Pulau Pandang Batubara - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Pandang Batubara – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Pandang adalah salah satu pulau eksotis dan tersembunyi yang indah Batu bara. Pulau-pulau di Selat Malaka menarik untuk dijelajahi saat berlibur.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Selat Malaka, Kab. Batubara, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Bagi Anda yang sangat menyukai aktivitas berenang sambil menikmati pemandangan bawah laut, berwisata ke Pulau Pandang bisa menjadi pilihan liburan yang tepat. Karena pulau cantik ini sangat terkenal di Batubara dengan tempat wisata bawah lautnya yang indah.

Tidak hanya menawarkan pemandangan laut yang menakjubkan, pulau seluas satu hektar ini memiliki alam yang dilindungi. Wisatawan bisa melihat hamparan pasir putih dan bebatuan yang tertata rapi di pantai yang mengelilingi seluruh bagian pulau.

Pulau yang dijaga Kementerian Perhubungan, Distrik Navigasi ini juga dikenal sebagai surganya para nelayan. Dengan kekayaan lautnya yang luar biasa, wisatawan yang datang untuk memancing akan disuguhi pemandangan hamparan terumbu karang yang terlihat dari jernihnya air laut yang menghijau dan terbentang luas di sepanjang pantai.

Tempat Wisata di Pulau Pandang

Aktivitas Pulau PandanKredit gambar: Google Maps Iran Situmorang

1. Surga Kabupaten Batubara

Dengan kekayaan alam, biota laut dan keanekaragaman hayati yang melimpah, tempat ini sering disebut warga sebagai surganya Kabupaten Batubara. Wisatawan dapat melihat pantai pasir putih yang berpadu baik dengan air jernih berwarna zamrud dan hutan lebat di sekitar pulau yang sangat menyenangkan untuk dilihat.

2. Cocok untuk memancing

Dikelilingi oleh berbagai jenis ikan, Pulau Pandang cocok sebagai tempat wisata bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Wisatawan tidak akan kecewa karena selain memancing besar, Anda juga bisa memancing sambil menyaksikan hamparan laut yang hijau dan jernih.

Tidak hanya itu, biasanya di fishing ground yang sudah disediakan, wisatawan bisa langsung memasak ikan yang sudah ditangkap sambil menikmati pemandangan pantai.

3. Terumbu karang dan kekayaan laut yang luar biasa

Terkenal dengan kekayaan lautnya, tentunya menjadikan snorkeling dan diving sebagai tempat wisata utama di kawasan ini. Dengan ombak yang tenang, Anda bisa berenang di laut yang jernih dan tidak terlalu dalam sambil menikmati terumbu karang yang mengelilingi pulau dengan berbagai jenis dan ukuran.

Tak hanya itu, wisatawan juga akan melihat banyak ikan besar dan kecil berenang bebas di sekitar pantai. Jika Anda beruntung, Anda akan melihat kawanan penyu berenang dan berhenti untuk bertelur di pantai.

4. Menara mercusuar di tengah pulau

Ada menara mercusuar yang menjulang tinggi di tengah Pulau Pandang dimana wisatawan bisa singgah saat berkunjung. Dari atas menara suar, wisatawan dapat melihat pemandangan indah dari seluruh bagian pulau.

5. Semua lokasi bagus untuk berfoto

Tempat Wisata di Pulau PandangKredit Gambar: Google Maps Kris Diansyah

Dengan pemandangan laut dan pemandangan alam yang menakjubkan, Anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat untuk berfoto. Semua tempat di pulau ini memiliki panorama yang luar biasa indah, jadi kemanapun Anda datang untuk mengambil foto, hanya keindahan panorama yang akan terekam dengan indah di kamera Anda.

6. Batu Split Unik

Selain wisata bahari dan menara mercusuarnya yang populer, ada tempat lain yang tak kalah menarik yaitu batu terbelah di 2 bukit di kawasan pulau. Uniknya, nama batu split ini diambil dari batu yang berbentuk bujur sangkar dan dibelah dengan hati-hati.

