Pulau Sebira, pulau cantik dengan keindahan alam bawah laut di Kepulauan Seribu - WisataHits
wisatahits

Pulau Sebira, pulau cantik dengan keindahan alam bawah laut di Kepulauan Seribu

Pulau Sebira, pulau cantik dengan keindahan alam bawah laut di Kepulauan Seribu
Harga tiket: Dari Rp 450.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kepulauan Seribu Utara, Kab. Pemerintah Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Kepulauan Seribu menjadi salah satu destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi saat berlibur. Di antara lebih dari seratus pulau yang masuk dalam kawasan Kepulauan Seribu, Pulau Sebira atau dikenal juga dengan nama Sebira bisa menjadi pilihan. Letaknya di ujung gugusan Kepulauan Seribu, sehingga letaknya lebih dekat lagi dengan Way Kambas yang merupakan bagian dari Provinsi Lampung.

Pulau dengan nama Pulau Jaga Utara ini bisa kamu temukan di peta. Dilihat dari letak geografisnya memang merupakan gugusan pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu, meski jauh dari daratan Jakarta. Anda bisa mengunjunginya untuk liburan yang tak terlupakan. Apa yang menarik dari pulau ini?

Cek hotel murah di Kepulauan Seribu

Daya Tarik Pulau Sebira

Daya Tarik Pulau SebiraFoto oleh Ero Kuswara di Google Maps

✦ Kisah mercusuar Noord Wachter

Pulau Sebira disebut Noord Wachter pada masa penjajahan Belanda yang berarti penjaga utara. Dimana pada masa pemerintahan Raja Willem III dibangun sebuah mercusuar pada tahun 1869. Mercusuar tersebut berfungsi sebagai tempat pengawasan kapal-kapal asing dari Utara yang hendak memasuki Batavia.

Menara mercusuar setinggi 48 meter dibuat di pabrik metalurgi NV Koninklijke Nederlandsche Grofsmederij di Belanda. Menggunakan kapal uap Hertog Bernhard, semua bahan bangunan dibawa ke pulau itu. Hingga kini, mercusuar peninggalan zaman penjajahan Belanda ini masih berdiri dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

✦ Konservasi Penyu Sisik

Pulau Sebira merupakan habitat penyu sisik yang termasuk jenis penyu yang dilindungi. Nah disini anda bisa menemukan tempat penangkaran penyu sisik yang merupakan inisiatif dari warga sekitar sendiri agar penyu tersebut tidak punah. Pasalnya, dulu penduduk pulau suka mengonsumsi telur penyu.

Sejak 2015, penduduk setempat mulai membangun penangkaran penyu sisik setelah mengetahui bahwa hewan ini semakin langka. Tentunya melihat langsung penangkaran penyu ini bisa menjadi pengalaman yang berharga. Selain itu, Anda bisa ikut serta dalam pelepasan bayi penyu jika datang di waktu yang tepat.

Tour Kepulauan Seribu 2D1N

✦ Pohon Bermasalah

Ada yang unik saat menjelajahi Pulau Sebira. Karena Anda bisa melihat pohon yang tumbuh sendiri tanpa koloni di tengah laut, penduduk setempat menyebutnya sebagai pohon galau. Dasarnya sedikit terendam di perairan dangkal di lepas pantai, tetapi masih kokoh.

Kawasan Confused Tree merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di pulau ini. Plus, Anda bisa bermain air sambil menunggu matahari perlahan terbenam di sisi barat. Anda bisa berjalan-jalan di perairan dangkal, sambil mencari gambar-gambar indah dengan latar belakang pepohonan rimbun dan suasana senja yang eksotik.

✦ Keindahan alam bawah laut

Keindahan bawah laut Pulau Sebira tentunya tidak boleh dilewatkan. Pasalnya keindahan surga bawah laut ini selalu berhasil membuat wisatawan ingin kembali lagi ke pulau tersebut. Tepatnya di pantai timur pulau yang menjadi salah satu spot snorkeling terbaik disini.

Tepatnya sekitar 200 meter dari bibir pantai, setelah melintasi terumbu karang. Kedalaman lautnya sekitar dua meter dengan pemandangan bawah laut yang indah. Dimana Sebira memiliki karang yang masih sangat tinggi yang didominasi oleh jenis Acropora sp., Branching, Submassive dan Folliose. Selain itu, Anda bisa melihat ikan berwarna-warni berenang di sekitarnya.

