utama, jalur yang ditempuh terbilang baik karena dapat digunakan dengan bus, mobil, dan sepeda motor.

Dari kota Banjarbaru, jarak menuju pantai utama kurang lebih 93 kilometer. Sedangkan jarak dari ibu kota Kabupaten Tanah Laut, Pelaihari, adalah 49 kilometer. Namun karena kelancaran akses jalan, perjalanan beberapa puluh kilometer ini dapat ditempuh dalam waktu yang relatif singkat.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Harga tiket masuk pantai Baakan Baru cukup murah. Hanya dengan merogoh kocek Rp 5.000 per orang sudah bisa menikmati pesona keindahan pantai. Menariknya lagi, khusus untuk anak-anak, pengunjungnya gratis alias gratis.

Tidak ada jam buka khusus di tempat wisata yang berdekatan dengan Pantai Baakan Lama ini. Wisatawan bisa datang kapan pun mereka mau. Hanya saja, disarankan untuk datang pada pagi hari kemudian kembali setelah magrib pada sore menjelang malam.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas di Pantai Baakan BaruFoto: Google Maps/Celcius

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pantai Baakan Baru memiliki daratan dan garis pantai yang sangat luas. Hal inilah yang membuat berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan di pantai cantik ini. Apa kegiatan ini? Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Berkemah di Pantai Baakan Baru

Dengan luas yang sangat luas, Pantai Baakan Baru sangat cocok digunakan sebagai tempat berkemah. Sore hari setelah sibuk mendirikan tenda, matahari yang perlahan mulai terbenam akan menemani Anda. Di sisi lain, deburan ombak menambah suasana romantis.

Saat berkemah, semalaman di pantai bisa dinikmati dengan menyalakan api unggun. Api unggun ini juga bisa digunakan untuk memasak, membakar ikan atau sekedar untuk menghangatkan badan.

2. Bermain dengan berbagai wahana air

Di Pantai Baakan Baru terdapat berbagai aktivitas seru, mulai dari berenang dengan pelampung dengan biaya sewa Rp 20.000. Tak hanya itu, pantai dengan pemandangan eksotis ini juga menawarkan berbagai wahana air seperti banana boat dan speed boat dengan biaya sewa yang cukup terjangkau. Hanya Rp 20.000.

Jika Anda tidak ingin melakukan wahana air, tidak masalah. Duduk di pinggir pantai bermain-main dengan ombak sudah bisa menjadi pelepas stres. Angin laut dan deburan ombak bisa menjadi sarana penyembuhan terbaik.

3. Keliling pantai dengan sepeda gunung untuk ditunggangi

Di sisi lain, lahan yang luas di kawasan pantai dapat digunakan untuk bermain voli pantai. Selain itu, ada juga mobil ATV dan kuda yang bisa disewa untuk mengantar Anda berkeliling pantai. Biaya sewa per orang masih terjangkau, yakni Rp 50.000 untuk sepeda gunung selama 30 menit dan Rp 20.000 untuk menunggang kuda.

4. Ziarah ke Pulau Datu

Sudah disebutkan bahwa Pantai Baakan Baru dekat dengan Pulau Datu. Untuk itulah, ada klotok khusus yang mengantarkan Anda ke Pulau Datu untuk berziarah. Harganya cukup murah. Cukup dengan Rp 20.000 per orang.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas baru di Pantai BaakanFoto: Google Maps/Abdu Jabbar

Selain fasilitas permainan dan hiburan berbayar, pantai eksotik ini juga menawarkan berbagai fasilitas umum mulai dari kamar mandi untuk berkumur, area sholat, panggung hiburan hingga area panggung besar. Tak hanya itu, beberapa restoran, chalet, dan penginapan juga tersebar merata di kawasan pantai.

Apalagi bagi yang ingin bermalam tapi tidak memiliki tenda, menginap di hostel di sekitar pantai adalah solusi terbaik. Untuk bisa bermalam, rata-rata harga penginapan di Pantai Baakan Baru sekitar Rp 200.000 hingga Rp 250.000 per malam.

Dengan harga tiket yang murah ditambah dengan fasilitas ekstra yang luas, tak heran Pantai Baakan Baru kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit Kalsel. Pemandangan di sekitar pantai juga sangat memanjakan mata, jadi dijamin kamu tidak akan menyesal menempuh perjalanan jauh ke depan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button