7. Tempat yang tenang

Pulau ini cukup jauh dari hiruk pikuk kota-kota di pulau sumatera dan biasanya hanya beberapa alat transportasi yang melewati jalan-jalan di pulau ini.

Ditambah dengan suara deburan ombak yang bisa terdengar di seluruh pulau dan kicau burung di balik hutan lebat, pulau ini menjadi tempat yang tenang untuk merasakan ketenangan alam.

8. Pemandangan indah matahari terbit dan terbenam

Berada di tengah laut dan memiliki lokasi pantai yang merata memberikan pemandangan sunset dan sunrise yang luar biasa di pulau ini. Anda dapat menikmati pemandangan ini dalam waktu kurang dari satu jam dari pantai barat ke pantai timur pulau.

Alamat, lokasi, rute dan biaya perjalanan ke Pulau Pandang

Alamat Pulau PandangKredit gambar: Google Maps Fadhilah Rahmi Karim

Pulau Pandang adalah sebuah pulau di Selat Malaka. Jaraknya 47 km dari kawasan Tanjung Balai dan dari kawasan Pulau Salahnama bagian selatan berjarak sekitar 10 km. Secara administratif, pulau ini terletak di Kecamatan Tanjung Tiram, Batubara, Sumatera Utara.

Jika anda menempuh jalan darat melalui kota Medan, maka akan memakan waktu total sekitar 6 jam perjalanan untuk sampai kesana, yaitu perjalanan dari kota Medan ke pelabuhan Tanjung Tiram selama 4 jam dan perjalanan laut selama 2 jam.

Untuk perjalanan ke tempat tersebut dan untuk penyeberangan kembali, hanya dapat dicapai dengan perahu sewaan melalui pelabuhan Tanjung Tiram. Jika kondisi cuaca baik, perjalanan hanya akan memakan waktu 1,5 jam, dan jika kondisi laut sedang naik atau cuaca tidak mendukung biasanya akan memakan waktu lebih dari 2 jam.

Jika Anda ingin lebih berhemat dan tidak ingin mengikuti open trip yang ditawarkan oleh biro perjalanan, Anda bisa naik perahu dari pelabuhan kecil di desa Silau Baru, Silau Laut, Asahan. Namun untuk naik kapal harus terlebih dahulu menunggu kuota penumpang penuh, dan ada resiko pembatalan sepihak jika kondisi laut memburuk.

Kemudian setibanya di dekat pelabuhan Pulau Pandang, karena kedalaman air yang dangkal, wisatawan akan diturunkan dengan perahu yang lebih kecil. Dari sana, wisatawan biasanya akan diantar dengan kendaraan untuk menitipkan barang terlebih dahulu di hostel yang telah disediakan.

Untuk mengunjungi kawasan pulau, wisatawan tidak memerlukan tiket masuk. Pengunjung hanya perlu membayar biaya sewa perahu di pelabuhan yang akan mengantar langsung ke tempat tujuan. Biayanya relatif berbeda tergantung kesepakatan antara pengemudi perahu dan pengunjung atau pemandu yang Anda tunjuk.

Biasanya biaya transportasi kapal untuk keberangkatan berkisar antara Rp 100.000,- sampai dengan Rp 200.000,- per orang, dan untuk sekali keberangkatan kapal akan mengangkut 15-20 penumpang. Sedangkan jika Anda ingin menyewa perahu untuk berkeliling sepuasnya di Pulau Pandang, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 1.500.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Pandang

Aktivitas Menarik di Pulau PandangKredit gambar: Google Maps berisiko rasid

1. Ambil gambar

Wisatawan bisa mengabadikan pesona keindahan alam yang hanya bisa ditemukan di tempat ini. Anda juga tidak perlu khawatir karena tidak ada batasan area foto baik di pulau maupun di area laut.

2. Snorkeling dan Menyelam

Bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan laut dari dekat, pengelola menawarkan aktivitas snorkeling dan diving di beberapa waterhole di dekat Pulau Pandang. Pemandangan terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang berenang di laut sangat indah dan patut Anda coba.