Tur Pulau Lumba-Lumba 2D1N – Pulau Harapan

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau SebiraFoto oleh Ero Kuswara di Google Maps

Pulau Sebira secara administratif terletak di Kawasan Desa Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Letak pulau ini berada di ujung gugusan Kepulauan Seribu. Tepatnya di ujung utara, oleh karena itu dijuluki The Guardian of the North.

Jaraknya sekitar 160 km dari daratan Jakarta, dan membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam untuk mencapainya dengan perahu. Perjalanan akan melewati pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Harapan yang biasa dijadikan destinasi island hopping dan snorkeling.

Setibanya di dermaga pulau, pengunjung akan disambut dengan tanda selamat datang. Setelah melewati papan nama, Anda akan memasuki jalan desa yang sudah diaspal dengan rumah warga di kanan kirinya. Anda juga akan dapat menjelajahi pulau yang luasnya kurang lebih 8,82 hektar, hanya sepersepuluh dari domain Monas.

Biaya pengunjung dan jam buka

Bicara soal harga tiket, berkunjung ke Pulau Sebira tidak menerapkan tiket masuk khusus. Namun, karena Anda harus naik perahu terlebih dahulu untuk menuju pulau tersebut, berwisata ke pulau ini tentunya tidak sepenuhnya gratis. Anda harus membayar harga perahu yang bervariasi sesuai dengan negosiasi.

Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya sesuai dengan tarif akomodasi jika Anda memilih untuk tinggal di sini. Homestay yang disediakan warga memiliki harga mulai dari Rp 450.000 per malam, menampung hingga 15 orang.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas seru di Pulau SebiraFoto oleh Hairil Saleh di Google Maps

1. Berkeliling pulau

Karena memiliki luas sekitar 8,82 hektar yang hanya sepersepuluh dari luas lapangan Monas, pulau ini bisa Anda jelajahi untuk menemukan berbagai hal unik tentang Pulau Sebira. Hampir 95% penduduk di sini adalah orang Bugis. Sehingga Anda bisa melihat banyak rumah khas Bugis yang memiliki jalan masuk ke bawah. Selain melihat keunikan rumah Bugis, tentunya keindahan alam akan memanjakan mata.

2. Kunjungi Mercusuar Noord Wachter di Pulau Sebira

Sebagai salah satu peninggalan terkenal masa penjajahan Belanda, tentunya Anda tidak boleh lupa untuk mengunjungi menara mercusuar Noord Wachter di Pulau Sebira. Dari puncak menara setinggi 11 lantai ini, wisatawan bisa melihat seluruh area pulau. Di mana Anda harus terlebih dahulu menaiki setidaknya 210 anak tangga untuk mengakses lantai paling atas.

3. Lihat penangkaran penyu

Penyu sisik merupakan spesies penyu langka yang dapat ditemukan di Sebira. Jadi Anda juga pasti akan melihatnya secara langsung saat berkunjung ke sini. Jika beruntung, Anda bahkan bisa ikut melepas anak burung ke laut, tentunya akan menjadi pengalaman berharga yang tidak akan terlupakan.

4. Snorkling

Memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa, sangat sayang jika Anda melewatkan kegiatan menyelam saat berkunjung ke Pulau Sebira. Tempat terbaik untuk snorkeling adalah di pesisir timur pulau, sekitar 200 meter dari bibir pantai. Anda bisa menggunakan perahu untuk menuju lokasi ini dan terjun ke laut dari perahu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau SebiraFoto oleh Delli Gunarsa di Google Maps

Karena tidak terlalu fokus pada pariwisata, Anda mungkin tidak menemukan banyak fasilitas wisata di sini. Selain itu, pengunjung tidak membayar biaya masuk wisata ketika mereka ingin menjelajahi pulau. Namun, fasilitas perahu tersedia untuk membawa Anda ke dan dari pulau.

Kemudian, banyak rumah penduduk yang disediakan bagi wisatawan yang ingin bermalam bersama penduduk setempat. Meski tidak banyak warung wisata, biasanya ada penjaja nasi uduk di pagi hari serta pedagang kaki lima yang menjajakan aneka makanan. Anda juga dapat mencicipi makanan khas setempat jika memesan jauh-jauh hari.

Menghabiskan liburan di Pulau Sebira tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Karena berbeda dengan pulau pulau seribu lainnya yang berpenghuni. Tidak ada pos polisi atau militer di pulau ini, Ketua RW dan RT yang akan menjadi perpanjangan tangan pengamanan pulau ini. Ini unik, sehingga harus dimasukkan dalam daftar kunjungan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button