3. Bermain air dan berenang di pantai

Jika Anda tidak pandai berenang, jangan khawatir karena Anda bisa bermain air di pantai pasir putih. Dengan ombak yang tenang dan laut yang tidak begitu dalam, Anda dapat menikmati pemandangan laut yang terlihat seperti batu zamrud dan beberapa terumbu karang kecil di dekat pantai.

4. Memancing

Kekayaan lautnya yang melimpah membuat memancing menjadi salah satu pilihan menarik di pulau ini. Wisatawan juga bisa menyantap langsung ikan hasil tangkapan dan memasaknya sesuai selera di beberapa tempat yang dikelola warga setempat.

5. Melihat matahari terbit dan terbenam

Pulau yang dikelilingi oleh pantai pasir putih yang indah ini menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang luar biasa. Anda dapat menikmati perpaduan pemandangan laut yang hijau dan matahari terbit dari pantai di sisi timur, sedangkan matahari terbenam dapat dilihat dari sisi barat pulau.

6. Kunjungi Batu Belah

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Pulau Pandang adalah kawasan Batu Split. Batu persegi yang mudah dibelah empat ini adalah salah satu keunikan alam yang harus Anda lihat.

7. Nikmati pemandangan dari atas mercusuar

Menara mercusuar di tengah pulau menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi pengunjung pulau. Karena hanya dari tempat ini kamu bisa melihat pemandangan seluruh area pulau. Apalagi pemandangan matahari terbit dan terbenam yang juga bisa dinikmati dari atas menara suar sangat indah.

Penginapan murah di sekitar Pulau Pandang

Penginapan murah di sekitar Pulau PandangKredit Gambar: Google Maps jhon Hafiez

Tidak ada hotel atau hostel di sekitar pulau. Meski begitu, Dinas Perhubungan dan Pariwisata setempat menyediakan beberapa mes khusus bagi pengunjung. Mess tersebut memiliki fasilitas kawin, keset atau keset dan toilet yang biasanya satu ruangan yang akan ditempati oleh 5-10 orang.

Bagi wisatawan yang mengambil paket dengan jasa travel tidak perlu khawatir dengan biaya menginap karena hampir semua biro perjalanan sudah termasuk dalam biaya menginap selama kurang lebih 1 hari di kawasan pulau. Kantor pariwisata umumnya bekerja sama dengan Departemen Perhubungan dan penduduk setempat.

Beberapa kantor pariwisata terkadang menawarkan opsi bagi wisatawan yang ingin meningkatkan ruang makan menjadi bungalow satu kamar dengan pemandangan laut dengan biaya tambahan Rp 50.000 hingga Rp 200.000.

Untuk kamu yang sedang traveling sendirian atau backpacker dan tidak ingin hidup berantakan, kamu bisa menyewa beberapa losmen atau cottage milik warga mulai dari Rp 50.000 per malam.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Pandang Batubara

Fasilitas Pulau Batubara PandangKredit Gambar: Google Maps Kris Diansyah

Pulau Pandang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dalam perawatan dan penyediaan fasilitas untuk kenyamanan wisatawan. Bagi pengunjung yang datang dengan kantor pariwisata atau backpacker yang datang sendiri, di pulau ini terdapat fasilitas akomodasi seperti mess, chalet dan homestay.

Untuk fasilitas umum terdapat toilet, tempat persewaan peralatan memancing dan menyelam, pelabuhan kecil, dan persewaan alat transportasi laut seperti perahu. Sayangnya, tidak ada toko atau warung makan di kawasan ini, sehingga wisatawan sangat disarankan untuk membawa perbekalan sendiri jika ingin berkunjung.

Pulau Pandang Batubara merupakan pulau dengan panorama spektakuler di wilayah Sumatera. Keindahan alam laut yang luar biasa dan pemandangan dari menara mercusuar yang megah tidak boleh dilewatkan, terutama bagi Anda yang ingin berwisata sambil bersantai di liburan keluarga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button